Perbedaan Besi Profil Jenis T-Beam dan H-Beam

jenis-jenis besi profil

Kenali Perbedaan Besi Profil T-Beam dan H-Beam

Ada banyak pilihan jenis besi atau baja yang bisa Anda temukan dan pembahasan kali ini tentang besi profil. Besi memang sering digunakan sebagai bahan material untuk konstruksi maupun pembangunan.

Namun kerap kali besi dianggap sama dengan baja padahal keduanya berasal dari sumber berbeda. Jika besi sendiri langsung dari alam sementara baja harus melalui proses pengolahan yang panjang.

Baca Juga: Besi Cor, Material Pembuatan Drainase untuk Jalur MRT Jakarta

Jenis baja yang terkenal dan sering digunakan yaitu jenis T-Beam dan H-Beam karena sangat populer. Keduanya memiliki kelebihan tersendiri sehingga dari segi fungsi juga sangat berbeda tanpa bisa saling menggantikan.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang T-Beam dengan H-Beam maka bisa simak penjelasan berikut ini. Pahami perbedaan keduanya secara detail agar Anda tidak salah menggunakan sesuai dengan fungsinya.

Pahami Jenis Besi Profil T-Beam dan H-Beam Terlebih Dahulu

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan antara T-Beam dengan H-Beam maka harus memahami masing-masing. Apalagi jika Anda belum pernah mengetahui keduanya sehingga dapat dijadikan sebagai informasi dasar.

1. Baja T-Beam

Salah satu jenis besi profil yang tidak kalah populer dan sering menjadi pilihan yaitu baja T-Beam. Dalam konstruksi biasanya sering digunakan untuk struktur load-bearing logam yang memiliki bentuk penampang T.

Pada bagian atas T penampang tersebut memiliki fungsi yang berperan besar yaitu flange melawan tegangan tekan. Sedangkan web dari balok dibawah flens untuk melawan tegangan tarik.

Baja T-Beam menyediakan juga pemisahan tekanan dari kekuatan tekuk sehingga sangat kuat. Fungsi utamanya sebagai salah satu besi terbaik adalah sering digunakan untuk balok lantai maupun balok kantilever.

2. Baja H-Beam

Perlu diketahui baja H-Beam adalah baja yang diproduksi menggunakan cenai panas kemudian harus dipelat lalu di las. Sesuai dengan kode H didepannya maka baja ini memiliki bentuk menyerupai balok.

Jenis besi profil satu ini dalam bahasa inggris dikenal dengan menggunakan istilah hot rolled. Fungsi utama dari jenis H-Beam ini cocok jika digunakan untuk konstruksi pada gedung tinggi.

Bahkan sangat cocok juga untuk digunakan pada proyek jembatan karena memiliki struktut sangat kuat. Kerap kali penggunaan baja ini dipasangkan dengan jenis lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Perbedaan Antara Besi T-Beam dengan H-Beam

Setelah mengetahui tentang apa saja jenis besi profil antara lain T-Beam dan H-Beam maka simak perbedaan lainnya. Sebenarnya ada banyak perbedaan namun kali ini hanya dibahas beberapa contohnya saja.

1. Perbedaan dari Segi Bentuk

Secara mendasar perbedaan dapat Anda lihat dengan kasat mata karena dari bentuknya. Jika T-Beam seperti namanya berbentuk seperti huruf T namun dengan ukuran memanjang sehingga terlihat seperti persegi panjang.

Sementara H-Beam bentuknya juga sama seperti huruf H jadi lebih terlihat seperti selokan gambarannya. Anda dapat membayangkan sendiri antara huruf H dengan T jelas sangat jauh perbedaan bentuk fisiknya.

2. Berbeda Fungsi dan Penggunaan

Sementara itu dari segi fungsi dan penggunaannya jelas keduanya memiliki banyak perbedaan. Karena dari bentuk fisiknya saja sudah tidak mungkin digunakan untuk tujuan yang sama.

Secara umum H-Beam sering digunakan untuk konstruksi pembangunan jembatan maupun bangunan besar. Sementara T-Beam sering dimanfaatkan untuk balok lantai sebagai dasar dalam proses pembangunan itu sendiri.

3. Dari Segi Popularitas

Dilihat dari segi popularitas, jenis H-Beam ternyata lebih populer dan memang sering digunakan. Karena sangat membantu untuk pembangunan gedung besar maupun proyek jembatan di berbagai daerah.

Baca Juga: Ketahui Alasan Besi Galvanis Tahan Karat dan Cuaca

Bila Anda membutuhkan jenis T-Beam maupun H-Beam untuk berbagai kebutuhan silahkan saja hubungi kami. Kami menyediakan berbagai jenis besi profil dan pastinya langsung siap untuk dikirim di berbagai kota.

Nah, apakah Anda sudah memahami perbedaan antara kedua jenis besi profil di atas?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu