Harga Besi Hollow dan Kenali Kegunaannya

Belakangan ini, besi hollow kian banyak digunakan untuk kebutuhan besi konstruksi. Coba amati sekitar Anda!

Banyak bangunan baik residensial maupun komersial yang menggunakan material ini ringan namun begitu kuat ini. Di ruang luar, besi hollow banyak diaplikasikan pada pagar dan pintu gerbang; rangka carport atau kanopi; rak tanaman; dan sebagainya. Sementara di area ruang dalam dapat dijumpai pemanfaatan besi hollow untuk rangka dinding partisi dan plafon gypsum/GRC; rangka pintu/jendela; bahkan dimanfaatkan untuk beragam perabot, seperti kaki meja/kursi juga rak atau lemari, dan lainnya.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaannya!

Tahukah Anda, mengapa besi hollow demikian populer? Ya, karena material ini memang memiliki banyak kelebihan. Simak informasinya berikut ini!

Karakteristik Besi Hollow

‘Hollow’ dalam bahasa Inggris artinya berlubang atau berongga. Seperti artinya, begitulah karakteristik besi hollow. Penampangnya kotak atau persegi panjang dan berlubang/berongga (kopong) pada bagian tengahnya. Besi hollow dapat disebut sebagai pipa kotak.

Besi hollow yang dikenal juga sebagai besi stall terbuat dari besi baja hitam, galvanis (baja ringan dilapis seng/zinc lebih dari 90%), dan galvalum (baja ringan dilapis dengan aluminium >50%). Oleh pengaruh bahan baku dan penampang yang kopong, besi hollow memiliki bobot relatif ringan sehingga memudahkan dalam pengaplikasian.

Meskipun ringan besi hollow dikanal kokoh dan tahan lama. Material ini juga antirayap serta memiliki ketahanan terhadap api. Besi hollow yang terbuat dari bahan galvanis dan galvalum bahkan relatif tahan terhadap karat.

Jenis-jenis Besi Hollow

Distributor besi Jakarta KPS Steel menyediakan dua jenis utama besi hollow, yaitu besi hollow dari baja hitam dan besi hollow dari galvalum, mari lihat penjelasannya dibawah ini:

  • Besi Hollow Hitam 

Besi hollow hitam (stall) yang terbuat dari baja hitam ini tersedia dengan panjang standar 6 meter. Sementara ukuran penampang (persegi maupun persegi panjang) yang tersedia adalah (dalam mm) 15/15, 15/30, 15/35, 20/20, 25/25, 30/30, 35/35, 40/60, 40/80, 45/75, 50/50, 50/100, 100/100, dan lain-lain dengan ketebalan besi yang bervariasi.

  • Hollow Galvanis

Hollow galvanis atau stall galvanis yang terbuat dari besi galvanis (baja ringan yang dilapis seng/zinc) ini memiliki ketahanan terhadap karat dan keropos. Seperti besi hollow hitam, hollow galvanis juga diproduksi dengan panjang standar 6 meter dengan ukuran penampang yang juga beragam. Dari bahan baku dan proses pembuatannya, hollow galvanis relatif memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan besi hollow hitam. Jadi Anda tak perlu heran jika mendapati harga hollow galvanis relatif lebih tinggi daripada harga besi hollow hitam.

Harga besi Hollow

Meskipun demikian, KPS Steel menawarkan harga besi hollow dan besi konstruksi yang lebih bersahabat dan kompetitif. KPS Steel telah dikenal sebagai salah satu distributor besi Jakarta terlengkap yang menjualbesi hollow hitam dan jenis besi lainnya dengan harga yang relatif miring dibandingkan distributor lain.

Baca Juga: Update Harga Besi Hollow di Tahun 2019

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan harga besi hollow dan besi konstruksi lainnya dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang maksimal, Anda bisa hubungi KPS Steel disini.

Bagikan Artikel :
Menu