Mempelajari Cara Menentukan Schedule Pipa

Schedule Pipa dapat berpengaruh terhadap daya tahan dan kinerja pada aliran pipa.

Pernahkah Anda mengamati saluran pipa yang ada di rumah? Saluran pipa tersebut umumnya digunakan sebagai instalasi air yang mengalirkan air sesuai dengan kebutuhan di beberapa titik di rumah Anda. Tentunya hal ini juga merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan dalam membangun rumah, salah satu cara menentukannya adalah dengan Schedule Pipa.

Baca juga: 5 Tips Mengidentifikasi Pipa Schedule yang Jarang Diketahui.

Untuk memilih pipa yang paling tepat, salah satu poin yang perlu dipertimbangkan adalah schedule pipa, atau disebut juga dengan ketebalan pipa. Bagaimana cara menentukan ketebalan sebuah pipa? Simak ulasan berikut untuk mengetahui keterangannya dengan lengkap, ya!

Sekilas Mengenai Schedule Pipa

Parameter ketebalan pipa (wall thickness) memiliki beberapa elemen yang dijadikan sebagai patokan perhitungan dasar. Salah satunya adalah schedule pipa dengan diameter pipa yang bagian dalam, karena elemen ini akan sangat menentukan kekuatan pipa ketika menghadapi tekanan dari bagian dalam pipa. Standar yang digunakan untuk mengukur ketebalan pipa adalah standard American National Standar Institute (ANSI).

Penghitungan ketebalan pipa ini menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi kinerja pipa tersebut setelah dipasang. Pertimbangan yang digunakan biasanya meliputi kekuatan pipa untuk menghadapi tekanan internal yang bersumber dari aliran di dalam pipa itu sendiri, atau juga kekuatan pipa ketika menghadapi faktor eksternal dari luar pipa selama proses pengoperasian pipa saluran tersebut.

Selain digunakan sebagai instalasi air, pipa juga digunakan untuk mengalirkan gas dan zat fluida lainnya. Tentu saja, faktor kondisi bangunan serta dimensinya dimensinya dapat dianggap sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja pipa tersebut.

Cara Menentukan Schedule Pipa

Terdapat standard tersendiri yang digunakan untuk mengukur ketebalan pipa, yaitu standard ASME B 36.10 (Welded and Seamless Wrought Steel Pipe) dan ASME B 36.19 9 Stainless Steel Pipe). Adapun cara yang dapat digunakan untuk mengetahui ketebalan pipa adalah sebagai berikut. 

  1. Mengecek Taq yang Dicetak di Badan Pipa

Biasanya ukuran pipa sudah tercetak di badan pipa itu sendiri. Sehingga kita tinggal memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ini adalah cara untuk mengetahui ketebalan pipa dengan cara yang paling mudah.

  1. Menggunakan Rumus Perhitungan Ketebalan Pipa

Rumus yang biasanya digunakan untuk menghitung ketebalan pipa adalah sebagai berikut.

Sch = (P/S) x 1000

Sch adalah satuan hasil dari ketebalan pipa (schedule) sedangkan P merujuk pada tekanan kerja internal yang terdapat pada pipa, atau yang disebut juga dengan psig. Sementara S adalah tegangan yang diijinkan atau dapat ditoleransi pada pipa tersebut, yang disebut juga dengan psi. 

Contohnya adalah jika sebuah pipa mendapatkan tekanan sebesar 360 psig. Sementara tegangan yang dapat ditoleransi atau yang diijinkan sebesar 10.000 psi. Jika menggunakan rumus hitungan di atas, makaakan didapatkan angka 36. Ukuran pipa yang tersedia dan mendekati ukuran ketebalan pipa yang diinginkan tersebut adalah ukuran 40.

  1. Ketahui Jenis Klasifikasi Pipa

Tidak hanya dinyatakan dengan angka, jenis klasifikasi yang biasa digunakan untuk menyatakan ketebalan dinding pipa dapat dinyatakan secara kualitatif. Yang pertama adalah Standard atau STD. Yang kedua adalah Extra Strong yang dinyatakan dengan symbol XS, dan yang paling kuat adalah Double Extra Strong yang dinyatakan dengan symbol XXS.

  1. Mengecek Tabel Ketebalan Pipa

Tabel ini biasanya digunakan sebagai patokan dasar dan harus dipelajari, bahkan harus dihafalkan sebagai ilmu dasar yang mempelajari tentang perpipaan secara utuh.
Demikianlah ulasan mengenai cara menentukan schedule pipa beserta ulasan yang sesuai dengan pengetahuan seputar pengukuran ketebalan pipa. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat menghubungi ahli bangunan yang mengetahui tentang seluk beluk pipa supaya tidak sampai salah untuk menentukan pipa yang akan Anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mari Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pipa Schedule.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Schedule Pipa, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu