Karakteristik Dan Kegunaan Pipa Hitam Yang Perlu Anda Ketahui!

Pernahkah Anda mengamati beragam furnitur? Ketahuilah, dari sekian banyak produk furnitur, sebagian menggunakan pipa hitam sebagai bahan bakunya. Apa itu pipa hitam? Bagaimana cara pembuatannya dan apa saja kegunaannya? Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Sebelum Anda memilih untuk menggunakan materisl ini untuk beragam kebutuhan konstruksi Anda, ada baiknya bagi Anda untuk mempelajari tentang bagaimana besi konstruksi yang satu ini dibuat.

Pipa hitam atau pipa baja hitam merupakan produk fabrikasi berbahan dasar bijih besi (besi mentah) dari tambang. Mineral besi yang mengental oleh proses peleburan akan melewati proses ekstraksi untuk pembersihan, pengurangan kandungan karbon, juga penghilangan unsur-unsur yang tidak diinginkan. Hasilnya kemudian akan melalui proses pengecoran (casting) untuk dicetak menjadi pipa, yaitu silinder dengan lubang pada bagian tengah. Tahap akhir mencakup pembersihan dan jika perlu pelapisan dengan bahan pelindung serta proses pemotongan sesuai ukuran standar.

Baca Juga: Yuk, Kenali Besi Profil Sebagai Material Struktural!

Secara umum material ini relatif kuat dan tahan lama—dapat bertahan hingga puluhan tahun. Nama material ini sesuai dengan permukaann berwarna hitam tanpa pelapis, tetapi kemudian diproduksi juga pipa hitam dengan pelapis antikarat, seperti galvanis atau zinc.

Jenis, Spesifikasi, Dan Kegunaan Pipa Hitam

Berdasarkan spesifikasi, material ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Distributor Besi Jakarta KPS Steel menyediakan jenis pipa furniture dan pipa SNI.

1. Pipa Furniture

Pipa furniture adalah material yang banyak dimanfaatkan dalam industri, terutama industri furniture. Misalnya, untuk rangka meja, kursi/bangku, tempat tidur, lemari/rak, juga kursi roda, dan juga untuk aksesoris.

Sektor lain penggunaan pipa hitam adalah industri otomotif dan transportasi. Beberapa komponen kendaraan berbahan material ini, antara lain rangka sepeda motor dan elemen standar. Pembuatan sepeda kayuh juga memanfaatkan material ini.

2. Pipa SNI

Pipa SNI seperti pipa medium galvanis SNI yang dilapisi galvanis sebagai pelindung seperti seng/zinc atau stainless steel terutama untuk ketahanan terhadap karat dan kekuatan menahan suhu dan tekanan tinggi.

Dengan kekuatannya, tak heran bila material ini dipilih untuk mengalirkan minyak, air, gas, uap, dan sejenisnya, baik di area pertambangan dan pabrik pengolahan meupun ke tempat lain. Pipa SNI juga dimanfaakan untuk konstruksi, seperti tiang kanopi, rangka bangunan, dan konstruksi pendukung; juga untuk tiang listrik, lampu, baliho.

Panjang material standar adalah 6 meter, sedangkan ketebalan dan diameternya relatif bervariasi. Kevariatifan membuat material ini lebih efisien dan praktis dalam penggunaannya.

Baca Juga: Besi Beton, Penguat Dalam Konstruksi Beton

Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan material ini dalam proyek terbaru Anda? Di KPS Steel Jakarta, kami jual pipa hitam berkualitas yang mungkin Anda perlukan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk pipa hitam di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu