Pilihan Besi untuk Renovasi Rumah Menjadi Bertingkat

pilihan-besi-untuk-renovasi-rumah-menjadi-tingkat

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang tampak selalu rapi, indah, dan terawat.

Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut, diantaranya bisa dengan mengubah konsep hunian sesuai dengan keinginan, atau memfokuskan pada desain interior, hingga melakukan renovasi pada struktur bagian rumah.

Renovasi pada rumah atau istilah lainnya adalah membangun ulang, merupakan salah satu cara yang terbaik untuk dilakukan. Tujuannya bermacam-macam, mulai dari memperbaiki struktur bangunan yang sudah lama dan rusak, atau bisa menampung lebih banyak anggota keluarga, hingga memanfaatkan lahan yang sempit jika anda berada di wilayah perkotaan.

Namun, melakukan renovasi perlu persiapan yang matang, salah satu yang paling penting adalah dari kualitas bahan bangunan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Intip Model Mata Bor Yang Cook Untuk Kerajinan Kayu

Jenis Besi yang Cocok untuk Renovasi Rumah Menjadi Bertingkat

Pada saat melakukan renovasi rumah khususnya menjadikan rumah anda bertingkat, besi merupakan salah satu bahan bangunan yang wajib ada dan sangat penting untuk ditentukan kualitasnya.

Hal ini dikarenakan material besi adalah salah satu komponen dasar yang fungsinya memperkuat bangunan agar mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itulah, berikut ini merupakan beberapa pilihan besi yang sering digunakan untuk kegiatan renovasi:

1. Besi Beton

Jika anda ingin membangun rumah yang kokoh, anda perlu menyiapkan jenis besi ini. besi beton akan sangat cocok digunakan sebagai rangka suatu bangunan. Khususnya untuk membangun rumah bertingkat, besi beton sangat berguna untuk menahan beban bangunan tingkat agar tidak mudah ambruk. Desain besi yang berbentuk ulir difungsikan agar besi dapat menempel dengan baik ketika disatukan dengan bagian rangka lainnya.

2. Besi Plat

Untuk kegiatan renovasi rumah, besi plat penting digunakan untuk membuat berbagai macam interior rumah. Bentuknya yang seperti lempengan sangat mudah dibentuk sesuai dengan yang diinginkan.

3. Pipa Besi

Jenis besi ini merupakan jenis besi dasar yang umum dijumpai dan digunakan untuk membangun bangunan bertingkat, termasuk rumah. Didesain dari baja dengan bentuk bulat dan memanjang, menjadikan jenis besi ini kokoh dalam menopang berbagai material bangunan lainnya.

4. Besi Hollow

Tidak seperti jenis pipa besi, besi hollow berbentuk kotak dan memanjang karena didesain untuk kegiatan renovasi rumah, terutama dalam pembuatan pagar, plafon, hingga kanopi rumah. Kualitasnya yang terbaik menjadikan jenis besi ini selalu digunakan karena tahan terhadap kondisi cuaca dan suhu apapun serta anti rayap.

5. Besi Wiremesh

Besi wiremesh digunakan untuk menguatkan besi beton dalam pengaplikasiannya. Disebut juga besi anyam karena berbentuk besi kecil hampir dari kawat yang dianyam berbentuk kotak. Besi ini berfungsi menguatkan pembangunan dak beton yang digunakan untuk kegiatan renovasi rumah bertingkat agar strukturnya lebih kokoh

6. Besi Kanal

Mungkin anda akan asing mendengar istilah besi kanal karena jenis besi ini memiliki dua varian, yaitu besi UNP dan CNP. Masing-masing dari jenis besi kanal ini berperan penting dalam pembuatan ulang bangunan rumah menjadi bertingkat. 

Besi kanal jenis UNP berbentuk huruf U dengan fungsi untuk pembuatan interior rumah. Namun bisa juga digunakan untuk menutup atas atap hingga menahan bangunan dinding agar tetap kokoh. Sedangkan besi kanal jenis CNP berbentuk huruf C yang mana fungsinya sebagai rangka  dasar dalam pembuatan struktur bangunan rumah, seperti atap, dinding, dan sebagainya.

7. Besi Siku

Untuk pembuatan bangunan bertingkat, anda sudah pasti memerlukan jenis besi ini. seperti namanya, besi siku memiliki bentuk segitiga siku-siku dengan salah satu sisinya terbuka. Bentuk jenis besi ini memudahkannya untuk digunakan sebagai rangka dasar konstruksi rumah, seperti tangga, pintu, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis besi pilihan yang cocok digunakan untuk renovasi rumah anda. Selalu pertimbangkan hal-hal terkecil sekalipun dalam membangun rumah impian anda. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu