Daftar Ukuran Wiremesh Per Lembar yang Perlu Anda Ketahui

ketahui-apa-itu-besi-wiremesh-dan-tips-pemilihannya-kps-steel-ukuran-wiremesh-per-lembar

Ketika ingin membangun sebuah rumah, harus memahami ukuran wiremesh per lembar, sehingga bisa mengukur kebutuhan wiremeshnya. Wiremesh sendiri sering digunakan sebagai salah satu bahan konstruksi, terutama membangun dak rumah atau gedung.

Ada dua jenis dilihat dari besi penyusunnya, yaitu jenis besi ulir maupun jenis besi halus. Jenis ulir biasanya digunakan sebagai pengecoran untuk memperkuat beton atau dak yang ada di bangunannya.

Begitu juga yang polos, biasanya digunakan sebagai pembuatan turap. Karena begitu pentingnya kedudukan bahan satu ini, Anda harus jeli dalam melihat dan menentukan ukurannya.

Biasanya banyak orang tidak jeli atau teliti melihat ukurannya, sehingga berdampak pada anggaran berlebihan atau kurangnya bahan.

Varian Ukuran Wiremesh Per Lembar

Sebelum membeli wiremeshnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ukuran – ukurannya. Terdapat tiga jenis ukuran yang biasanya digunakan sebagai acuan.

Pertama adalah ketebalan atau diameter besinya, kedua adalah panjang, dan ketiga yaitu lebarnya. Secara ketebalan, cenderung bervariasi, mulai dari paling tipis yaitu diameter sekitar 4 mm paling tebal adalah ketebalan 12 mm.

Apabila ingin membeli dalam bentuk roll, biasanya tersedia lebih sedikit varian ketebalannya, yaitu 5 mm hingga 8 mm saja, sedangkan untuk panjang dan lebarnya untuk versi lembaran cenderung universal atau sama semuanya.

Ukuran umumnya adalah 2,1 m x 5,4 m. Baik menggunakan besi ulir maupun juga besi polos, ukuran per lembarnya cenderung sama. Apabila ingin membeli wiremesh, tidak hanya ukuran yang menjadi pertimbangan Anda, tetapi juga pertimbangkan juga jenisnya.

Jenisnya biasanya dibentukkan dalam kode, M4, M5, M6, hingga paling tinggi M12. Pastikan memilih yang paling tepat secara ukuran, agar tidak kerepotan ketika menjalankan konstruksinya.

Pilih juga jenis paling pas, contoh untuk rumah biasa, cenderung menggunakan M10 sebanyak 4 lembar dan masih banyak lainnya. Menentukan banyaknya lembaran yang diperlukan cukup mudah, yaitu dengan cara mengalikan panjang x lebar area dibagi dengan 10 (taksiran luas wiremeshnya).

Contoh ingin membangun dak ukuran 10 x 5 m, maka kebutuhan wiremeshnya sebesar 5 buah saja.

Baca Juga: Mengganti Besi Tulangan dengan Wiremesh

Tips Memilih Wiremesh Lembaran

Selain ukuran wiremesh per lembar, coba pertimbangkan beberapa tips berikut ketika ingin membelinya. Pertama adalah perhatikan jenis baja penyusunnya, usahakan tidak memilih yang berkarat, karena bisa mengurangi efektivitas dan efisiensinya dalam menopang beban.

Kedua pertimbangkan juga cara pengelasannya, pastikan produknya menggunakan pengelasan otomatis bukan manual. Cirinya sederhana, yaitu hasil lasnya terlihat lebih rapi serta jarak antar lubang lasnya juga terlihat stabil.

Apabila ada penjual curang dengan mengedarkan las manual biasanya terlihat hasil lasnya tidak rapi serta jarak antar lubangnya tidak konsisten. Sehingga harus jeli melihat produk – produknya, dengan demikian bisa terhindar dari penipuan.

Tips ketiga adalah memastikan ukurannya tepat, seperti yang telah dibahas sebelumnya, ketepatan yaitu melingkupi besar diameter, ukuran panjang, lebar, dan jumlah kebutuhannya. Jumlah kebutuhannya juga harus mempertimbangkan hendak menggunakan berapa lapis.

Tips keempat adalah membeli dari agen atau distributor terpercaya, seperti KPS Steel. Kami memiliki beragam jenis besi dan baja, tidak hanya wiremesh, tetapi beragam besi lainnya seperti Wide Flange, Hot Rolled, Besi siku, dan masih banyak jenis produk lainnya.

Keunggulan membeli produk melalui KPS Steel adalah bahan – bahannya berkualitas tinggi dan sudah banyak dibuktikan oleh berbagai klien dan langganan. Untuk itu apabila Anda membutuhkan bahan bangunan berupa besi dan baja, gunakan jasa kami.

Baca Juga: Aplikasi Dekoratif dari Material Wiremesh

Perencanaan matang diperlukan ketika ingin membangun sebuah konstruksi, baik untuk rumah, kantor, atau toko. Salah satunya adalah menghitung ukuran wiremesh per lembar, sehingga bisa kelihatan berapa kebutuhan dan anggaran yang dibutuhkan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai wiremesh di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu