5 Tips Mengidentifikasi Pipa Schedule yang Jarang Diketahui

Tidak banyak orang tahu cara mengidentifikasi pipa schedule. Berikut adalah tips-tips untuk membantu mengidentifikasi pipa schedule dan menghindari kesalahan.

Ternyata, selama ini tips mengidentifikasi pipa schedule banyak dicari-cari. Pasalnya, tidak semua orang terutama pekerja konstruksi tahu mengenai hal tersebut. Upaya ini sangat penting guna memudahkan pekerjaan dan menghindari berbagai kesalahan.

Baca Juga: Takut Salah Pilih? Simak Panduan Pemilihan Ukuran Besi Siku

Apa Itu Pipa Schedule?

Sebelum beralih ke tips mengindentifikasi, sebaiknya ketahui dulu pengertiannya. Pipa jenis schedule merupakan batang panjang berpenampang bulat yang bagian tengahnya lubang, disebut dengan pipa. Sedangkan, istilah schedule atau biasa disingkat dengan sch merupakan patokan untuk menyebut ketebalan pipa. Tentu saja ketebalan tersebut berdasarkan standart ketentuan ANSI.

ANSI sendiri adalah kependekan dari American National Standards Institute. Pipa ini digunakan untuk kepentingan konstruksi maupun industri lain. Selain itu, pipa tersebut juga memiliki tiga jenis diantaranya standard (STD), extra strong (XS), dan double extra strong (XXS)

Inilah 5 Tips Mengindentifikasi Pipa Jenis Schedule

Setelah mengetahui pengertian pipa schedule, selanjutnya yang harus dipahami adalah tips mengidentifikasinya. Sebagaimana diketahui, ternyata masih banyak pekerja konstruksi atau industri lain kurang memahami perihal pengidentifikasiannya. Untuk itu, simak ulasan berikut ini:

1. Siapkan catatan kecil berbentuk tabel

Tips pertama perihal mengidentifikasi pipa jenis schedule adalah pentingnya menyiapkan catatan kecil berbentuk tabel. Baik pekerja konstruksi maupun industri pemula ataupun senior, jarang sekali menerapkan tips ini. Sehingga cenderung terjadi kesalahan pada saat pengukuran.

Catatan kecil ini berbentuk tabel yang di dalamnya berisi ketentuan hasil dari masing-masing schedule. Umumnya bermula dari schedule 30 sampai dengan schedule 160. Meski terlihat sepele, akan tetapi jika terjadi kesalahan maka akibatnya bisa fatal.

2. Tambahkan 3 inch hasil pengukuran

Apabila sudah mengukur menggunakan patokan catatan tabel, tips selanjutnya adalah menambahkan 3 inch pengukuran. Untuk mengukurnya yakni harus sesuai dengan actual inside diameter (ID actual) Tips kedua pengidentifikasian pipa schedule, memang harus dilakukan dengan teliti.

Untuk bisa melakukan tips ini dengan benar, maka pekerja konstruksi maupun industri lain harus memahami langkah-langkahnya lebih dahulu. Apabilas masih belum terlalu mahir, sebaiknya minta penjelasan terlebih dahulu kepada rekan yang lebih paham.

3. Bagi dengan ketebalan dinding

Setelah hasil pengukuran dari penambahan 3 inch ditemukan hasilnya, tips selanjutnya adalah membagi dengan ketebalan dinding. Upaya ini dilakukan agar pipa yang hendak dipasang nantinya bisa sesuai peletakannya dan tidak merusakan bagian dinding lain.

Apalagi mengingat setiap material pipa memiliki banyak ukuran sekalipun jenisnya sama. Oleh karena itu, seorang pekerja konstruksi harus benar-benar memahami rumus perhitungan pipa demi menghidari kesalahan di lapangan kerja.

4. Hitung hasil akhir outsidenya

Tips mengidentifikasi pipa yang tidak kalah penting adalah dengan menghitung hasil akhir outsidenya. Untuk lebih mudah memahami, sebagai contohnya seorang pekerja konstruksi sudah mengukur inside diameter pipa, yakni 12.5 inch. Kemudian ketebalan dinding setelah diukur adalah 0.75 inch.

Maka kemudian cara menghitungnya adalah 12.5+3=15.5 inch. Lalu hasil tersebut dibagi dengan tebal dindingnya, yakni 15.5:0,75=20.2 inch. Hasil tersebut kemudian harus dicocokkan dengan catatan tabel untuk mengetahui outside diameter sebagai hasil akhir. Bagaimana, mudah bukan?

5. Jangan menggunakan tips ini untuk pipa di bawah 6 inch

Tips terakhir ialah, jangan sesekali menggunakan tips di atas pada pipa berukuran di bawah 6 inch. Mengapa? karena tentu saja rumusnya sudah berbeda. Apabila diukur menggunakan tips di atas, hasilnya akan rancu dan tidak bisa digunakan.

Setelah membaca ulasan 5 tips mengindentifikasi pipa schedule yang jarang orang tahu di atas, tentu kini tidak bingung lagi, bukan? Untuk lebih jelasnya, sebaiknya lakukan praktik identifikasi secara langsung agar lebih mudah memahaminya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Penggunaan Pipa Schedule pada Beberapa Konstruksi

Jika Anda sedang membutuhkan pipa schedule dan jenis pipa lainnya. KPS Steel selaku distributor menyediakan pipa-pipa berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu