Besi Cor, Material Pembuatan Drainase untuk Jalur MRT Jakarta

besi-cor,-material-pembuatan-drainase-untuk-jalur-mrt-jakarta

Warga Jakarta tentunya sudah tidak asing dengan MRT sebagai moda transportasi, namun belum banyak mengetahui bahwa drainasenya menggunakan besi cor. Hal ini cukup dipahami karena sebagai warga dan penumpang sendiri lebih fokus ke perjalanannya. MRT atau Mass Rapid Transit adalah moda transportasi umum alternatif untuk mengantarkan warganya menuju beberapa daerah di Jakarta.

Kelebihannya adalah terhindar dari kemacetan, karena dapat bergerak di lintasan gantung maupun bawah tanah. Meskipun kerap berdempetan ketika menaikinya, namun ini menjadi alternatif yang masih digemari oleh warganya. Karenanya berbagai fasilitas penunjang senantiasa ditingkatkan agar penumpangnya semakin nyaman menggunakan MRT dalam bepergian. Selain transportasinya, penunjangnya juga menjadi perhatian.

Salah satunya adalah saluran drainase yang menggunakan besi cor, ini adalah bagian terpenting sebagai salah satu upaya penanggulangan dampak. Mengingat Jakarta rawan mengalami banjir di berbagai titik.

Baca Juga: Tahukah Anda? Salah Satu Rangkaian Rel Kereta Api Terbuat dari Besi Baja

Peranan Besi Cor (Cast Iron) dalam Membuat Drainase

Drainase tidak boleh dilewatkan untuk membentuk dan melindungi moda transportasi alternatif Jakarta ini. Mulai dari membangun saluran air, memastikan salurannya lancar hingga menyiapkan langkah mitigasi bencana lainnya. Salah satu ketakutan pihak pengelola adalah terjadinya korsleting pada sistem, tentunya ini akan menyebabkan tidak dapat beroperasinya MRT. Sehingga akan banyak sekali warga terdampak karena MRTnya tidak mampu beroperasi.

1. Grating Drainase dari Cast Iron

Grating drainase adalah sebuah sistem penutup pada sebuah selokan atau sistem drainasenya. Biasanya tidak tertutup total, ada sela – sela kecilnya, sehingga orang tidak terpelosok namun air masih bisa mengalir dan mencegah genangan. Untuk memastikan ketahanannya, haruslah dibentuk dari bahan kuat, salah satunya besi. Mencetak atau mengecor besinya menjadi salah satu langkah pembuatannya. Dengan demikian mudah menyesuaikan ukuran serta desain yang diinginkan.

2. Mengatur Volume Air dengan Manhole

Manhole adalah sebuah lubang besar berukuran sekitar manusia dewasa sebagai lubang untuk masuk ke sistem drainase. Manhole terbuat dari besi ini bisa dibuka atau ditutup, sehingga memperlancar atau mencegah aliran berlebihan. Salah satu sistem pertahanan MRT dalam mencegah masuknya air menuju stasiun bawah tanah adalah dengan menutup salah satu manhole. Terutama apabila air sampai naik menuju trotoar, akan segera ditutup dan dilakukan penahanan banjir.

3. Membuat Flood Gate dari Besi Cor

Flood gate adalah pintu penahan air, terletak di beberapa gerbang, terutama yang rawan terdampak genangan. Flood gate sendiri merupakan lempengan logam yang mudah dipasang maupun dilepas ketika terjadi genangan air berlebihan. Karena fungsinya menahan banjir, maka harus didesain dengan rapi dan menghindari celah rembesan. Karenanya mencetak atau mengecor besi bisa menjadi salah satu alternatif terbaik dalam menahan banjir untuk dialirkan ke drainase terdekat.

4. Sistem Penyedot Air

Apabila pertahanan sebelumnya masih belum mengatasi masuknya air, pihak MRT telah menyiapkan sistem penyedot air. Sehingga genangan dapat diminimalisir serta menjaga sistem agar tetap berfungsi serta tidak mengalami korsleting.

5. Penggunaan Genset Darurat

Apabila sampai mengalami korsleting, dan listrik padam, pihak pengembang telah memikirkan langkah lainnya. Salah satunya menyediakan genset cadangan, Sehingga dapat beroperasi sementara hingga sistem pulih kembali. Cast iron memiliki peranan penting dalam sistem drainase, namun sebenarnya juga memiliki kegunaan lainnya. seperti pemasangan pada pagar, alat pertanian, dan berbagai bahan konstruksi lainnya.

Mudahnya dibentuk memberikan keunggulan tersendiri, sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan penggunaannya. Apabila Anda memiliki kebutuhan besi dengan bentuk tertentu, besi ini jawaban untuk Anda. Memesan serta mengkonsultasikan untuk memperoleh kualitas agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Menghubungi jasa yang tepat akan segera siapkan besi cor sesuai dengan spesifikasi dan permintaan.

Baca Juga: Ketahui Alasan Besi Galvanis Tahan Karat dan Tahan Cuaca

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai beragam jenis besi. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu