Mari Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pipa Schedule

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia konstruski atau industri lain mungkin nama “pipa schedule” sudah sangat familier.

Namun, tidak sedikit yang belum mengenalnya. Nah, jika Anda termasuk yang belum pernah memanfaatkan atau bahkan belum mengenalnya, lanjutkan membaca artikel ini!

Karakteristik Pipa Schedule

Seperti Anda ketahui, pipa adalah batang panjang berpenampang bulat yang berlubang pada bagian tengahnya. Sementara itu, schedule atau disingkat “Sch” sebenarnya adalah patokan untuk menyebut ketebalan pipa menurut standar ANSI (American National Standards Institute).

Baca Juga: Karakteristik Dan Kegunaan Pipa Hitam Yang Perlu Anda Ketahui!

Ketebalan pipa (wall thickness) dipengaruhi ukuran diameter luar pipa (outside diameter/OD) dan diameter dalam pipa bagian (inside diameter/ID). Schedule memiliki nomor dan bervariasi dalam setiap diameter nominal pipa (Nominal Pipe Size/NPS) dalam satuan inci. Meskipun memiliki schedule sama, misalnya sch 40, pipa 4” berbeda dengan pipa 14”.

Jenis Dan Kegunaan Pipa Schedule

Ada tiga jenis schedule yang dikenal, yaitu standard (STD), extra strong (XS), dan double extra strong (XXS). Pada produk pipa hitam Sch bervariasi dari 10 hingga 160 untuk STD, XS maupun XXS. Pipa sch 40 adalah pipa yang memiliki schedule 40; pipa sch 80 adalah pipa yang memiliki schedule 80; dst.. Perhatikan penomorannya, jika diakhiri huruf S, seperti 40S, berarti pipa tersebut tidak dibuat dari baja melainkan stainless steel.

Ada dua jenis produk pipa schedule yang disediakan oleh Distributor Besi Jakarta KPS Steel, yaitu Pipa Schedule 40 dan Pipa Schedule 80.

1. Pipa Schedule 40

Ada dua jenis pipa schedule 40 (sch 40) yang tersedia pada kami, yaitu Pipa UOE dan pipa tanpa sambungan. Pipa UOE adalah jenis pipa sch yang dibuat dari pelat baja (profil strip) yang dilengkungkan dengan mesin rol pembentuk hingga menjadi sebatang pipa. Selanjutnya dilakukan pengelasan pada bagian pertemuannya.

Sementara, pipa sch 40 tanpa sambungan (seamless pipe) adalah pipa yang tidak memiliki sambungan sama sekali karena dibuat dari silinder baja pejal yang dilubangi bagian tengahnya. Pelubangan dilakukan ketika baja dalam kondisi hampir meleleh.

2. Pipa Schedule 80

Sebagaimana pipa sch 40, pipa sch 80 juga dibentuk tanpa membuat sambungan sama sekali (seamless pipe). Proses pembentukannya sama dengan pipa sch 40.

Secara spesifik, pipa schedule digunakan untuk proyek-proyek konstruksi dan berbagai industri lain sebagaimana halnya produk pipa hitam. Diaplikasikan sebagai tiang, rangka, dan juga untuk mengalirkan berbagai jenis fluida, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Besi Kanal Untuk Kebutuhan Konstruksi

Tertarik melihat produk pipa schedule kami untuk nantinya digunakan dalam proyek bangunan Anda? KPS Steel Jakarta menjual pipa schedule berkualitas yang dapat membantu Anda. Silakan menghubungi kami untuk mencari tahu lebih detail mengenai harga pipa schedule kami. Anda dapat mengandalkan kami sebagai rekanan terbaik.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa schedule di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu