Mengetahui Dan Mendalami Kegunaan Dari Plat Hitam Eser

Besi plat dalam bidang konstruksi sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membangun sebuah bangunan. Salah satu besi plat yang digunakan untuk menjadi bahan material konstruksi adalah plat hitam eser (base plate).

Plat hitam eser ini mempunyai beragam kegunaan untuk bahan konstruksi, salah satunya adalah menjadi sambungan untuk bahan konstruksi yang sedang dikerjakan. Apa saja kegunaan lain yang dimiliki plat hitam eser ini? KPS Steel selaku Distributor Besi Jakarta yang menyediakan beragam jenis baja akan menjelaskan lebih lanjut kepada Anda mengenai plat hitam eser.

Pengertian Dan Karakteristik Plat Hitam Eser

Mari kita dalami terlebih dahulu pengertian plat hitam eser. Kata plat sendiri dalam dunia konstruksi memiliki makna besi yang memiliki bentuk pipih. Maka plat hitam eser bermakna lembaran besi yang memiliki permukaan rata. Besi ini memiliki bentuk yang menyerupai triplek. Hanya saja bukan berbahan kayu melainkan berbahan besi atau baja.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Plat hitam eser memiliki ukuran standar 4 feet x 8 feet (sekitar 121 cm x 243 cm). Material ini juga memiliki spesifikasi yang beragam, mulai dari spesifikasi JIS G3131 SPHC , JIS G3101 SS400, dan ASTM A36. Ketiga spesifikasi ini sangat umum digunakan di dalam pasaran bahan konstruksi. Kemudian untuk ukuran ketebalan yang dapat ditemukan baik yang berasal lokal ataupun import berkisar 1,2mm hingga 200mm.

Terdapat karakteristik yang menonjol dengan plat hitam. Plat hitam menggunakan baja sebagai bahan dasar material ini. Dengan demikian plat hitam memilki beberapa karakteristik yaitu mempunyai ketangguhan dan lebih tahan terhadap korosi. Oleh karenanya, plat hitam sering digunakan sebagai dasar bangunan.

Kegunaan Dan Keunggulan Plat Hitam Eser

Sebelum Anda mengaplikasikan plat hitam eser sebagai bahan material dalam konstruksi bangunan, ada baiknya Anda mengetahui kegunaannya. Pada dasarnya besi plat digunakan sebagai bahan dasar bangunan, jadi besi plat hitam eser dapat digunakan sebagai sambungan dalam konstruksi. Alasannya karena bahan yang digunakan kurang atau sulit dilakukan jika menggunakan besi plat yang utuh.

Kegunaan lain plat hitam eser yaitu menjadi bantalan untuk berbagai kendaraan berat. Seringkali ditemukan jalanan berlubang, berlumpur, atau terjal saat melakukan konstruksi. Plat hitam eser digunakan untuk membuat berbagai jenis kendaraan melaju secara lancar dan aman.

Plat hitam eser juga memiliki kegunaan lainnya yaitu dapat digunakan untuk konstruksi yang ada di luar ruangan. Bahan konstruksi untuk di outdoor sering kali membutuhkan kekuatan yang besar dan memiliki daya tahan yang lama untuk bisa diaplikasikan.

Dengan karakteristik yang dimiliki oleh plat hitam eser, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memilih bahan ini. Selain kuat, plat hitam eser ini memiliki daya tahan lebih terhadap korosi yang membuatnya lebih awet. Plat hitam eser ini pun secara biaya lebih menguntungkan karena biaya perawatannya lebih murah.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Seluk Beluk Besi Assential Untuk Konstruksi

Sebagai distributor besi jakarta yang dapat Anda percaya, KPS Steel juga menyediakan besi plat hitam eser yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Untuk mengetahui harga besi plat yang kami miliki, Anda dapat hubungi kami di sini!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu