Cara Menentukan Besi Profil untuk Keperluan Anda

Besi profil adalah material yang jarang absen dalam konstruksi bangunan; karena materialnya yang kuat, memiliki ragam jenis dan ukuran, dan ketersediaan di pasar.

Sudah tahukah Anda bahwa besi profil merupakan material andalan dalam tiap proyek konstruksi? Material yang satu ini terkenal dengan kualitasnya yang unggul, baik dari segi kekuatan, preferensi ukuran dan bentuk, hingga ketersediaannya di pasaran.

Baca Juga: Jenis-Jenis Besi untuk Berbagai Keperluan

Wajar bila para kontraktor mengklaim besi ini sebagai salah satu komposisi utama yang pantang absen dalam tiap pengerjaan konstruksi bangunan. Bukan sebatas itu saja, namun besi ini juga laris manis digunakan untuk proyek rumahan, karena kustomisasinya yang beragam, sehingga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Sampai saat ini besi berjenis profil sudah terbukti mampu mengokohkan bangunan industri pabrikan, rumahan, hingga konstruksi non industri layaknya jembatan, menara, stadion, hingga gedung-gedung tinggi.

Cara Menentukan Besi Profil yang Tepat

Di antara sekian banyak jenis besi, bagaimanakah cara untuk menemukan yang tepat? Kesalahan perkiraan dalam memilih jenis besi bisa memberikan dampak yang signifikan pada rangka bangunan.

Bangunan bisa jadi tak seimbang sehingga mudah roboh, kemudian tampilannya jadi tak maksimal, hingga budget yang membengkak karena penggunaan bahan yang tak efektif. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa cara memilih besi, agar sesuai dengan keperluan Anda.

1. Kenali jenisnya

Sebelum memilih mana besi yang paling tepat, Anda harus paham dulu mengenai jenis-jenisnya. Besi profil secara umum bisa dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu besi INP, besi H Beam, besi Wide-Flange, dan besi siku.

Besi INP dikenal juga dengan sebutan besi-profil I, dikarenakan bentuknya yang lurus. Penggunaannya biasa ditemui di rangka anak tangga, dudukan bangunan, hingga balok anak. Besi INP juga diketahui lumrah digunakan sebagai elemen untuk kendaraan. Ukuran panjang besi ini bervariasi mulai dari 6 meter hingga 12 meter. Dan untuk dimensinya berukuran minimal 100mm sampai maksimal 500mm.

Besi H Beam dibentuk dengan proses pelelehan baja panas, yang kemudian diletakkan dalam cetakan. Diketahui memiliki penampang persis seperti huruf H, dengan dimensi lebar dan panjang yang identik. Misalnya saja seperti 50mm x 50mm, dan seterusnya. Penggunaannya biasa diletakkan pada pembangunan jembatan ataupun industri perumahan.

Besi Wide-Flange biasanya kerap dipasangkan dengan jenis H Beam. Dibentuk dengan dimensi bervariasi yang cocok dengan kondisi tanah yang memiliki struktur tidak rata. Misalnya seperti tiang pancang, elemen pengokoh untuk menara dan tiang dari baja, penguat rangka jembatan, hingga pembuatan bangunan di dataran labil.

Besi siku dikenal sebagai elemen penting dalam sebuah konstruksi, sebab berperan sebagai siku-siku yang merekatkan tiap sudut bangunan. Tak heran jika besi ini harus ada dalam tiap konstruksi jembatan maupun menara. Panjang besi siku bisa mencapai 6000mm, dengan ragam dimensi mencakup 3mm hingga 25mm.

2. Lakukan komparasi harga

Setelah mengetahui jenisnya, maka selanjutnya Anda harus melakukan survei untuk mengetahui harga dari tiap besi. Pengadaan survei ini untuk memastikan efektifitas dana, dan tidak tertipu dengan penawaran yang semena-mena. Harga besi di pasaran umumnya bervariasi, namun sebenarnya tetap memiliki standar harga jual yang sama.

3. Cek kualitas besi

Sebelum melakukan kesepakatan pembelian cek dulu kualitas besi yang ditawarkan. Sekalipun Anda menggunakan jasa pemborong, namun alangkah baiknya tetap mengikuti perkembangan pemilihan material bangunannya. Pengecekan ini sangat menentukan apakah kualitas besi yang Anda pilih nantinya sesuai dengan harga atau malah kualitasnya ternyata bodong.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih besi profil yang sesuai dengan kebutuhan. Cek jenisnya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, lalu temukan harga dan kualitas yang pas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Jenis Besi yang Paling Sering Digunakan dalam Konstruksi

Jika Anda mencari besi profil terbaik, jangan ragu hubungi KPS Steel selaku distributor besi berkualitas di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu