Apa Itu Carbonet Fiber: Fungsi, Kegunaan, Ukuran, dan Harga

pemasangan-atap-galvalum-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jabodetabek

Mengenal apa itu carbonat fiber. Ingin membangun ruang terbuka, seperti rooftop tetapi tetap terlindungi dari air hujan? Cobalah menggunakan carbonet fiber. Carbonet fiber Memiliki bahan yang transparan, tipis, tetapi kuat dan tahan lama, sehingga cocok digunakan sebagai atap ruang terbuka.

Tingkat transparansinya cukup beragam, mulai dari bening sekali seperti kaca, hingga buram. Untuk carbonet bening biasanya digunakan pada ruang terbuka seperti tempat jemur, rooftop, atau taman.

Sementara yang buram, biasanya untuk lokasi yang lebih privat. Pemasangannya juga bisa digunakan sebagai pengganti genting tradisional, selain kuat juga bisa menghemat listrik.

Salah satunya adalah ketika siang bisa menggunakan penerangan langsung dari sinar matahari, sehingga bisa meminimaliir penggunaan lampu.

Memahami Apa Itu Carbonet Fiber, Ukuran, dan Harganya

Seperti namanya, carbonet fiber adalah sebuah perpaduan antara serat-serat karbon murni dengan plastik epoxy. Karbon sendiri merupakan material penyusun berlian, dengan kata lain termasuk salah satu material terkuat.

Serat – serat karbon tersebut telah mengalami proses oksidasi dan peregangan pada suhu tinggi, membuatnya menjadi serat murni yang kuat. Terlebih lagi, perpaduan dengan resin epoxy, membuatnya menjadi sangat kuat dan kokoh.

Anda dapat menemuinya di berbagai toko bangunan atau material. Ada berbagai ukuran, untuk atap rumah, tersedia mulai dari ketebalan 4mm – 10mm dan panjang x lebar biasanya sebesar 2,1m x 11,8m.

Varian warnanya juga beragam, tinggal disesuaikan saja dengan selera. Mengenai harganya, memang terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan serat fiber sejenis, seperti fiber kaca maupun plastik.

Tetapi harga mahal ini setara dengan kualitasnya, bahkan berdasarkan penelitian, memiliki ketahanan 5 kali lebih kuat dibandingkan baja. Keunggulannya ketika digunakan sebagai atap selain bisa memberikan nuansa terang, juga membantu meredam suara apabila sedang hujan deras.

Kelemahan atap alternatif seperti galvalum, spandek, dan sebagainya adalah tingkat kebisingannya cukup tinggi.

Baca Juga: Keunggulan Atap UPVC dan Beragam Jenisnya

Fungsi dan Kegunaan Carbonet Fiber di Bidang Lain

Karena tingkat ketahanannya yang besar serta bahannya ringan, membuatnya tidak hanya dikembangkan untuk atap rumah saja. Tetapi juga digunakan pada berbagai industri, mulai dari otomotif, penerbangan, militer, medis, bahkan bidang olahraga.

1. Bidang Otomotif

Banyak sekali aplikasi pada bidang otomotif, meskipun belum banyak berkembang di pasaran karena harganya mahal. mobil balap seperti F1 sudah menggunakan serat karbon, karena kuat tetapi tetap ringan, sehingga tidak menahan lajunya.

2. Bidang Penerbangan

Mulai dari helikopter, pesawat tempur, bahkan roket luar angkasa banyak menggunakan serat karbon ini. Ketahanan, kekuatan, serta perawatan mudah membuatnya menjadi salah satu material paling bermanfaat di industri penerbangan.

3. Bidang Militer

Pelindung kepala seperti helm, beberapa bagian senjata juga menggunakannya. Bahan karbon yang kuat, keras, tetapi tetap ringan membuatnya menjadi pelindung paling efektif.

4. Bidang Medis

Bersifat radiolusen, yaitu transparan terhadap sinar X tetapi terlihat hitam pada gambar sinar X. Penggunaannya paling masif saat ini adalah sebagai prosthetic atau sering dikenal sebagai kaki palsu.

5. Bidang Olahraga

Berbagai perlengkapan olahraga pada turnamen tenis dan golf sudah menggunakan bahan yang dilapisi oleh serat karbon. Lapisan itu memungkinkan memperkuat bahannya tanpa menambah beban, sehingga atlet bisa menghasilkan pukulan kencang tanpa merusak raket atau pemukulnya.

Karena terkenal dengan kekuatannya, serat karbon ini juga dikenal sebagai salah satu bahan berkualitas tinggi dan modern. Nah, itulah penjelasan tentang carbonet fiber dan penggunaannya sebagai atap. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Baca Jaga: Mengenal Atap Avantguard Beserta Keunggulannya

Rumah merupakan salah satu bentuk pencapaian tiap keluarga, karenanya tentu ingin rumah yang nyaman, aman, dan tahan lama. Menggunakan carbonet fiber sebagai atap merupakan salah satu langkah membuat hunian menjadi aman dan nyaman.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi. Mulai dari besi beton, besi kanal. hingga besi hollow.

Bagikan Artikel :
Menu