Intip Model Mata Bor yang Cocok Untuk Kerajinan Kayu

intip-model-mata-bor-yang-cocok-untuk-kerajinan-kayu

Bagi anda yang gemar dengan dunia pertukangan atau kerajinan kayu, pasti sudah tidak asing dengan mata bor.

Ini merupakan salah satu alat penting dalam pertukangan yang memiliki fungsi untuk membuat lubang dan rapi dan presisi. Bor biasanya dapat digunakan pada bahan kayu, plastik maupun logom tergantung jenisnya.

Dalam dunia pertukangan, bor paling sering digunakan pada bahan kayu khususnya untuk proses pembuatan kerajinan. Bor untuk kerajikan kayu juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan fungsi serta kegunaannya.

Baca Juga: Besi Hollow Gypsum untuk Plafon Rumah Anda

Jenis-Jenis Mata Bor Untuk Kerajinan Kayu Berdasarkan Fungsinya

Dalam membuat kerajinan, salah satu perkakas yang kerap digunakan pengrajin adalah bor. Alat ini berfungsi untuk melubangi bahan kayu secara presisi sehingga hasil kerajinan akan lebih menarik. Berdasarkan fungsinya, mata bor memiliki beberapa jenis di antaranya seperti berikut ini:

1. Twist Bit

Twist bit merupakan jenis bor yang paling sering dan umum digunakan untuk melubangi kayu. Bor jenis ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko bahan bangunan. Selain bisa digunakan pada kayu, jenis bor ini juga bisa digunakan untuk bahan metal maupun plastik.

2. Forstner Bit

Jenis bor yang satu ini biasa digunakan untuk membuat lubang pada kayu baik untuk lubang tembus maupun tidak. Secara umum jenis bor yang ini paling sering digunakan untuk mesin bor duduk (Drill Press) karena memilikii getaran yang cukuk kuat sehingga kurang pas jika menggunakan bor tangan atau manual.

3. Wood spade bit

Wood spade bit biasa disebut juga dengan mata bor kipas. Jenis ini memiliki bentuk yang cukup unik dimana bor memiliki bentuk pilih dengan ujung bor runcing. Uniknya lagi bor jenis ini tidak memiliki bagian spiral seperti pada bor jenis lainnya. Bor jenis ini berfungsi untuk membuat lubang besar pada kerajinan kayu.

4. Auger bit

Bor jenis ini bisa dilihat dari ciri-ciri yang sangat panjang dengan jarak antar spiral yang cukup lebar. Selain untuk melubangi kayu, bor jenis ini juga biasa digunakan untuk membersihkan ampas kayu pada lubang yang sudah dibor.

5. Countersink Bit

Countersink bit merupakan jenis bor yang biasa digunakan untuk membuat cekungan pada lubang yang sudah dibor sebelumnya. Tujuannya adalah agar kepada sekrup yang nantinya akan dipasang bisa masuk dan rata dengan permukaan kayu. Mata bor jenis ini biasanya memiliki dua jenis yaitu countersink yang biasa digunakan untuk membuat cekungan saja dan countersink tambahan yang bisa dipasang dibor kayu biasa.

6. Hole saw bit

Jika ingin membuat lubang tembusan pada kayu, pengrajin biasanya menggunakan jenis bor hole saw bit ini. Lubang yang dihasilkan bor jenis ini biasanya cukup besar. Jika pada bor jenis lain yang memangkas habis kayu yang ada di dalam diameter bornya, untuk jenis hole saw bit ini masih akan menyisakan potongan kayu di dalam casingnya.

Jadi selain bisa untuk melubangi, jenis ini jua bisa digunakan untuk membuat lingkaran seperti ban mobil mainan.

Siapa sangka, untuk membuat lubang pada kayu ternyata ada banyak jenis bor yang bisa digunakan. Semua jenis tersebut memiliki fungsi dan manfaat masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengrajin. Tidak heran jika perkakas pengrajin kayu cukup banyak, untuk melubangi kayu saja jenis mata bor yang digunakan sangat banyak dan beragam.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Kegunaan Tali Sling Baja

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai mata bor, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu