Cara Memilih Besi Wiremesh Berkualitas Baik

cara-memilih-besi-wiremesh-berkualitas-baik

Dalam kegiatan konstruksi atau pendirian sebuah banguan, maka pembuatan pondasi akan mempergunakan beberapa jenis besi.

Salah satu jenis besi yang banyak digunakan untuk pondasi tersebut adalah besi wiremesh.

Besi jenis ini dikenal juga dengan sebutan besi anyaman yang sangat sering digunakan untuk memperkuat pondasi sebuah konstruksi bangunan. 

Baca Juga: Intip Model Mata Bor yang Cook Untuk Kerajinan Kayu

Mengenal Besi Wiremesh

Secara kasat mata, tampilan besi anyaman ini memang mirip sekali dengan anyaman pada umumnya. Yakni terdiri dari tulangan besi dengan diameter besi yang kecil kemudian disusun menyerupai anyaman dengan tulangan besi lainnya. Selain terlihat seperti anyaman, tampilan fisiknya juga bisa dikatakan mirip dengan motif pada jaring. 

Besi ini memang sering digunakan untuk memperkuat pondasi sebuah konstruksi baik itu jalan, jembatan, lantai, sampai tiang sebuah bangunan. Selain itu, besi anyam ini juga sering digunakan sebagai pagar pembatas. Dulunya sering digunakan sebagai pagar karena kuat, anti karat, dan juga cenderung hemat dibanding membuat pagar dari material lain. 

Di pasaran, besi wiremesh hadir dalam dua pilihan. Pilihan pertama berbentuk lembaran, sehingga bisa dibeli per lembar dengan ukuran yang sudah ditentukan oleh pabrik yang memproduksinya. Jika butuh ukuran khusus, maka bisa memilih jenis kedua yakni bentuk gulungan. Sehingga bisa membeli dalam ukuran sesuai kebutuhan. 

Bagaimana Cara Memilih yang Kualitasnya Baik?

Supaya bisa mendapatkan besi anyam yang berkualitas, maka tidak bisa asal pilih apalagi fungsinya adalah untuk memperkuat pondasi bangunan. Simak beberapa tips berikut agar tidak salah pilih: 

1. Pilih yang Bersih dari Karat 

Tips pertama dalam memilih besi wiremesh adalah mencari yang bersih dari karat. Sebab jika mengandung atau mengalami karat maka material yang digunakan kurang bagus, karena memang tidak anti karat. Selain itu, adanya karat yang terbentuk di dalam besi tersebut tentu mengurangi kekuatannya. Sehingga kurang mendukung untuk memperkuat pondasi dari sebuah konstruksi.

2. Motif Anyamannya Rapi dan Teratur 

Supaya tidak lagi keliru dalam membeli besi anyaman, maka penting untuk memperhatikan motif anyamannya sendiri. Utamakan yang rapi dan teratur, dengan ukuran kotakan yang cenderung sama satu dengan yang lainnya. Mengapa? 

Sebab letak kekuatan dari besi anyaman adalah pada motif anyaman yang terbentuk. Jika tidak teratur maka daya kekuatannya tidak maksimal, berbeda dengan motif yang cenderung lebih rapi dan teratur. Maka kekuatannya akan sangat maksimal dan memuaskan. 

3. Warnanya Mengkilap dan Bersih 

Besi berkualitas dari toko bahan bangunan adalah yang bersih dan tampak mengkilap. Oleh sebab itu pada saat memilih besi wiremesh dengan kualitas terbaik, utamakan yang tampilan fisiknya bersih sekaligus mengkilap.

Jika ada noda maka dikhawatirkan noda ini memicu karat dan kerusakan lainnya sehingga, kekuatan dari besi ini akan berkurang, dan tentu kurang ideal untuk dijadikan material ponds konstruksi. 

4. Sambungan Las pada Tulangan Besi 

Pada saat memilih besi jenis ini, usahakan untuk memeriksa motifnya dari dekat, sebab perlu memastikan bahwa tulangan pada permukaan besi dilas dengan baik, supaya kekuatannya maksimal. Jadi, periksa kualitas sambungan atau lasnya. 

Jika dirasa memang tidak rapi dan bahkan ada tulangan yang terlepas. Maka perlu memilih besi anyaman lain, karena kekuatan dari besi tersebut telah berkurang. Jika dipaksa untuk digunakan atau dibeli, maka dikhawatirkan selama proses konstruksi berlangsung. Tulangan pada besi ini akan lepas sehingga mengganggu proses konstruksi itu sendiri. 

Memilih besi wiremesh memang tidak bisa asal-asalan, apalagi untuk konstruksi suatu bangunan. Misalnya untuk pembuatan tiang sebuah gedung kantor, maka perlu dipastikan tiang ini kuat. Anda pun perlu memilih dengan cermat agar terhindar dari kejadian tidak diinginkan di masa mendatang. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai besi wiremesh, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu