Apa Bedanya Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih?

terlihat sama, ini dia perbedaan plat bordes dan plat kembang-perbedaan-plat-besi-hitam-dan-plat-besi-putih

Perbedaan Besi Plat Hitam dan Besi Plat Putih

Bagi orang yang pekerjaannya berkutat dengan konstruksi dan bahan bangunan tentu sudah tidak asing dengan plat besi hitam serta plat besi putih. Keduanya merupakan material yang kerap digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Plat besi atau sering dikenal dengan plate ini merupakan material berbentuk lembaran, atau lempengan yang memiliki permukaan rata. Dapat dijadikan sebagai alas, bahan pembuatan tangki dan lain-lain.

Baca Juga: Inspirasi Kursi Besi dan Jenis-Jenisnya untuk Dekorasi Rumah

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan proyek konstruksi, material lembaran ini juga kerap dipakai pada bidang fabrikasi. Karena berbentuk lembaran, plat besi memiliki ketebalan yang cukup kecil namun fungsinya sangat banyak. Jenisnya sendiri ada bermacam-macam, berdasarkan bentuk penampang serta kegunaannya secara spesifik. Kali ini kami akan membahas perbedaan dua jenis plat, yakni plat hitam dan putih. Berikut ini informasi selengkapnya.

Perbedaan Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih

Lembaran besi hitam juga disebut dengan base plate. Sesuai dengan namanya, material ini berwarna hitam dan banyak digunakan untuk aneka pekerjaan konstruksi. Bentuk lembarannya relatif tipis dengan ukuran layaknya material triplek. Ukuran base plate dibuat berdasarkan standar tertentu, yaitu 4 x 8 feet.

Para kontraktor pada umumnya memanfaatkan material tersebut sebagai bahan untuk memperkuat penggunaan profil baja di bangunan tertentu. Sementara penggunaan base plate dalam bidang industri fabrikasi ialah untuk pembuatan tangki. Selain itu, material base plate juga dipakai dalam stamping, yakni proses pembentukan lembaran logam untuk berbagai kebutuhan. Sedangkan lembaran besi putih merupakan jenis bahan plate yang tidak memakai lapisan tertentu pada permukaannya.

Jenis bahan ini juga dikenal sebagai material SPCC-SD atau Steel Plate Cold Roll Coil.Sama seperti jenis base plate, bahan satu ini juga memiliki standar ukuran 4 x 8 feet. Lembarannya yang berukuran tips membuat plat besi putih mudah dibentuk melalui serangkaian proses.

Namun karena permukaannya tanpa lapisan, material satu ini cenderung lebih mudah berkarat. Maka perlu proses coating atau plating untuk menghindari pengkaratan. Plate ini banyak dipakai dalam industri otomotif.

Jenis-jenis Plat Besi yang Ada di Pasaran

Selain plat besi hitamdan putih, ada beragam jenis material plate yang dikenal dalam dunia konstruksi. Jenis-jenis berikut ini bisa Anda dapatkan melalui supplier yang menyediakan berbagai material besi dan baja.

1. Plat Kapal

Sesuai dengan namanya, ini merupakan material dalam pembuatan kapal. Meski begitu, penggunaannya tidak terbatas pada instalasi kapal saja. Akan tetapi juga pada proyek-proyek konstruksi, fabrikasi, hingga bahan dalam pembuatan tangki. Perbedaan yang mencolok antara bahan ini dengan material lainnya yaitu dilihat dari ukurannya. Ship plate memiliki ukuran lebih panjang serta lebar, yakni 5 x 20 feet dan 6 x 20 feet.

2. Plat Strip (Stripe Plate)

Stripe plate merupakan material dari besi yang berbentuk balok gepeng. Bahan ini memiliki sedikit kandungan karbon yakni sebanyak 0,04% sampai 0,10% sehingga termasuk kelompok low carbon steel atau baja karbon rendah. Kegunaan stripe plate banyak diaplikasikan pada pembuatan teralis jendela hingga pagar. Stripe plate dapat diinstalasi pada kusen jendela kayu. Sementara dalam pembuatan pagar, stripe plate mudah dibentuk sehingga menambah estetika.

3. Plat Kembang

Bahan lembaran besi satu ini juga biasanya disebut dengan plate berlian atau lantai. Hal tersebut karena aplikasinya banyak diterapkan pada konstruksi lantai hingga tangga. Material ini memiliki tekstur kembang yang mencegah tergelincir.

KPS Steel menyediakan berbagai jenis lembaran mulai dari jenis base, kembang, strip, kapal, hingga bordes. Kualitas material adalah jaminan yang kami prioritaskan. Sehingga Anda dapat memiliki plat besi hitammaupun jenis lainnya yang terbaik.

Baca Juga: 4 Jenis Besi Hollow dan Ukurannya yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu