Ketahui Alasan Besi Galvanis Tahan Karat dan Tahan Cuaca

ketahui-alasan-besi-galvanis-tahan-karat-dan-tahan-cuaca

Apabila melihat besi pada umumnya seperti pada pisau tidak terlepas dari karat, namun berbeda dengan besi galvanis. Benda – benda dengan material besi galvanis lebih tahan karat bahkan meskipun terpapar cuaca dan kondisi ekstrem.

Ketahanannya tersebut menjadikannya sebagai bahan – bahan utama dalam dekorasi luar ruangan, seperti pembuatan kanopi atau pagar. Selain karena ketahanannya terhadap korosi, juga kuat sehingga tetap kokoh dalam waktu lama.

Benda – benda fasilitas umum juga menggunakan material tersebut sebagai penyusunnya, seperti tiang listrik. Beberapa saluran air ternyata juga menggunakan materialnya, terutama aliran air dingin untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

Meskipun penyusun utamanya sama, namun perbedaan kekuatan dan ketahanan tersebut terkadang membuat sebagian orang bingung dan penasaran. Meskipun sudah banyak konstruksi menggunakan material tersebut, namun belum banyak mengetahuinya.

Rahasia Besi Galvanis Tahan Karat dan Cuaca

Secara alamiah, kelemahan dari besi adalah paparan air dan udara (oksigen) yang menyebabkannya teroksidasi atau berkarat. Cirinya ditandai dengan warnanya berubah menjadi kekuningan serta teksturnya kasar atau rapuh.

Terlebih apabila diletakkan pada luar ruangan seperti pagar atau kanopi, harusnya lebih mudah dan cepat mengalami perkaratan. Namun selama beberapa tahun, logam dengan warna silver ini tetap tidak menunjukkan adanya karat.

1. Proses Kimiawi Terjadinya Karat

Karat terjadi apabila besi terpapar oleh dua zat, yaitu air dan udara. Prosesnya disebut sebagai elektrokimia atau korosi.

Terjadi ketika besinya tercelup pada air atau terkena tetesan air dan terpapar udara langsung. Ketika tercelup ke air dan terpapar, akan terbentuk asam karbonat, sedangkan airnya akan terurai menjadi hidrogen dan oksigen.

Reaksi antara oksigen dengan atom besinya menyebabkan terjadinya oksida besi atau karat tersebut.

2. Logam Tahan Karat

Pada alam terdapat logam – logam dengan ketahanan terhadap karat atau oksidasi secara alamiah, yaitu termasuk dalam logam mulia. Di antaranya seperti emas, platina, perak, namun harganya sangat mahal, tidak cocok sebagai bahan konstruksi.

Cara lainnya agar memberikan ketahanan terhadap karat adalah memberikan lapisan pelindung, sehingga meminimalisir terpapar zat penyebab korosinya. Cara paling sederhana adalah melapisi dengan cat khusus secara berkala.

Baca Juga: Pagar Minimalis Menggunakan Besi Siku dengan Harga Terjangkau

3. Proses Galvanisasi

Alternatif lainnya adalah membentuk besi galvanis, yaitu memadukan besi dengan logam lainnya sehingga ketahanannya menjadi semakin kuat. Salah satunya adalah melapisi dengan zink secara merata, sehingga terbentuk material kuat serta awet.

Prosesnya secara singkat dapat dijelaskan yaitu berupa mencelupkan besi ke dalam cairan zink dalam interval waktu tertentu kemudian dibiarkan dingin hingga menyatu. Gabungan keduanya bisa dibilang tahan karat dan korosi.

4. Tahapan Super Ketat

Untuk memastikan proses dan penggabungannya berjalan maksimal, harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu. pertama adalah pembersihan besinya, dilakukan melalui dua tahapan, yaitu pembersihan secara mekanik serta pembersihan secara kimiawi.

Proses ini dilakukan beberapa kali hingga dipastikan benar – benar bersih dari debu, cat, dan penghalang lainnya. Sehingga ketika bercampur dengan zink, dapat tercampur secara maksimal dan terbentuk material kuat serta awet.

5. Pengawasan Super Ketat

Proses galvanisasi disupervisi secara ketat, inspeksi dilakukan mulai dari proses pembersihan hingga proses pengeringan. Apabila terdapat proses kurang optimal, harus dilakukan pengulangan lagi, sehingga kualitasnya terjaga dengan baik.

Mengganti cat secara berulang kali terkadang merepotkan, terlebih apabila posisinya sulit dijangkau seperti atap kanopi. Untuk mencegahnya bisa menggunakan material besi yang telah tergalvanisasi sehingga tidak perlu mengecat secara berkala.

Baca Juga: Tahukah Anda? Salah Satu Rangkaian Rel Kereta Api Terbuat dari Besi Baja

Tentunya Anda juga menginginkan hunian aman, nyaman, serta tahan lama. Apabila masih merencanakannya, menggunakan besi galvanis sebagai salah satu materialnya agar kuat dari berbagai kondisi cuaca.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi galvanis di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu