4 Desain Grating Plat Besi untuk Menunjang Estetika Hunian

grating-plat-besi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Banyak orang yang menggunakan grating plat hanya sebagai penyaring, filter ataupun penutup saluran. Padahal material ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain di dalam sebuah ruangan.

Bahkan penggunaan plat besi grating akan menjadikan sebuah ruang terlihat lebih estetik. Oleh karena itu banyak rumah-rumah modern yang mulai mengaplikasikan material ini dengan berbagai desain.

Jika Anda berniat untuk membangun rumah yang terlihat artistik, maka juga bisa mencoba mengaplikasikannya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa inspirasi desain penggunaan plat besi grating di dalam rumah.

Ragam Desain Grating Plat Besi

Plat besi grating memiliki model berlubang yang membuatnya dapat dijadikan sebagai penutup saluran air. Dengan model seperti itu, justru penggunaan grating bisa diaplikasikan pada konstruksi yang lebih luas.

Karena itu ada begitu banyak konsep desain dengan material grating plat besi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari penggunaan plat besi grating untuk berbagai keperluan.

1. Sebagai Lantai Rooftop

Penggunaan plat besi grating yang pertama adalah bisa digunakan sebagai lantai rooftop. Dengan penggunaan grating sebagai lantai rooftop akan membuat cahaya matahari bisa masuk ke bagian bawah.

Dengan begitu pembangunan rooftop di dalam rumah tidak akan mengganggu sirkulasi udara dan cahaya di dalam rumah. Penggunaan grating juga akan membuat rooftop terlihat lebih estetik.

Untuk menambah keindahan rooftop, Anda bisa menggunakan pagar yang terbuat dari kaca. Sehingga Anda bisa bersantai di atas rooftop untuk menikmati waktu pagi sambil berjemur.

2. Sekat Ruang Terbuka

Penggunaan grating plat yang selanjutnya adalah untuk sekat pada ruang terbuka. Dengan penggunaan grating tentunya tidak akan mengganggu masuknya cahaya. Sehingga ruangan tetap tampak lebih terang meski tanpa bantuan lampu.

Selain itu, angin juga dapat bergerak dengan lebih leluasa melalui lubang pada plat besi grating. Sehingga ruangan akan tetap menjadi sejuk dan nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga.

3. Lantai Teras Balkon

Selain digunakan untuk rooftop, grating plat juga bisa digunakan sebagai balkon. Dengan penggunaan grating sebagai teras balkon tidak akan menghalangi masuknya cahaya ke bagian bawah.

Dengan begitu bagian bawah balkon tetap bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya seperti tempat untuk meletakkan tanaman sehingga nuansa rumah menjadi lebih asri dan menyejukkan.

4. Grating Plat Sebagai Tangga

Plat besi grating juga bisa Anda gunakan sebagai anak tangga. Penggunaan grating tersebut akan membuat tangga tampak lebih estetik. Hal ini tentu juga akan berpengaruh terhadap tampilan ruangan secara keseluruhan.

Penggunaan plat besi grating sebagai anak tangga tentu tetap aman dan tidak membahayakan. Sebab grating diketahui memiliki kemampuan yang cukup kuat sehingga cocok dijadikan material pembuatan anak tangga.

Baca Juga: Kegunaan dan Jenis-Jenis Plat Besi yang Perlu Diketahui

Perbedaan Grating Plat Besi Dengan Grill Saluran

Banyak orang yang sering kebingungan dalam membedakan plat besi grating dengan grill saluran. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa kedua material ini tidak memiliki perbedaan sama sekali.

Karena memang kedua material ini biasa digunakan sebagai penutup saluran air di jalan. Meski begitu sebenarnya kedua material ini adalah berbeda. Berikut adalah perbedaan antara grating plat dengan grill saluran.

1. Pengaplikasian

Seperti bisa Anda lihat di atas bahwa plat besi grating bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Oleh karena itu plat besi grating bukan hanya dapat diaplikasikan untuk tutup saluran air saja.

Sementara grill saluran biasanya hanya diaplikasikan pada saluran air di jalan raya ataupun area pejalan kaki. Sehingga ruang lingkup dari grill saluran cenderung lebih sempit dibandingkan plat gratin.

2. Kekuatan

Grill saluran diketahui memiliki kekuatan yang cenderung lebih besar dibandingkan plat besi gratin. Karena itu grill saluran dapat digunakan untuk menutup saluran yang ada di jalan raya.

Meski begitu bukan berarti kekuatan dari grating plat sangat kecil. Sebab plat ini tetap mampu menahan beban yang cukup berat sehingga bisa digunakan sebagai lantai dari sebuah rooftop.

3. Desain

Grill saluran biasanya memiliki desain yang terdiri dari dua bagian. Kedua bagian tersebut adalah frame dan juga cover. Karena itu grill saluran bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

Sementara plat besi grating biasanya hanya berupa cover saja. Namun plat besi grating cenderung memiliki desain yang lebih estetik sehingga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan di dalam sebuah ruangan.

Selain plat besi grating, sebenarnya masih banyak plat lain yang menjadi pilihan untuk kebutuhan konstruksi. Beberapa plat tersebut seperti plat hitam, plat kapal, plat strip, plat kembang dan plat bordes.

Tentunya penggunaan berbagai plat tersebut akan kembali pada kebutuhan dan selera Anda. Namun satu hal yang pasti, yaitu selalu dapatkan plat dari penjual terpercaya dan berkualitas.

Tidak perlu bingung untuk bisa menemukan tempat terbaik yang menyediakan berbagai plat. Karena KPS Steel menyediakan beragam plat berkualitas.

Baca Juga: Perbedaan Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai plat besi. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu