Tips Membuat Rak Buku Minimalis Menggunakan Pipa Besi ala Industrial

tips-membuat-rak-buku-minimalis-menggunakan-pipa-besi-ala-industrial

Tidak hanya desain, strategi tata letak pipa besi pada kerangka rak buku juga sangat diperlukan dalam membuat rak buku minimalis.

Rak buku merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan untuk menyimpan berbagai macam jenis buku, bahkan dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan pelengkap desain ruangan seperti vas bunga dan bingkai foto.

Rak buku dari pipa besimenjadi salah satu ide yang dapat digunakan untuk melengkapi ruang kosong di dalam rumah Anda. Tidak hanya untuk menyimpan berbagai macam buku maupun benda lainnya, tetapi rak tersebut juga dapat berfungsi sebagai pelengkap desain interior rumah Anda.

Lalu, apakah tips dalam pembuatan rak buku ala industrial tersebut? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Kreasi Perabot Dari Pipa Besi Untuk Dekorasi Rumah

Tips Membuat Rak Buku Pipa Besi

Beberapa tips dalam membuat rak buku, diantaranya :

1. Desain Rak Buku

Dalam pembuatannya, Anda sebagai pendesain atau pembeli bebas dalam memilih desain rak buku yang Anda inginkan. Apabila Anda menginginkan tema industrial yang akan diaplikasikan pada rak buku tersebut Anda dapat memberikan kerangka desainnya pada pembuat rak buku.

Akan tetapi, Anda juga dapat meminta pembuat rak buku untuk mendesainkan pemodelan rak buku seperti yang Anda inginkan. Hal itu dapat meliputi tinggi dan lebar dari rak buku, susunan dari rak buku tersebut, bahkan Anda pun juga dapat mengatur pewarnaan pada rak buku yang Anda inginkan.

Pilihlah desain yang menurut Anda sangat cocok dengan diri Anda atau mampu memberikan kesan unik dan cantik ketika benda tersebut berada di dalam kamar maupun ruangan di dalam rumah Anda. Tidak hanya desain, strategi tata letak pipa besi pada kerangka rak buku juga sangat diperlukan.

Hal tersebut berhubungan dengan kekuatan atau kekokohan yang nantinya akan dimiliki oleh rak buku itu. Oleh karena itu, diperlukan pipa penghubung antara 2 pipa pada kerangka rak besi di bagian tengah supaya benda tersebut memiliki tingkat kekuatan dan kekokohan yang tinggi.

2. Pemilihan Papan Kayu Sebagai Alas

Setelah itu, pilihlah alas untuk rak buku tersebut yang berupa papan kayu. Pemasangan papan kayu juga dilakukan sebaik mungkin untuk menghindari adanya kerusakan dini atau kerobohan pada rak buku yang dihasilkan.

Pemasangan papan kayu dapat disertai dengan pemasangan sekrup pada sisi pojok papan kayu di bagian kerangka rak buku. Dengan begitu, papan kayu tidak akan mudah goyang maupun roboh ketika terdapat benda yang diletakkan diatas papan tersebut.

3. Penggunaan Alat Pengaman Tubuh

Apabila Anda melakukan pembuatan rak buku secara individu maka hal utama yang perlu dilakukan adalah menggunakan alat pelindung diri. Hal ini dikarenakan alat-alat yang nantinya akan digunakan adalah alat tajam dan berbahaya.

Anda perlu menggunakan kaca mata, masker, dan sarung tangan sebagai alat pelindung diri. Tidak lupa juga dengan pelindung diri bagian kaki yakni dengan menggunakan sepatu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu tips dalam pembuatan rak pipa besidalam hal keselamatan diri.

4. Penggunaan Alat Kerja yang Sesuai

Tidak hanya alat pelindung diri, peralatan yang digunakan dalam membuat rak buku pun juga menjadi bagian yang penting. Gunakan alat-alat yang memang masih dalam keadaan sehat. Hal itu berarti alat tersebut masih dapat digunakan dengan baik dengan sistem kerja yang baik pula.

Hal ini dilakukan untuk membantu pekerjaan yang dilakukan cepat selesai dan menghindari adanya kecelakaan saat pekerjaan berlangsung.

Uraian tersebut merupakan tips dalam membuat rak buku dari pipa besi. Mulai dari sistem pendesainan, pemilihan bahan papan kayu, hingga alat-alat yang digunakan untuk melakukan pembuatan rak buku dan alat pelindung diri.

Masih terdapat tips lainnya dalam pembuatan rak ala industrial yang Anda inginkan sesuaikan hal tersebut dengan seluruh kebutuhan yang Anda miliki. Selamat mencoba dan bersenang-senang.

Baca Juga: Lebih Detail Mengetahui Jenis-Jenis Pipa Besi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu