Mengetahui Lebih Jauh Seluk Beluk Pipa Welded

mengetahui-lebih-jauh-seluk-beluk-pipa-welded-kps-steel

Pada artikel sebelumnya KPS Steel distributor besi Jakarta sudah mengajak Anda menelisik lebih jauh mengenai pipa seamless. 

Dalam pembahasan tentang pipa ‘tanpa sambungan’ tersebut juga sedikit disinggung perihal pipa las (welded pipe). Di artikel ini kami akan mengajak Anda untuk menelusuri seluk beluk mengenai pipa welded. Bagaimana proses produksi menciptakan karakteristik pipa welded; apa kelebihan dan kekurangan pipa welded dibandingkan pipa seamless.

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Mengenai Pipa Seamless

Proses Pembuatan Pipa Welded

Sebenarnya pipa welded dan pipa seamless dapat dikatakan serupa tapi tak sama. Keduanya diolah dari bahan baku yang sama; dan keduanya juga memiliki bentuk yang sama, yaitu silinder. Namun, seperti yang telah diketahui bahwa proses pembuatan pipa welded berbeda dari pipa seamless sehingga menghasilkan karakteristik dan kualitas yang berbeda pula.

Seperti tampak dari penamaannya, pipa las (welded pipe) melewati proses pengelasan. Secara garis besar pembuatan pipa las dilakukan dengan cara melengkungkan plat baja (strip plate) berketebalan tertentu menggunakan mesin rol. Pelengkungan oleh mesin rol yang dapat dilakukan secara lurus ataupun spiral akan menghasilkan bentuk silinder. Namun, diperlukan proses pengelasan untuk menyatukan bagian sambungan yang terbentuk. Pengelasan dapat dilakukan dengan bahan pengisi (logam) atau tanpa bahan pengisi, yaitu dengan mengalirkan listrik bertegangan tinggi.

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Pipa Welded

Kelebihan pipa welded pertama-tama adalah harganya yang relatif lebih murah dibandingkan pipa seamless. Hal ini dipengaruhi oleh proses produksi pipa las ini yang cenderung lebih mudah dan cepat. Konsistensi bentuk dan ukuran ketebalan juga menjadi kelebihan lain yang menguntungkan. 

Ketahanan pipa seamless boleh dibilang lebih tinggi karena tidak adanya sambungan. Kendati demikian, sambungan las pada pipa yang dianggap rentan dan mengurangi ketahanan terhadap tekanan dan suhu tinggi, dapat diatasi dengan memperhatikan angka toleransi. Namun, risiko terhadap korosi terutama pada bagian sambungan harus tetap menjadi perhatian khusus.

Kedua pipa ini memiliki fungsi dan penggunaan masing-masing. Untuk aplikasi bertekanan dan bersuhu tinggi seperti dalam industri minyak & gas, industri farmasi, dan pembangkit listrik, pipa seamless sangatlah cocok untuk digunakan. Sedangkan pipa welded dapat digunakan dalam semua bidang industri selama suhu, tekanan, dan variabel lainnya terukur dan tidak melebihi standar yang telah ditentukan oleh produsen. Sedangkan dalam aplikasi struktural, baik pipa welded maupun pipa seamless dapat bekerja sama baiknya.

Keutungan Dari Pipa Welded

Menurut penjelasan diatas dapat dirangkum beberapa keuntungan yang dimiliki pipa welded. Namun perlu diingat, bahwa keuntungan dari pipa ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan penggunaannya. Oleh karena itu, pemilihan pipa yang sesuai dengan penggunaannya adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Berikut keuntungan yang didapat dari pipa las (welded pipe):

  • Harga produksi yang lebih murah
  • Proses pembuatan cenderung lebih sederhana dan memakan waktu yang lebih singkat
  • Permukaan akhir yang lebih baik di bagian dalam dan luar pipa
  • Konsistensi ukuran yang lebih pasti sehingga angka toleransinya pun lebih tepat

Baca Juga: Mengenal Standar Pada Produk Besi Dan Baja

Demikian penjelasan informasi mengenai pipa welded. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu pipa welded atau produk besi dan baja lainnya, Anda bisa mendapatkannya di sini!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu