Ini 7 Tips Memilih Besi Beton yang Perlu Anda Perhatikan

tips-memilih-besi-beton-KPS-Steel-Distributor-Besi Jakarta

Tips memilih besi beton yang harus Anda ketahui. Besi beton adalah salah satu material yang memiliki fungsi dan peran penting dalam proses pembangunan. Karena itulah pemilihan besi tidak boleh sembarangan asal ada, dan dipasang begitu saja.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan karena faktanya ada berbagai jenis besi dengan fungsi berbeda-beda. Bagi orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia konstruksi pasti tidak akan kesulitan saat akan membeli.

Namun bagi Anda yang membutuhkan besi untuk kebutuhan pribadi terkadang hal sederhana ini cukup merepotkan. Maka setidaknya ketahui berbagai informasi mendasar tentang memilih sehingga tidak kesulitan saat ingin membeli.

7 Tips Penting untuk Diperhatikan Saat Membeli Besi Beton

Pembelian besi sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini yang dapat membantu Anda membeli secara tepat. Sehingga tidak akan ada yang terbuang atau tidak terpakai serta berfungsi secara maksimal.

1. Pahami Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sudah mengetahui kalau besi beton yang ada di pasaran memiliki jenis yang beragam? Masing-masing jenis tersebut memiliki keunggulan serta fungsi berbeda sehingga harus dipahami terlebih dahulu.

Contoh saja jenis beton ulir dengan polos, dimana karakteristik yang ulir sangat sulit dibengkokkan. Sedangkan beton polos lebih mudah dibentuk jadi harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan konstruksinya.

2. Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan

Ada berbagai macam ukuran beton dan Anda harus membeli sesuai dengan kebutuhan. Ukuran yang dimaksud adalah diameter, sedangkan untuk ukuran panjangnya standar adalah 12 meter.

Misalnya kebutuhan besinya yang ukuran 10 namun Anda membeli ukuran 22 jelas tidak sesuai. Jika hal tersebut dipaksakan bukan berarti konstruksi bangunan menjadi kuat namun justru membahayakan.

3. Pastikan Kondisinya Masih Bagus

Ketika akan membeli besi beton sebaiknya Anda perhatikan bagaimana kondisinya terlebih dahulu. Besi yang disimpan terlalu lama akan berkarat pada permukaannya dan hal ini menunjukkan kualitasnya kurang bagus.

Besi berkarat tidak baik untuk penghuni bangunan tersebut, jadi sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan besi yang Anda pilih tidak berkarat. Meskipun Anda ditawari harga murah namun jika kondisinya sudah berkarat lebih baik jangan dibeli.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Cor Rakitan untuk Konstruksi Bangunan

4. Perhatikan Merk dan SNI

Hampir semua produk memiliki merek unggulan yang sebanding dengan kualitas dari produk tersebut. Begitupun dengan produk besi juga memiliki merk unggulan yang dapat Anda cari referensinya terlebih dahulu.

Jika diperhatikan ada juga logo SNI pada bagian besinya yang sangat jelas terlihat pada bagian sisinya. Dengan memilih produk ber-SNI maka Anda mendapatkan jaminan produk berkualitas sesuai standar.

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Terkadang orang-orang tergiur dengan harga besi beton murah sehingga lebih ke kuantitas bukan kualitas. Padahal harga murah di bawah pasar sudah sangat meragukan kenapa bisa dijual dengan harga serenah itu.

Maka, cari produk SNI dengan harga wajar di pasaran dan tidak terlalu murah jauh karena tidak menjamin kualitasnya. Ingat, besi beton akan digunakan jangka panjang, lebih baik membeli dengan harga wajar namun berkualitas terbaik.

6. Beli di Distributor Terpercaya

Tips penting lainnya yang harus Anda perhatikan yaitu membeli di distributor terpercaya seperti KPS Steel. Distributor terpercaya sudah pasti menyediakan produk-produk besi berkualitas dengan standar SNI dan harga wajar.

Dengan membeli di distributor terpercaya seperti KPS Steel Anda bisa melakukan pembelian secara online juga. Selain itu terdapat jaminan bahwa semua besi yang dikirimkan sesuai dengan pesanan Anda.

7. Datangi dan Pilih Langsung Besinya

Agar lebih meyakinkan, pada saat membeli dan bisa memilih sendiri sangat disarankan untuk datangi langsung tokonya. Cari toko terdekat jika Anda masih kurang yakin untuk melakukan pembelian secara online.

Membeli sebuah besi tetap harus memperhatikan banyak hal agar mendapatkan produk-produk berkualitas terbaik. Mengingat fungsi dari besi beton sangat penting dan akan Anda gunakan untuk jangka panjang.

Baca Juga: Harga Besi Hollow Berdasarkan Jenis dan Ukurannya

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi beton. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu