Kenali Jenis Dan Contoh Ukuran Besi Hollow Yang Sering Digunakan

Ahli konstruksi sekarang ini memilih untuk menggunkan besi hollow saat melakukan konstruksi. Konstruksi bangunan, termasuk rumah, menggunakan bahan ini dan mulai meninggalkan kayu.

Hal ini dikarenakan besi hollow mudah untuk pemasangannya serta kukuh. Sehingga, besi hollow dapat Anda gunakan untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, besi hollow memiliki ketahanan terhadap api dan tahap terhadap serangan hewan pengerat serta rayap.

Pada bagian indoor, besi berbentuk kotak ini dapat digunakan untuk membuat rangka dinding partisi atau rangka plafon. Sementara itu, besi hollow digunakan untuk membuat teralis yang modern, pintu pagar, ataupun kanopi cartport sebagai kebutuhan untuk outdoor.

Anda mungkin bertanya-tanya, besi hollow jenis apa yang perlu Anda gunakan dalam konstruksi. Selain itu, ukuran besi hollow sebagai perbandingan juga Anda pertanyakan. Oleh karena itu, KPS Steel, selaku distributor besi Jakarta, akan menjelaskan dengan detil kepada Anda.

Jenis Besi Hollow Yang Sering Digunakan

Seiring bertambanya rumah dengan desain minimalis, besi ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat karena bentuknya yang sesuai dengan konsep rumah minimalis. Kualitas besi berbentuk kotak ini ditentukan oleh jenis coating sebagai pelapisnya. Semakin baik coating yang dimiliki, semakin baik pula kualitas besi hollow karena tidak mudah berkarat dan tidak mudah mengalami korosi.

Ada dua jenis besi hollow yang sering digunakan oleh PT Karya Perkasa Steelindo, distributor besi Jakarta, dalam konstruksi bangunan, yaitu besi hollow galvanis dan besi hollow hitam.

1. Besi Hollow Galvanis

Untuk membuat besi hollow galvanis, besi harus dilapisi seng dengan cara dicelupkan ke dalam cairan timah. Anda akan mendapatkan lapisan seng tersebut akan menempel pada besi. Lapisan seng ini berfungsi sebagai pelindung untuk besi dari polutan yang dapat menyebabkan karat.

2. Besi Hollow Hitam

Jenis besi yang satu ini terbuat dari baja hitam dengan ukuran panjang standar 6 meter dan ketebalannya yang bervariasi. Besi ini dapat Anda gunakan menyesuaikan dengan kebutuhan untuk konstruksi. Material berbahan kotak ini sering Anda temukan di lokasi konstruksi dengan berbagai macam ketebalan.

Baca Juga: Aplikasi Material Besi Pada Gaya Industrial

Contoh Ukuran Besi Hollow Yang Sering Digunakan

Besi hollow memiliki ukuran yang bervariasi, sehingga Anda bebas menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah contoh ukuran besi hollow yang digunakan sebagai furniture industrial, railing, dan rangka plafon.

1. Ukuran Besi Hollow Sebagai Furnitur Industrial

Tidak hanya rumah minimalis yang dapat menggunakan material ini. Besi hollow dapat berfungsi juga sebagai furnitur yang memiliki gaya industrial dan dapat Anda buat untuk meja dan partisi ruangan. Biasanya, ukuran besi hollow yang digunakan cukup besar, yaitu 36×36 milimeter, karena akan menahan beban yang cukup besar.

2. Ukuran Besi Hollow Sebagai Railing

Sebagai bahan untuk membuat railing pagar, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 40×40 atau 50×100 dengan ketebalan 1,6 milimeter dan jari-jari berukuran 20×40 dengan ketebalan 1,2 milimeter.

Ketika digunakan sebagai railing tangga, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 30×60 dengan ketebalan 1,2 milimeter dan jari-jari berukuran 20×60 dengan ketebalan 1,2 milimeter.

3. Ukuran Besi Hollow Sebagai Rangka Plafon

Sebagai rangka plafon, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 40×40. Pemasangan plafon gypsum ke rangka plafon besi hollow pun mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyekrupnya supaya gabungan material tersebut dapat menyatu dengan baik.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Beton Untuk Konstruksi Bangunan

Sebagai distributor besi Jakarta tepercaya, PT Karya Perkasa Steelindo selalu berusaha untuk memberikan pelayanan berkualitas pada para pelanggannya. Kunjungi kami di sini untuk melakukan penawaran.

Bagikan Artikel :
Menu