Cara Menghitung Kanopi Besi Hollow Sebelum Digunakan

ukuran-besi-hollow-untuk-beragam-tujuan-kps-steel-distributor-besi-jakarta-menghitung-kanopi-besi-hollow tabel besi hollow

Bagaimana cara menghitung kanopi besi hollow dengan benar sebelum digunakan? Besi hollow memang menjadi pilihan paling utama dalam material pembuatan kanopi.

Tidak hanya harganya yang terjangkau, tapi juga menawarkan kekuatan sangat bagus sebagai kerangka. Khususnya pada jenis besi hollow galvanis yang populer sebagai baja ringan untuk pembuatan kanopi.

Jika Anda akan menggunakannya material kanopi, maka harus mengetahui cara menghitung kanopi besi hollow dengan benar. Perhitungan harus dilakukan secara tepat menggunakan rumus tertentu seperti yang digunakan dalam bidang konstruksi bangunan.

Hasil perhitungan tersebut akan membantu menentukan berapa kebutuhan besi serta biaya yang harus dikeluarkan. Lebih jelasnya, berikut kami berikan informasi lengkap cara perhitungan kebutuhan besi hollow untuk kanopi.

Mengapa Menggunakan Besi Hollow untuk Kanopi?

Hollow sendiri merupakan besi yang digunakan dalam konstruksi bangunan untuk berbagai elemen rumah, termasuk kanopi. Mendapatkan penyebutan tersebut karena memang sesuai dengan bentuknya yang berupa batangan berongga.

Penampangnya yang berbentuk segiempat juga membuat besi ini sering disebut pipa kotak. Ada juga yang mengenalnya dengan nama HSS atau Hollow Structural Section dengan penampang bervariasi seperti bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran dan elips.

Dibandingkan dengan menggunakan kayu, hollow sebagai bagian dari konstruksi bangunan memang dinilai punya banyak keunggulan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemasangannya lebih mudah, praktis dan kokoh
  2. Tidak dimakan rayap layaknya pada kerangka kayu
  3. Punya kemampuan meredam panas dengan baik sehingga sinar matahari tidak akan terlalu panas saat masuk ke rumah
  4. Daya tahannya cukup bagus, tahan karat serta tidak mudah korosif
  5. Dari segi penampilannya punya nilai estetika yang tinggi sehingga membuat desain bangunan tampak lebih elegan
  6. Tahan terhadap api
  7. Harganya relatif terjangkau sehingga dapat menghemat biaya pembangunan rumah

Banyak yang membutuhkan cara menghitung kanopi besi hollow karena memang besi ini sering dimanfaatkan sebagai kerangkanya. Hollow cocok dimanfaatkan sebagai material interior maupun eksterior serta dengan furnitur yang bergaya minimalis.

Dalam cara menghitung kanopi besi hollow, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu luas lahan serta desain kanopinya. Luas akan menentukan berapa jumlah besi yang dibutuhkan untuk kerangka.

Baca Juga: Hara Besi Hollow dan Mengenal Ragam Kegunaannya

Rumus dan Cara Menghitung Kanopi Besi Hollow

Cara menghitung kanopi besi hollow sebenarnya sangat mudah, pertama-tama ketahui terlebih dahulu luas lahan dan desain kanopinya. Agar lebih memahami, ikuti panduan perhitungan berikut ini:

  1. Ukur terlebih dahulu luas lahan rumah yang akan dipasangi kanopi secara tepat
  2. Misalnya, lebar kebutuhan kanopi 3,5 meter serta panjangnya 5 meter, ukurannya sudah jelas maka dapat melanjutkan perhitungan kebutuhan hollow
  3. Agar mendapatkan perhitungan yang tepat, maka lebar 3,5 meter tersebut ditambah 15 cm di bagian kanan dan kirinya. Setelah itu, bagian depan ditambahkan spasi atau jarak 50 cm. Tujuan penambahan jarak ini agar halaman tertutup dengan baik, terutama saat panas atau hujan.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, cara menghitung kanopi besi hollow selanjutnya Anda bisa memasukkan dalam rumus. Ikuti tahapan-tahapannya sebagai berikut agar tidak salah melakukan perhitungan:

Langkah 1: perhitungan luas kanopi

= (3,5 m + 0,15 m + 0,15 m) x (5 m + 0,5 m) = 20,9 m.

Hasil perhitungan tersebut maka didapatkan luas yang akan dibangun sebesar 20,9 meter.

Langkah 2: perhitungan luas kanopi bagian depan teras

= 3,2 m x 1,5 m = 4,8 meter persegi

Langkah 3: Pengukuran

Untuk pengukuran panjang tidak perlu terlalu besar karena idealnya 1 – 1,5 meter saja. Apabila terlalu panjang justru akan membuat nilai estetika bangunan teras rumah Anda jadi kurang menarik.

Ragam Pilihan Besi Hollow untuk Kanopi

Setelah mengetahui cara menghitung kanopi besi hollow dengan tepat, berikut kami berikan informasi terkait variasi pilihan besi yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan rumah:

1. Hollow Gypsum

Biasanya digunakan sebagai kerangka pembuatan plafon di rumah atau gedung. Bahan bakunya berupa stainless dan meni yang punya ketahanan lebih bagus dibandingkan kayu. Ukurannya mulai 0,3 – 0,4 mm.

2. Galvalum

Sering disebut punya kualitas paling bagus dibandingkan jenis lainnya. Tidak mudah berkarat, tahan terhadap cuaca ekstrem serta sangat kokoh sehingga tidak heran apabila harganya juga lebih tinggi.

3. Hollow Hitam

Permukaannya berwarna hitam keabu-abuan karena terbuat dari baja hitam. Karakteristiknya lebih tebal dan kuat, tapi saat ini sudah jarang digunakan sebagai hollow kanopi di rumah, lebih digunakan pada proses pembuatan pagar atau tangga.

4. Galvanis

Ini merupakan bahan paling populer yang dipilih sebagai hollow untuk kanopi meskipun kualitasnya masih di bawah galvalum. Karakteristiknya juga kuat, tidak mudah berkarat serta tahan terhadap cuaca ekstrem.

KPS Steel sebagai distributor besi terpercaya menyediakan berbagai kebutuhan hollow untuk kanopi di rumah Anda. Dengan ukuran bervariasi serta harga terjangkau, cek di website kami untuk informasi selengkapnya.

Selain hollow, KPS Steel juga menyediakan aneka material konstruksi lainnya dengan kualitas terbaik seperti wiremesh, pipa, siku dan sebagainya. Nah, mudah dipahami bukan cara menghitung kanopi besi hollow?

Baca Juga: Mengenal Jenis dan Ukuran Besi Hollow yang Sering Digunakan

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis pipa. Mulai dari besi kanal, besi beton, hingga besi hollow.

Bagikan Artikel :
Menu