Fakta Seputar Pipa Galvanis Yang Perlu Anda Ketahui

Pipa galvanis adalah pipa berbentuk tabung panjang yang dilapisi oleh seng dan memiliki diameter yang bervariasi sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Lapisan seng memiliki manfaat untuk membuat pipa galvanis lebih tahan terhadap karat dan lebih tahan lama. Meskipun demikian, pipa berwarna abu-abu silver ini akan berubah warna menjadi lebih terang, lebih gelap, atau lebih kusam saat sudah terlalu lama digunakan dan mengalami korosi dalam proses.

Jika pipa galvanis mulai mengalami kerusakan, Anda perlu segera menggantikan pipa lama dengan pipa yang baru. Memperbaiki pipa galvanis karena lapisan seng pada pipa yang sudah menipis tidak disarankan karena hanya akan membuat kinerja pipa menjadi tidak maksimal.

Karena memiliki sifat yang antikarat, banyak orang pun meminati pipa galvanis ini. Selain itu, ada beberapa fakta lain yang dimiliki oleh pipa ini. Apa sajakah itu? KPS Steel selaku distributor besi Jakarta akan memberikan penjelasan lengkapnya kepada Anda.

Dapat Dijadikan Sebagai Dekorasi

Pipa galvanis dapat Anda jadikan sebagai dekorasi pada rumah-rumah yang memiliki gaya industrial dan vintage. Pipa-pipa tersebut bisa Anda gunakan untuk bingkai foto, handle pintu, kaki meja dan kursi, pagar rumah, serta rak buku.

Baca Juga: Besi Hollow, Efektif Menopang Bangunan Dan Berbobot Ringan

Dapat Meminimalkan Gangguan Pada Penghantar Listrik

Seng sendiri merupakan bahan kandungan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Proses oksidasi leburan besi yang sangat lama, hingga mendekati titik didihnya merupakan salah satu hal yang menyebabkannya demikian rupa. Pipa galvanis dilapisi oleh seng sebanyak 99,7 persen. Karena itulah, pipa galvanis dapat meminimalkan gangguan pada penghantar listrik.

Dapat Bertahan Hingga Setengah Abad

Keunggulan yang pipa galvanis miliki dari pipa besi lainnya adalah fakta bahwa pipa galvanis mampu bertahan hingga mencapai setengah abad. Di daerah pedesaan, pipa galvanis dapat bertahan hingga 50 tahun dan 25 tahun di daerah perkotaan. Masa tahan pipa galvanis di pedesaan jauh lebih lama dibandingkan dengan di perkotaan karena jarang terekspos dengan polusi mengingat tingkat polusi di pedesaan lebih rendah.

Harganya Yang Terjangkau

Jika Anda berharap untuk menggunakan pipa antikarat yang tahan lama dengan harga yang ramah di kantong, maka gunakan pipa galvanis. Bila dibandingkan dengan pipa-pipa besi lainnya, harga pipa galvanis memang lebih terjangkau karena proses pembuatannya yang tidak memerlukan tenaga manual. Pipa ini pun memiliki perawatan yang murah, sehingga secara keseluruhan harga yang dikeluarkan untuk pipa gavalnis tergolong murah. 

Dapat Dijadikan Sebagai Saluran Air

Pipa galvanis sudah sering digunakan sebagai saluran air. Orang menggunakan pipa galvanis terutama untuk pemakaian bawah tanah karena mampu memperkuat daya tahan pipa. Perlu diingat, pipa galvanis cocok digunakan untuk pipa saluran air yang memiliki suhu sedang dan rendah. Aliran air panas dapat merusak lapisan seng, yang pada prosesnya menyumbat pipa dan memberikan kontaminasi pada air.

Baca Juga: Pemanfaatan Besi Beton Pada Konstruksi

Untuk mendapatkan pipa galvanis dengan harga miring dan berkualitas, hubungi KPS Steel, distributor besi Jakarta. Informasi lengkapnya bisa Anda dapatkan di sini!

Bagikan Artikel :
Menu