Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

kegunaan-wiremesh-pada-konstruksi-bangunan

Konstruksi bangunan adalah elemen penting yang menentukan kekuatan dan daya tahan bangunan tersebut.

Kesalahan pada konstruksi tersebut, tentunya dapat membahayakan jiwa manusia yang dinaunginya. Oleh karenanya, komponen penyusun konstruksi tersebut pun harus dipilih sebaik mungkin.

Baca Juga: Cara Memilih Besi Wiremesh Berkualitas Baik

Wiremesh, Komponen Konstruksi Yang Penting

Wiremesh adalah struktur besi yang disusun dengan teknik anyam, sehingga membentuk lembaran. Pada umumnya, wiremesh berfungsi untuk menjadi penguat struktur bangunan.

Karena kebutuhan konstruksi yang beragam, besi wiremesh pun hadir dengan berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Berikut adalah beberapa kegunaan wiremesh, khususnya pada konstruksi bangunan:

1. Tulangan Beton

Wiremesh paling umum digunakan sebagai besi tulang untuk konstrusksi beton. Manfaat penggunaan wiremesh ini adalah, memastikan material beton terhindar dari risiko retak ketika proses pengeringan.

Struktur wiremesh yang berbentuk persegi, diletakan terlebih dahulu pada area yang akan dituangkan beton cair. Ketika beton mulai dituang, wiremesh secara perlahan diangkat agar mengambang di dalam cetakan beton.

Beton tersebut dibuat untuk berbagai kebutuhan. Yang paling umum adalah beton untuk jalan raya yang dilalui kendaraan berat.

2. Dinding Beton

Karena sifatnya yang membantu struktur beton menjadi lebih kuat, wiremesh juga bisa digunakan sebagai tulangan untuk dinding. Biasanya, bangunan bertingkat, seperti gedung dan apartemen, menggunakan dinding beton yang diperkua oleh wiremesh. 

3. Plat Beton Menggantung

Wiremesh digunakan untuk struktur beton yang menggantung. Biasanya, struktur beton menggantung ini diaplikasikan untuk saluran air, talang, dan sebagainya. Cara penggunaan wiremesh pun sifatnya sedikit mirip dengan besi tulangan pada konstruksi bangunan.

4. Pemanis Bangunan

Tak hanya kebutuhan konstruktif, wiremesh juga bisa dipakai untuk pemanis bangunan. Misalnya, sebagai pagar. Struktur wiremesh yang berbentuk persegi simetris, sering menjadi bahan untuk pagar dari gedung atau rumah yang bergaya minimalis. Pagar yang dimaksud pun, bisa untuk pagar utama maupun pagar balkon.

Ukuran Wiremesh

Ukuran wiremesh pun cukup beragam, sehingga Anda bisa memilih yang lebarnya cukup kecil, sehingga tidak bisa dilewati oleh anak-anak atau hewan kecil, seperti anjing dan kucing. Dengan demikian, pagar wiremesh dapat menambah rasa aman.

Selain itu, jika Anda ingin membuat partisi di dalam ruangan, wiremesh juga bisa digunakan. Ruangan yang dibatasi menggunakan wiremesh biasaya dijadikan tempat penyimpanan. Untuk partisi ruangan, wiremesh menjanjikan sirkulasi udara yang cukup baik. 

Bahkan, tersedia wiremesh berukuran mikro, sehingga serangga seperti nyamuk dan lalat tak bisa melewatinya. Barang rumah tangga yang menggunakan wiremesh berukuran mikro adalah kawat nyamuk dan ayakan tepung.

Demikian banyaknya ragam penggunaan wiremesh, tentu saja karena banyak pula keunggulannya. Terutama pada proses pra-konstruksi. Struktur wiremesh yang relatif ringan, memudahkan para pekerja saat menyiapkan kolom atau dak beton. Sebab, wiremesh bisa dipotong sesuai ukuran kolomnya. Sehingga, waktu persiapan konstruksi pun bisa dipangkas.

Wiremesh juga tersedia dalam pilihan yang lebih fleksibel dan mudah ditekuk. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri ketika akan membangun konstruksi bangunan yang tidak umum. Misalnya, pondasi beton berbentuk tabung, yang biasanya digunakan pada lahan parker bertingkat.

Keuntungan lain dari wiremesh adalah daya tahannya yang luar biasa. Wiremesh biasanya dibuat dari baja anti karat, sehingga wiremesh juga cukup tahan terhadap karat. Dengan begitu, wiremesh bertahan lebih lama daripada bahan besi biasa.

Bentuk wiremesh yang seperti lembaran juga memudahkan dalam hal penyimpanan. Sebab, wiremesh bisa digulung dan ditempatkan pada ruang yang cukup sempit atau penuh dengan barang.

Demikian tadi, beberapa hal terkait kegunaan dan kelebihan wiremesh dalam kebutuhan konstruksi bangunan. Tentunya, Anda harus memilih jenis wiremesh yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Baca Juga: Pilihan Besi untuk Renovasi Rumah Menjadi Bertingkat

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Wiremesh, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu