Mana yang Harus Dipilih? Besi Hollow vs Baja Ringan

besi-hollow-vs-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Tidak sedikit dari kita yang belum bisa membedakan besi hollow vs baja ringan sebagai material untuk mendirikan sebuah bangunan. Padahal keduanya jelas berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas keduanya agar dapat menjadi rujukan pembaca untuk memilih material bangunan. Baik besi hollow maupun baja ringan, pengaplikasian digunakan pada atap rumah sebagai kuda-kuda untuk menggantikan material kayu yang lebih mudah lapuk dimakan rayap.

Inilah yang menjadi salah satu keunggulan besi hollow dan baja ringan disbanding material kayu. Seperti yang kita ketahui, kuda-kuda atap yang menggunakan material kayu berkemungkinan besar untuk dimakan rayap.

Itu sebabnya, perawatannya harus ekstra teliti dan disiplin. Berbeda dengan besi hollow dan baja ringan yang memiliki ketahanan terhadap rayap dan cuaca. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai besi hollow vs baja ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow

Penggunaan bahan metal dan logam besi hollow sebagai rangka bangunan, terutama atap memberikan keuntungan dalam berbagai hal. Berikut kelebihan dan kekurangan besi hollow dan baja ringan yang dapat menjadi rujukan Anda memutuskan hendak menggunakan hollow atau baja.

Kelebihan Besi Hollow

Pemanfaatan hollow sebagai rangka bangunan dapat memberikan banyak keunggulan dari berbagai aspek. Anda bisa merasakan banyak manfaat setelah pemasangannya, seperti:

  1. Material dibuat dengan kandungan anti rayap sehingga aman dari potensi rangka roboh karena lapuk termakan rayap. Kelebihan seperti ini menjadi solusi dari penggunaan kayu yang mudah dimakan rayap.
  2. Mudah dipasang sekaligus dikonstruksikan.
  3. Kandungan bahannya tidak mudah terbakar.

Itulah kelebihan dari besi hollow yang dapat Anda rasakan bila menjadikannya sebagai kuda kuda atap. Namun, besi hollow juga memiliki kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Kekurangan Besi Hollow

Agar lebih objektif, berikut rangkuman beberapa kekurangan hollow. Mempelajari kelebihan dan kekurangannya dapat membantu Anda untuk mematangkan pilihan Anda. Berikut kekurangan besi hollow:

  1. Ukuran tidak solid sehingga agak kesulitan untuk menahan beban. Namun, jika tetap ingin menggunakan hollow maka Anda bisa memanfaatkan ukuran paling tebal dan besar.
  2. Butuh pengaplikasian tambahan berupa cat anti karat untuk mencegah korosi pada besinya.

Nah, itulah kekurangan dari besi hollow yang dapat Anda pertimbangkan. Dilihat dari penjelasannya, ternyata keuntungan dari penggunaan besi hollow masih lebih banyak dari kekurangannya. Berikutnya, kita akan mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan baja ringan.

Baca Juga: Jenis dan Contoh Ukuran Besi Hollow yang sering Digunakan

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

Berikut kelebihan dan kekurangan baja ringan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan Baja Ringan

Supaya semakin yakin diantara pilihan besi hollow vs baja ringan, berikut kelebihan baja ringan yang tidak ditemukan pada material lain. Antara lain sebagai berikut:

  1. Daya tahan kuat. Baja ringan merupakan material anti rayap dan mampu menahan beban berat.
  2. Materialnya anti karat, Anda bahkan akan menemukan beberapa pihak penjual baja ringan bekas saking masih bergunanya material ini.

Kelebihan baja memang tidak perlu diragukan lagi sebab sudah banyak konstruksi gedung memanfaatkan material ini. Anda bisa lebih tenang ketika berada dalam ruangan beratap baja ringan.

Kekurangan Baja Ringan

Meskipun lekat dengan keunggulannya yang memberikan banyak keuntungan bagi pemilik hunian maupun gedung, namun material ini juga tetap memiliki kekurangan, seperti:

  1. Pemasangan tidak bisa dilakukan sembarang orang karena salah perhitungan bisa menyebabkan kehancuran bagi seluruh elemen bangunan.
  2. Selama proses pembangunan, jika lokasi pembangunan termasuk wilayah rentan angin besar maka baja ringan bisa terbawa angin secara mudah.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Membangun Hunian Tahan Gempa

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan besi hollow vs baja ringan. Apakah Anda sudah memahaminya? Kini, Anda tinggal memutuskan hendak menggunakan material besi hollow vs baja ringan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi hollow dan baja ringan di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi KPS Steel melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu