Cara Memasang Pipa Air, Tips dan Jenis-Jenisnya

cara-memasang-pipa-galvanis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Apakah Anda sudah memahami cara memasang pipa air. Padahal, hal ini sangat penting demi kelancaran sanitasi air. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Sanitasi air menjadi sangat penting untuk setiap rumah. Pembuatannya harus dilakukan dengan benar sehingga memiliki usia yang panjang. Akan sulit memperbaikinya jika terjadi kerusakan di bagian yang sulit dijangkau.

Namun, sebelum sampai pada cara memasang sebuah pipa air maka lebih baik Anda memahami tentang material ini terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda juga memiliki pengetahuan dasar jika terjadi sesuatu.

Baca Juga: Karakteristik dan Kegunaan Pipa Hitam yang Perlu Diketahui

Penggunaan Pipa Galvanis Sebagai Pipa Air

Perlu diketahui bahwa pipa air yang cukup banyak digunakan saat ini adalah jenis galvanis. Mengapa harus menggunakan pipa galvanis? Salah satu alasannya adalah karena tidak mudah berkarat. Pipa yang mudah berkarat akan cenderung mudah bocor. Tidak masalah jika kebocoran terjadi di bagian yang mudah dijangkau. Namun, bagaimana jika ternyata kebocoran tersebut ada di bagian yang sulit dijangkau?

Maka, pemilihan instalasi adalah hal yang sangat penting dan galvanis adalah pilihan terbaik. Sebenarnya, instalasi ini terbuat dari besi yang telah melewati fase galvanisasi. Metode tersebut membuatnya bebas dari karat. Karena memiliki lapisan antikarat, maka masa pakainya juga jauh lebih lama. Namun, dari sisi warna mungkin akan ada perubahan. Semakin lama digunakan maka warna permukaannya akan memudar.

Apa yang DIbutuhkan untuk Memasang Pipa?

Untuk memasangnya, tentu Anda tidak bisa asal-asalan. Oleh sebab itu, mempersiapkan semua alat bantu adalah hal wajib. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus disiapkan untuk instalasi.

  • Alat pemotong

Alat pemotong merupakan perlengkapan yang sangat penting. Fungsinya adalah memotong bagian instalasi yang tidak dibutuhkan. Misalnya mengurangi panjang pipa sehingga sesuai dengan kebutuhan instalasi air.

  • Pembersih

Pembersih biasanya hadir dalam bentuk cairan, baik thinner atau aseton. Fungsinya untuk membersihkan bagian permukaan supaya lebih bersih. Dengan begitu akan lebih mudah saat dilakukan penyambungan.

  • Amplas

Untuk beberapa jenis instalasi, maka bagian sambungan harus diamplas dan dibersihkan. Pengamplasan membuat bagian permukaan jadi lebih bersih. Maka, saat penyambungan tidak ada gelembung udara yang mengganggu penyambungan.

  • Lem

Jika Anda menggunakan instalasi PVC, maka tentu membutuhkan lem PVC khusus. Jangan sampai salah memilih lem karena akan merusak permukaannya. Bahkan, bagian sambungan tidak bisa tersambung secara kuat.

  • Sambungan

Saat Anda ingin memasang pipa air, maka sambungan harus selalu disiapkan. Jalur instalasi tidak akan selalu lurus. Maka, sambungan atau fitting perlu disiapkan sehingga lebih mudah membuat arah pipa.

Tips dan Cara Memasang Pipa Air

Untuk memasangnya, maka Anda membutuhkan beberapa tips. Perlu diketahui bahwa hal paling penting dalam instalasi ini adalah penyusunan pipa. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips ini.

  • Menentukan sumber air

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan sumber air. Umumnya, banyak orang sudah meninggalkan sumber air dari sumur. Kebanyakan orang sudah menggunakan sumber PAM karena lebih praktis.

  • Menentukan model konstruksi

Cara memasang pipa air selanjutnya adalah dengan menentukan modelnya. Ada banyak model yang bisa dipakai dan setiap model perlu disesuaikan dengan lingkungan. Apalagi, biaya juga sangat berpengaruh.

  • Memilih material pipa

Selanjutnya adalah memilih pipa air. Ada PVC hingga galvanis bisa dipilih oleh setiap orang. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan galvanis karena memiliki lebih banyak keunggulan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam dengan Pipa Schedule

Jika Anda membutuhkan pipa galvanis untuk membuat pipa galvanis, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai pipa galvanis di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu