Bagaimana Cara Menghitung dan Memasang Kuda Kuda Baja

bagaimana-cara-menghitung-dan-memasang-kuda-kuda -baja

Kuda kuda baja adalah salah satu bagian penting dalam konstruksi bangunan.

Ini merupakan hal yang sudah umum. Di awal kemunculannya, banyak orang langsung menaruh minat terhadap kuda kuda baja. Terdapat banyak keunggulan ketika bangunan menggunakan baja ringan sebagai rangka. Keunggulan pertama terletak pada berat. Berbeda dengan kayu, berat dari baja ringan jauh lebih rendah. Ini membuat upaya konstruksi menjadi lebih mudah. Selain dari ukuran, keunggulan selanjutnya terletak pada ketahanan. Tidak akan ada masalah seperti lapuk yang sering terjadi pada kayu. Walaupun digunakan dalam waktu lama, kondisinya akan tetap seperti awal membeli. Itulah alasan utama mengapa banyak orang memilihnya. Namun dalam pemasangan, seseorang tidak boleh asal.

Baca Juga: Kelebihan Besi Kanal untuk Rangka Atap Bangunan

Poin awal yang paling penting adalah tata cara melakukan perhitungan. Hal ini perlu diketahui terlebih dahulu sebelum pemasangan dilakukan. Jika pengetahuan tentang perhitungan tersebut belum diketahui, mari mulai pembahasan ini dari tata cara melakukan perhitungannya.

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja

Sebelum kuda kudanya dihitung, hal pertama yang perlu diketahui adalah volume dari rumahnya. Jika sudah diketahui, tuangkan volume tersebut ke gambar kerja. Menghitung volume sendiri tidak sulit. Untuk melakukan perhitungan, pastikan ukuran yang digunakan adalah meter. Rumus yang digunakan sendiri adalah Panjang X Lebar / Kemiringan. Untuk panjang, ada dua hal yang perlu ditambahkan. Kedua hal tersebut adalah panjang bangunan dan overstek kedua sisinya. Jangan sampai melakukan kesalahan dengan menghitung kuda kuda baja tanpa memperhatikan overstek. Biasanya, overstek di kedua sisi memiliki panjang sama sehingga perhitungan dari kedua sisi tidak perlu dilakukan. Selanjutnya berbicara tentang lebar. Dalam menghitung lebar, overstek dari kedua sisi juga perlu diketahui. Sama dengan menghitung panjang, overstek tersebut bisa ditambahkan dengan lebar bangunan. 

Terakhir adalah derajat kemiringan. Setelah derajat tersebut didapat, gantilah ukurannya dengan melakukan perhitungan cos. Sebagai contoh, sebuah bangunan memiliki panjang 10 meter, lebar 5 meter, overstek 1 meter, dan kemiringan 30 derajat. Dengan itu perhitungannya adalah Panjang (10+1+1) X Lebar (5+1+1) / Kemiringan (Cos 30 = 0,86). Dari perhitungan tersebut, barulah volume didapat.

Cara Memasang Kuda Kuda Baja

Jika perhitungan volume sudah selesai, lanjutkan tahapan ke proses pemasangan. Sebenarnya dalam proses pemasangan, hal paling awal yang perlu diketahui adalah jenis baja ringan yang dipilih. Dalam pemilihan jenis baja ringan, pastikan untuk memilih jenis terbaik.  Jangan sampai melakukan kesalahan dengan asal dalam memilih. Hal ini berpotensi mengakibatkan baja yang didapat memiliki kualitas buruk dan rusak dalam waktu cepat. Sangat tepat apabila memilih produk di kisaran harga standar. Jangan tergiur dengan harga murah. Biasanya penjual yang memberikan harga murah memiliki kualitas di bawah standar. 

Jika Kuda kuda baja kualitas terbaik sudah didapat, lanjutkan ke proses pemasangan. Pertama, buatlah struktur pendukungnya terlebih dahulu. Biasanya, struktur pendukung ini dibuat berbentuk kolom atau ring balk. Dengan adanya struktur pendukung, pemasangan bisa dilakukan pada tempat yang tepat. Selanjutnya pasangkan kuda kuda dengan memperhatikan ketinggian apex. Pastikan ketinggian apex tersebut sudah sama di kedua sisi. Jika pemasangan dirasa sudah sempurna, kencangkan baja ringan dengan menggunakan dynabolt. Selalu ingat bahwa pemasangan menggunakan dynabolt bersifat permanen. Untuk itu merupakan keputusan tepat apabila memperhatikan setiap detail dengan baik. Jangan sampai kecewa karena hasil yang didapat tidak sesuai harapan.

Jika kebingungan dalam mencari baja ringan, produk yang kami sediakan bisa dijadikan salah satu referensi. Kami selalu menjadikan kualitas produk sebagai prioritas utama. Oleh sebab itu, sangat jarang terjadi kondisi dimana konsumen melakukan komplain terhadap kuda kuda baja yang disediakan.

Baca Juga: Ingin Membuat Pagar? Coba Gunakan Besi Plat Sebagai Materialnya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu