Mengenal Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Dalam dunia pertukangan dan konstruksi bangunan, di ruang lingkup ini sangat dekat dengan penggunaan sejumlah mata bor.

Mata Bor akan membantu kegiatan konstruksi maupun dalam pembuatan perabot atau furniture. Baik yang menggunakan material kayu, besi, maupun material jenis lainnya.

Lalu sebanarnya apa itu mata bor? Apa saja jenis yang biasa digunakan untuk memudahkan pekerjaan para tukang? Yuk kita cari tahu melalui ulasan dibawah ini.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja Kegunaan Tali Sling Baja

Pengertian Mata Bor

Mata bor adalah komponen di dalam alat bor yang digunakan untuk membuat lubang yang presisi. Pemilihan jenis yang tepat akan menghasilkan bentuk lubang yang sesuai dengan harapan, sekaligus dapat bekerja maksimal di material yang digarap. Jenis dari bagian alat bor ini sendiri cukup beragam. 

Setiap tukang bangunan maupun pengrajin kayu dijamin hafal dengan semua jenis dari komponen tersebut sehingga, bisa memilih jenis yang tepat sesuai dengan karakter material yang sedang dikerjakan agar bisa diproses dengan cepat dan tepat. Lalu, apa saja jenis dari komponen tersebut? 

Beragam Jenis dan Fungsinya

Tanpa mata bor, maka alat bor tidak akan berfungsi dengan baik karena praktis tidak akan bisa membentuk lubang pada sebuah material. Berhubung jenis material yang digarap ada banyak maka jenis dari komponen alat bor ini sendiri juga cukup banyak.

Namun jika masih pemula dan merasa kesulitan untuk menghafal satu per satu, maka bisa dimulai dengan mengenal komponen yang paling sering digunakan. Berikut detail informasinya: 

1. Twist Bits 

Jenis komponen ujung pada alat bor yang pertama adalah twist bits, jenis ini memiliki tampilan seperti ulir atau spiral di bagian tengah sampai ujung bagian atas. Bagian pucuk atau puncaknya sedikit mengerucut dan merupakan jenis yang paling sering digunakan. 

Sehingga jenis ini adalah jenis yang paling mudah untuk ditemukan di nyaris semua toko material. Penggunaan atau fungsinya sendiri untuk melubangi material plastik, kayu, logam, dan juga PCB yang bisa ditemukan di dalam komponen penyusun elektronik. 

2. Auger Bits 

Jenis kedua dari mata bor adalah auger bits yang juga memiliki ulir atau spiral di bagian bodinya namun dengan jarak lebih lebar. Perbedaan berikutnya dengan twist bits adalah di bagian pucuk bor tersebut yang berbentuk kerucut panjang.

Pada bagian yang terdapat spiral juga memiliki diameter lebih lebar dibanding bagian lain. Fungsinya sendiri untuk membersihkan ampas kayu pada lubang material yang sudah dibor sebelumnya.  

3. Metal Standar 

Jenis berikutnya adalah metal standar yang juga memiliki motif spiral dari tengah sampai ujung bagian atas. Namun ukuran atau diameter batang bor dari ujung sampai ke ujung satunya adalah sama sehingga, mirip dengan bentuk silinder yang kemudian diberi spiral di salah satu ujungnya. 

Jenis ini di pasaran terbuat dari dua jenis bahan, pertama dari HSS (High Speed Steel) dan yang kedua adalah HSS Co (Cobalt). Fungsi dari ujung borini sendiri adalah untuk melubangi material akrilik, aluminium, plat besi, dan juga plastik. 

4. Hinge Boring Bits 

Hinge boring bits juga termasuk ujung alat bor yang banyak digunakan, sebab digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang cukup besar. Fungsinya sendiri adalah untuk melubangi beberapa material yang karakteristiknya lunak seperti, plastik, akrilik, dan juga material kayu. 

5. Flat Bits 

Ujung bor berikutnya adalah flat bits yang sesuai namanya memiliki bagian ujung yang berbentuk pipih. Pada bagian pucuk bornya terdapat bentuk kerucut yang runcing dan panjang. Fungsinya adalah untuk membuat lubang pada material lunak seperti kayu secara manual, yakni memakai putaran tangan. 

Melalui penjelasan di atas tentu bisa diketahui bahwa mata bor memiliki jenis yang beragam. Selain dari yang disebutkan di atas, memang masih banyak lagi jenis lainnya yang bisa ditemui di pasaran dan memiliki fungsi yang berlainan sehingga, saat dibutuhkan perlu memilih yang benar-benar sesuai. 

Baca Juga: Intip Model Mata Bor yang Cocok Untuk Kerajinan Kayu

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai mata bor, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu