Mengenal 9 Jenis Pipa Air yang Paling Umum Digunakan

jenis pipa air KPS Steel distributor besi jakarta

Ada beberapa jenis pipa air yang secara fungsi dan kegunaannya berbeda. Seperti kita tahu, pipa termasuk dalam sistem saluran air yang perlu dirancang dengan baik untuk mengalirkan air bersih maupun membuang limbah.

Dalam pemasangan pipa tentu tidak boleh sembarangan karena berkaitan dengan pasokan air bersih maupun pembuangan air kotor. Jika salah dalam instalasinya, maka bisa menyebabkan masalah serius seperti pencemaran.

Maka dari itu, dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka dapat memilih pipa yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut kami berikan informasi jenis pipa air lengkap beserta penggunaannya.

Mengenal Jenis Pipa Air beserta Fungsi dan Kegunaannya

Dalam melakukan instalasi saluran pipa air perlu memastikan ketepatan agar ketersediaan air bersih dapat terpenuhi. Oleh karena itu, kenali jenis-jenis pipa air yang umum digunakan berikut ini lengkap beserta penjelasannya:

1. Pipa Air PVC

Jenis pipa air ini digunakan untuk mengalirkan air bersih, drainase, air hujan maupun air bekas yang materialnya terbuat dari Poly Vinyl Chloride. Pilihan warnanya sebenarnya beragam, tapi mayoritas orang akan memilih putih.

Bahan Poly Vinyl Chloride memang lazim digunakan serta tidak mengandung zat berbahaya sehingga aman apabila digunakan untuk mengalirkan air bersih. Kelebihan dari pipa ini yakni mudah dalam proses instalasinya, kuat, harga terjangkau serta gampang dipotong.

2. CPVC

Sementara untuk jenis ini terbuat dari material Chlorinated Polyvinyl Chloride yang punya keunggulan lebih tahan panas. Karakteristiknya tebal dengan tingkat ketahanan yang baik meskipun terjadi perubahan suhu tinggi.

Pipa ini bisa menahan sungguh hingga lebih dari 1800 derajat Celsius sehingga dapat digunakan pada instalasi air panas maupun dingin. Biasanya berwarna orange dan digunakan untuk instalasi aliran air di kamar mandi.

3. Pipa Air Tembaga

Sesuai dengan namanya, jenis pipa air ini terbuat dari material tembaga sehingga harganya relatif lebih mahal dibandingkan jenis lain. Namun sebanding dengan keunggulannya yakni anti karat, tahan lama serta anti bakteri.

Biasanya digunakan untuk membuat saluran air pada AC dan kulkas. Jenisnya ada bermacam-macam, yakni spiral, gulungan dan memanjang. Selain itu dari segi pemasangannya juga mudah dan cukup efisien.

Apabila akan digunakan untuk membuat saluran yang dipasang di bawah tanah maka perlu menggunakan pengaman tertentu untuk menghindari pengaruh keasaman tanah.

4. PEX

Terbuat dari material Cross-linked Poyle Ethylene, pipa PEX biasanya juga digunakan sebagai instalasi air panas dan dingin di rumah karena ketahanannya terhadap suhu ekstrim cukup tinggi.

Biasanya mempunyai warna berbeda untuk saluran air panas dan dingin. Pemasangannya mudah dan sederhana, Anda bisa menggunakan cincin khusus untuk mengamankan bagian sambungan. Harganya lumayan terjangkau sehingga banyak yang memilih menggunakan jenis pipa air ini.

Baca Juga: Fakta Seputar Pipa Galvanis yang Perlu Diketahui

5. Galvanis

Dibuat dari besi seng dengan lapisan baja sehingga membutuhkan teknik tinggi ketika proses instalasinya. Terutama pada proses pemotongan yang harus akurat dan teliti.

Pipa ini biasanya digunakan di dalam maupun di luar tanah. Namun meskipun punya ketahanan yang tinggi tampak rumah pemasangan pipa ini sebaiknya tetap menggunakan pengaman.

6. HDPE

Jenis pipa air selanjutnya yaitu HDPE (High Density Polyethylene) dengan densitas tinggi serta terbuat dari bahan termoplastik yang tidak berbahaya. Kelebihannya adalah tidak berkarat, tidak cepat rusak, kuat dan lentur (mudah pemotongannya).

Kelebihan tersebut membuat pipa ini biasanya digunakan pada saluran air bersih, apalagi dengan elastisitas tinggi. Cocok dan aman juga untuk menyalurkan air konsumsi di rumah tangga.

Ketahanannya cukup bagus karena bisa bertahan hingga 50 tahun. Bahkan cukup aman meskipun dipasang pada area tanah yang curam, tidak stabil serta rawan bencana.

7. PP-R

Pipa PP-R terbuat dari polypropylene random yakni plastik minyak bumi dengan karakteristik unik. Biasanya berwarna hijau dengan ketahanan terhadap suhu rendah maupun tinggi sangat baik.

Biasanya pipa ini digunakan untuk mengalirkan air panas maupun dingin di kamar mandi. Keunggulannya yakni tidak mudah terkontaminasi bahan kimia, bebas bocor serta anti karat. Sehingga juga aman untuk instalasi air konsumsi maupun irigasi.

8. Pipa AW

Ini merupakan jenis pipa air yang masih satu tipe dengan PVC, biasanya ditandai dengan warna biru. Fungsinya untuk membuat instalasi pada air bertekanan hingga 10 kg per cm persegi. Pemberian tekanan tinggi tersebut bertujuan agar terdistribusi ke seluruh unit plumbing dalam suatu bangunan.

9. Pipa D

Jenis ini biasanya untuk mengalirkan buangan yang tidak bertekanan seperti pada wastafel, water closet, kitchen sink dan lainnya. Ciri khasnya mempunyai warna merah di sepanjang badan pipa.

Baca Juga: Mari Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pipa Schedule

Di atas telah kami jelaskan beberapa jenis pipa lengkap beserta kegunaannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis pipa. Mulai dari pipa hitam, pipa schedule, hingga pipa galvanis.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu