Kegunaan Dan Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

kegunaan dan jenis-jenis plat besi yang perlu kamu tahu

Dalam bidang konstruksi, produk besi plat memiliki peranan yang sangat penting.

Tidak hanya dalam konstruksi saja, untuk industri lain pun besi plat begitu diperlukan karena tingkat ketahanan dan kekuatannya yang sangat tinggi. Saat ini ada banyak jenis-jenis plat yang perlu kamu tahu sehingga jika berniat menggunakannya tidak salah pilih lagi.

Baca Juga: Seluk Beluk H Beam, Balok Baja Yang Kokoh Untuk Bangunan Anda

Ada beberapa jenis plat besi yang saat ini memang umum banyak digunakan dalam konstruksi atau lainnya. Masing-masing plat besi tersebut tentu saja memiliki kualitas yang berbeda-beda karena disesuaikan dengan fungsi serta kegunaanya.

Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Berikut ini jenis-jenis plat besi yang perlu kamu tahu sebelum memilihnya sebagai material konstruksi dan industri lainnya.

1. Plat Hitam (Base Plate)

Plat hitam memiliki dimensi seukuran tripleks yaitu 122×124 cm atau 4×8 feet dengan ketebalan mulai dari 1,2 mm sampai 200 mm. Pada umumnya dalam struktur baja profil, jenis plat besi ini banyak digunakan sebagai penguat dan diaplikasikan untuk dudukan material profil, bahan baku pembuatan tangki, dan yang lainnya.

2. Plat Kapal

Plat kapal umumnya digunakan dalam berbagai pembuatan instalasi kapal dan material konstruksi serta fabrikasi, pembuatan tangki dan yang lainnya. Plat kapal memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang relatif panjang dan lebar.

Ukuran panjang plat ini 6.000 mm yang memiliki dua ukuran lebar yaitu 1.800 mm dan 1.500 mm. Dibandingkan dengan produk lainnya, jenis plat kapal mempunyai ketahanan yang lebih terutama tahan terhadap korosi.

3. Plat Kembang

Jenis plat besi selanjutnya yaitu plat kembang yang dikenal memiliki permukaan bertekstur. Nama lain dari plat ini adalah plat lantai atau plat berlian. Plat kembang berukuran standar 1,2 meter x 2,4 meter dengan ketebalannya yang bervariasi.

Plat kembang banyak diaplikasikan untuk elemen lantai atau anak tangga pada bangunan, elemen lantai pada sarana transportasi seperti bus, angkutan umum, mobil damkar, dan kereta. Jenis plat besi ini memiliki tekstur yang kasar untuk mengantisipasi licin sehingga meminimalisir kejadian terpeleset.

4. Plat Strip

Plat besi jenis ini bentuknya seperti papan kayu dengan panjang standar 6 meter dan lebar yang bervariasi mulai dari 19 mm sampai 200 mm. Sementara untuk ketebalannya antara 3 mm sampai dengan 12 mm.

Biasanya jenis plat strip banyak diaplikasikan sebagai material pagar, jendela, teralis pintu, dan berbagai konstruksi pengaman yang lainnya. Salah satu kelebihan plat strip adalah mudah ditekuk dengan las sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

5. Plat Bordes

Bordes adalah area datar di bagian tangga yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan kaki. Biasanya bordes dibuat pada tangga dengan jumlah anak tangga lebih 12. Pilihan yang sangat tepat jika plat bordes diaplikasikan di daerah peralihan pada tangga di ruang interior ataupun eksterior.

Plat bordes memiliki tekstur permukaan seperti pada jenis plat kembang. Fungsinya mengurangi risiko jatuh terpeleset saat area tangganya basah. Pengaplikasian plat bordes banyak ditemukan untuk lantai mobil bak terbuka, truk, bagian peralatan olahraga, dan lantai bangunan pabrik.

Itulah jenis-jenis plat besi yang perlu kamu tahu sehingga jika nantinya membutuhkan plat besi tentu saja tidak salah memilih sesuai yang dibutuhkan. Jangan sampai salah memilihnya karena masing-masing memiliki fungsinya sehingga harus disesuaikan.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Kegunaan Pipa Furniture

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu