Mengenal Spesifikasi Rangka Baja Ringan dan Kelebihan Kekurangannya

Spesifikasi Rangka Baja Ringan dan Kelebihan Kekurangannya KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Rangka baja ringan adalah material yang digunakan untuk konstruksi baik rumah, pabrik atau gedung, biasanya ditempatkan di bagian atap. Bahan pembuatannya sendiri biasanya dari campuran alumunium serta seng.

Bila ditimbang dan dibandingkan dengan rangka atap lainnya, jenis ini jauh lebih ringan. Tidak heran bila saat ini banyak orang memilih material tersebut, karena cukup kuat dan proses pengerjaannya cepat.

Jenis-Jenis Baja Ringan

Semakin berkembangnya teknologi membuat bahan satu ini memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda. Sebelum Anda memilihnya untuk hunian disaranakan lihat dulu apa saja jenis serta perbedaannya.

Salah dalam proses pemilihan bisa membuat bangunan kurang enak dipandang dan menimbulkan masalah beberapa tahun kemudian. Lalu, apa saja pilihannya? Coba imak penjelasan singkatnya di bawah ini,

1. Baja Ringan Tas

Bahan bangunan Baja ringan tas ini merupakan karbon dengan sifat kaku tetapi sangat kuat dan anti karat. Memiliki beberapa bentuk yaitu cenal (huruf C) dan A atau disebut Reng.

Material ini mudah sekali menyerap panas, sehingga membuat kondisi rumah menjadi lebih hangat. Selain itu, dari segi perawatan sangat mudah karena tidak perlu lapisan tambahan seperti lainnya.

2. BlueScope Sacs

Rangka baja ringan BlueScope Sacs sudah memiliki sertifikat SNI. Poin menarik dari jenis ini adalah masa garansinya yang mencapai 10 tahun. Cocok digunakan untuk perumahan perkotaan.

3. Prima Truss

Jenis berikutnya berasal dari Prima Truss, semua produknya berkualitas dan sudah mengantongi sertifikat SNI. Dari segi harga juga terjangkau, tidak heran bila beberapa orang memilihnya.

4. Baja Kencana Truss

Rangka baja ringan Kencana Truss juga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Jenisnya hampir mirip dengan galvalum, dari segi harga cukup terjangkau. Kualitas terbaik karena mendapatkan sertifikat ISO.

5. Baja Ringan BMT Truss

Pilihan terakhir adalah BMT Truss dengan harga terjangkau dan mampu memberikan kenyamanan, tidak heran bila beberapa orang mempercayakannya. Apalagi mereka klaim bisa bertahan hampir 5 tahun.

Kelebihan Baja Ringan

Setelah mengetahui berbagai macam jenis dan merk rangka baja ringan yang dijual di pasaran, saatnya untuk memahami bagaimana kelebihan dari material ini. Satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah mutunya sangat bagus.

Kualitasnya memang tidak bisa dilawan apalagi untuk berbagai macam konstruksi bangunan. Sangat ringan, sehingga tidak perlu waktu banyak dalam proses pemasangan. Selain itu, berikut kelebihan baja ringan yang perlu Anda ketahui.

1. Daya Tarik Tinggi Namun Ringan

Material ini memiliki beban mati sangat kecil, jika digunakan untuk bangunan dengan bentang yang cukup besar rasanya cocok. Kondisi tersebut disebabkan beban persatuannya cukup berat, kemungkinan rusak parah kecil.

2. Tangguh dan Daktilitas Tinggi

Rangka baja ringan mempunyai sifat liat yang mampu menyerap daya energi dalam jumlah cukup besar. Artinya material ini mampu menahan deformasi yang menjadi penyebab dari kerusakan hingga hancurnya konstruksi.

Coba bandingkan dengan kayu atau baja konvensional, keduanya mempunyai sifat getas. Artinya tidak memiliki ketahanan cukup baik apalagi kalau terdapat beban kejut. Maklum saja, bahan tersebut strukturnya tidak fleksibel.

3. Produksi Pabrik

Kelebihan lain yang bisa dilihat adalah produksinya berasal dari pabrik. Artinya, pembuatannya terstandarisasi, tidak asal buat. Sehingga lebih aman untuk digunakan sebagai material konstruksi.

4. Tahan Karat

Kelebihan lain rangka baja ringan yaitu mempunyai sifat tahan karat. Jadi, Anda tidak perlu takut memakainya. Ketahanannya ini sudah dibuktikan, bisa dikatakan hemat dana karena tidak perlu finishing cat.

5. Pemasangan Relatif Cepat

Keunggulan lain yang bisa dirasakan adalah pemasangannya relatif cepat. Hal ini karena bentuk dan ukurannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi pada umumnya.

Baca Juga: Mana yang Harus Dipilih? Besi Hollow vs Baja Ringan

Kekurangan Baja Ringan

Walau sudah mengetahui berbagai kelebihan yang diberikan, Anda harus tahu juga bagaimana kekurangannya. Kondisi tersebut menjadi penting untuk diperhatikan, untuk meminimalisir kemungkinan hal buruk yang dapat terjadi.

Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama apa saja yang menjadi kekurangan baja ringan ini. Pelajari lebih teliti agar Anda dapat mencegah terjadinya masalah.

1. Perhitungan Harus Teliti

Kekurangan rangka baja ringan pertama adalah Anda harus menghitungnya dulu dengan teliti, sebelum menggunakannya. Artinya tidak boleh sembarangan bergeser meski 1 cm saja. Nanti konstruksi lainnya bisa berubah dan hal itu pasti berbahaya.

2. Tidak Estetik Bila Struktur Diekspos

Rangka baja ini bila diletakkan di bagian luar terlihat kurang menarik dan estetik. Berbeda bila dibandingkan dengan kayu, terlihat menawan. Bisa dikatakan akan menyempurnakan hunian Anda.

3. Harganya Relatif Mahal

Harus diakui kebutuhannya memang lebih meningkat dibandingkan kayu. Jadi, harga yang ditawarkan cukup tinggi, hanya saja bila diperhitungkan secara lebih dalam lagi untuk jangka panjang masih tetap terjangkau. Secara keseluruhan material ini memiliki kelebihan dan kekurangan, pilihan serta jenisnya sendiri memang beragam.

Jika Anda tertarik untuk membeli besi, KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta menyediakan beragam jenis besi yang dapat memenuhi beragam kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: 10 Model Canopy Baja Ringan dan Keunggulannya untuk Garasi Rumah Minimalis

Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu