Kenali Perbedaan Mengenai Pipa Welded dan Pipa Seamless

kenali-perbedaan-mengenai-pipa-welded-dan-pipa-seamless

Perbedaan pipa seamless dan welded bergantung pada proses pembuatan sehingga menghasilkan kualitas dari masing-masing pipa tersebut.

Pipa besi merupakan material yang cukup penting untuk sebuah proyek, terutama untuk bidang pembangunan. Hadir dengan berbagai jenis bahan baku, jenis, hingga ukuran, kerap kali membuat bingung orang yang awam terhadap jenis perbesian maupun industri baja. Pipa besi yang kerap membingungkan adalah Pipa Welded dan Pipa Seamless karena terbilang identik, padahal terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada keduanya. Sebelum membahas perbedaan, alangkah baiknya kenali lebih lanjut dengan kedua jenis pipa tersebut.

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Mengenai Pipa Seamless

Mengenai Pipa Seamless dan Welded

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, pipa seamless memiliki arti pipa tanpa kelim, artinya pipa ini diproduksi tanpa sambungan sehingga menghasilkan pipa besi yang sangat kuat dan kokoh. Sedangkan pipa welded adalah jenis pipa berbahan strip atau plat yang dibentuk melalui proses las. Dari segi fisik, pipa ini terlihat memiliki sambungan berbentuk spiral.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

Setelah mengenal sekilas tentang pipa seamless dan welded, mari membahas lebih jauh mengenai perbedaan keduanya, mulai dari fungsi hingga keunggulan masing-masing. Simak ulasan berikut!

1. Proses Pembuatan

Seperti namanya, proses pembuatan pipa welded atau pipa las adalah menggunakan metode sambungan las di badannya. Terdapat beberapa macam sambungan, antara lain sambungan berbentuk spiral, ada pula yang berbentuk lurus atau longitudinal.

Ketebalan yang dihasilkan pada pipa las ini lebih akurat karena strip baja atau plat pipa digulung menggunakan mesin pelengkung. Dari proses tersebut pipa yang tergulung akan membentuk silinder untuk kemudian di las. Pada saat proses pengelasan, ada produsen yang akan menambahkan material pengisi berupa flux atau logam, ada juga yang tidak. Proses pembautan pipa welded pun selesai.

Untuk pipa seamless, proses pembuatannya pun memiliki beberapa teknik. Dari metode yang ada, Mandrel Mill Process adalah teknik yang sering digunakan. Teknik hampir sama dengan porses Mannesman Plug Mill. Metode lainnya ada Push-Bench dan Extruction Process.

Proses pembuatan pipa seamless jauh lebih rumit. Setelah billet baja dipanaskan, proses berikutnya adalah piercing. Selanjutnya billet baja akan melalui proses penggulungan dan peregangan untuk menyesuaikan diameter, panjang, dan serta ketebalan dinding pipa di dalam mill.

2. Segi Fungsi

Perbedaan pipa seamless dan welded dari segi fungsi adalah tergantung dari penggunaannya. Pipa welded dinilai lebih rentan terhadap suhu tinggi karena proses pembuatan pipa ini melalui sambungan las.

Pembuatan pipa welded tentu tidak sembarangan. Prosesnya telah mengikuti standar yang ada sehingga sudah dipastikan kuat asalkan penggunaan tidak melebihi kapasitas yang telah ditetapkan oleh produsen. Pipa welded bisa digunakan secara maksimal untuk segala industri dengan catatan semua variabel harus terukur, seperti suhu dan tekanan. Jangan sampai melebihi kapasitas.

Secara struktural, pipa seamless memang lebih kuat karena proses pembuatannya tanpa disambung alias murni pipa utuh. Karena tidak adanya sambungan, pipa ini jelas memiliki ketahanan yang sangat kuat terhadap tekanan maupun suhu yang tinggi.

Karena kekuatannya tersebut, pipa seamless kerap digunakan untuk proyek-proyek yang memerlukan ketahanan terhadap tekanan atau tegangan tingkat tinggi, seperti pembangkit listrik, industri migas dan farmasi.

3. Segi Keuntungan

Sebenarnya keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan masing-masing pipa tergantung dari kebutuhan penggunaannya. Jadi agar sesuai, diperlukan perhitungan dan pertimbangan yang matang dalam pemilihan jenis pipa.

Adapun keuntungan yang umumnya didapatkan ketika menggunakan pipa las atau pipa welded adalah harga produksi lebih sederhana, waktu produksi lebih singkat, sehingga harganya pun relatif lebih murah dibanding pipa seamless. Konsistensi ukuran diameter maupun ketebalan pipa dinilai lebih akurat. Memiliki hasil akhir lebih lebih baik pada permukaan bagian dalam maupun luar pipa.

Adapun keuntungan dari pipa seamless adalah karena memiliki dinding yang lebih tebal, makan ketahanannya terhadap suhu maupun tekanan tinggi pun lebih dibandingkan pipa las. Lebih tahan korosi karena tidak adanya sambungan. Meskipun ukurannya cenderung kurang konsisten, pipa seamless memiliki bentuk silinder yang jauh lebih baik dibanding pipa las.

Baca Juga: Mengetahui Lebih Jauh Seluk Beluk Pipa Welded

Jadi, kesimpulannya adalah perbedaan pipa seamless dan welded bergantung pada proses pembuatan, karena dari situ pula kualitas pipa tercipta. Untuk pipa yang mana yang sebaiknya digunakan, pastikan kembali pada kebutuhan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu