Lebih Detail Mengetahui Jenis-Jenis Pipa Besi

lebih detail mengetahui jenis pipa besi

Zaman yang dirasa semakin maju dan berkembang mendorong segala aspek untuk mengikuti itu semua.

Salah satunya ada di bidang pembangunan. Untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan tahan lama, maka diperlukan bahan baku bangunan yang berkualitas. Disamping itu, proses perawatan yang intens juga akan mendukung. Berbicara mengenai bahan bangunan, ada banyak jenis bahan bangunan yang umum digunakan. Salah satunya adalah pipa besi. Jenis pipa besi harus Anda ketahui karena memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda.

Baca Juga: Manfaat Besi Untuk Bangunan dan Konstruksi

Pipa besi biasanya bersifat multifungsi, yakni bisa digunakan untuk area luar bangunan seperti mengalirkan air, ataupun untuk bahan utama kerangka rumah, seperti penyangga plafon, teralis, dan lain sebagainya. Yuk simak artikel kami tentang jenis pipa dari besi.

Lima Jenis-Jenis Pipa Besi

Ada banyak jenis pipa besi yang digunakan untuk bahan baku suatu bangunan. Tentunya, tiap jenis akan punya bentuk berbeda dan memiliki kegunaan yang berbeda pula. Hal ini sangat perlu diketahui jika Anda ingin menggunakan pipa besi sebagai bahan baku konstruksi bangunan Anda. Berikut beberapa jenis-jenis pipa besi yang sering digunakan.

1. Pipa Galvanis/Galvanum

Pipa jenis galvanis atau galvanum merupakan jenis pipa terobosan baru di dunia konstruksi bangunan, di mana terbuat dari baja ringan serta dilapisi seng pada bagian luar dan dalamnya. Tujuannya agar lebih tahan terhadap korosi, karena jenis pipa ini lebih banyak digunakan pada area bangunan yang umum, seperti pegangan tangga, saluran air, pagar, atau aksesoris luar ruangan. Bentuknya bervariasi, seperti bulat dan kotak, serta bisa disesuaikan dengan banyaknya permintaan pasar.

2. Pipa Hollow

Pipa jenis hollow terkadang biasa disebut dengan pipa kotak besi, karena bentuk dominan pipa jenis ini adalah kotak. Dalam pembuatannya, jenis pipa ini banyak menggabungkan berbagai bahan utama, seperti plat besi, galvanum, serta gypsum.

Pipa ini tidak terlalu tahan pada tekanan, sehingga tidak direkomendasikan untuk menjadi bahan konstruksi bangunan yang berat. Namun, jenis pipa ini banyak digunakan dalam pembuatan pagar, kanopi dan plafon sebagai bahan pengganti kayu karena ketahanannya terhadap kerusakan.

3. Pipa Seamless

Jenis pipa besi ini yang paling sering ditemukan. Biasanya, pipa ini disebut dengan pipa hitam bulat karena dominansi warnanya yang berbeda dengan jenis pipa lainnya. Pipa ini terkadang disamakan dengan pipa welded, namun keduanya jelas memiliki perbedaan yang signifikan, yakni dari proses pembuatannya.

Proses pembuatan pipa seamless ini, yakni dengan memanaskan besi dan mendorong bagian dalam besi, sehingga membentuk pipa. Jenis pipa ini dipasarkan dalam ketebalan yang beragam. Hal ini dikarenakan ketebalan pipa seamless akan menentukan kualitas dari pipa jenis ini dalam menahan tekanan.

4. Pipa Oval

Sesuai namanya, pipa ini berbentuk oval, yang mana kebanyakan jenis pipa lain berbentuk bulat dan kotak. Dikarenakan tampilannya yang menarik, jenis pipa ini banyak digunakan sebagai kelengkapan industri otomotif seperti knalpot, ataupun pelengkap funiture ruangan seperti kursi dan meja, yang menambah kesan estetis pada bangunan Anda.

Terbuat dari material besi atau stainless yang nantinya dilapisi dengan chrome, membuat kesan kilap pada pipa ini. Selain itu juga, pipa jenis ini sangat tahan terhadap korosi.

5. Pipa Welded

Karena warnanya yang hitam, terkadang jenis pipa welded sering disamakan dengan pipa seamless. Bedanya adalah pipa jenis ini memiliki sambungan pada badan pipanya. Hal ini dikarenakan pada tahap pembuatan, pipa welded terbentuk dari plat besi yang disambungkan secara vertikal menggunakan alat las. Dalam proses pemasarannya, pipa jenis ini tersedia dengan beragam ukuran.

Baca Juga: Kekuatannya Tinggi, Ketahui Kegunaan Besi Wide Flange

Itulah beberapa jenis pipa besi yang umum digunakan untuk bahan bangunan Anda. Hal terpenting adalah kenali jenis pipa besi beserta kegunaannya sesuai dengan konstruksi bangunan yang akan Anda buat. Pastikan juga agar memilih jenis pipa besi yang berkualitas agar didapatkan hasil yang maksimal. Jangan sampai kualitas pipa besi yang digunakan tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga kurang bagus digunakan. Untuk menemukan pipa besi terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan pipa besi sesuai SNI berkualitas. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :
Menu