Ingin Membuat Pagar? Coba Gunakan Besi Plat Sebagai Materialnya

ingin-membuat-pagar-coba-gunakan-besi-plat-sebagai-materialnya-pagar-besi-minimalis-mewah

Besi berjenis plat memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan yang terjamin dalam berbagai cuaca.

Besi plat sering digunakan dalam pembuatan pagar rumah karena karakteristiknya yang cocok dan memiliki berbagai kelebihannya. Pagar rumah menjadi salah satu bagian penting karena dapat memiliki sifat estetis dan fungsional.

Pagar rumah berfungsi sebagai pintu rumah yang paling utama atau bagian terluar sebelum memasuki kawasan rumah. Bahan pagar harus memiliki kualitas terbaik karena pagar akan terkena sinar matahari, air hujan dan hal lainnya.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Kegunaannya untuk Membuat Sebuah Pagar

Pentingnya pagar sebagai bagian dari rumah membuat Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih materialnya. Jangan sampai bahan tersebut mudah rusak apabila terkena sinar matahari dan air hujan. Itulah mengapa banyak orang yang merekomendasikan penggunaan besi plat sebagai bahan material pembuatan pagar rumah karena besi plat memiliki kekuatan yang bagus dan tahan berbagai cuaca. 

Jenis Besi Plat yang Perlu Diketahui

Material besi plat memiliki beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Anda dapat memilih jenis bahan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, simak beberapa jenis besi plat berikut ini.

1. Plat Hitam

Jenis plat yang pertama ini memiliki ukuran standar 122 cm x 124 cm dengan ketebalan sekitar 1.2 mm hingga 200 mm. Plat hitam ini termasuk dalam kategori jenis umum. Penggunaan plat hitam yang paling sering digunakan adalah sebagai penguat atau dudukan pada material profil sehingga fungsinya lebih maksimal. 

2. Plat Kembang

Jenis selanjutnya terkenal dengan permukaan yang bertekstur. Memiliki nama lain plat berlian atau plat lantai. Memiliki ukuran standar 1.2m x 2.4m dengan ketebalan yang beragam. Umumnya, jenis besi yang satu ini digunakan sebagai material untuk anak tangga bangunan, kereta, bus, pemadam kebakaran dan lain sebagainya. 

3. Plat Kapal

Meski bahan ini lebih sering dijumpai dalam pembuatan atau instalasi kapal, tetapi banyak juga konstruksi dan fabrikasi yang menggunakannya. Bahan ini memiliki ketahanan paling baik terhadap korosi. Ciri khas lain dari plat kapal adalah lebar dan panjangnya yang lebih relatif dan beragam. Anda bisa menjumpai plat kapal dengan panjang 6000 mm, 1800 mm dan 1500 mm.

4. Plat Strip

Plat strip memiliki kemiripan dengan papan kayu berukuran standar, yaitu panjang 6 mm, lebar 19 mm hingga 200 mm dan ketebalan mulai dari 3 mm sampai 12 mm. Jenis besi inilah yang sering digunakan dalam pembuatan pagar karena kualitas yang terbaik.

5. Plat Bordes

Jenis plat terakhir yang harus Anda ketahui adalah plat bordes yang biasa digunakan sebagai tangga untuk mengistirahatkan kaki. Permukaan pada plat ini bertekstur, sama seperti plat kembang.

Kelebihan Besi Plat

Material yang satu ini memang menjadi favorit bagi para pembuat pagar untuk rumah, kantor, dan bangunan lainnya. Hal ini tentu berhubungan dengan beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari material yang satu ini.

Besi berjenis plat ini memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan yang terjamin dalam berbagai cuaca. Pagar merupakan bagian luar rumah sehingga akan terkena sinar matahari dan air hujan. Itulah mengapa dibutuhkan kekuatan dan ketahanan agar tidak mudah rusak saat terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. Anda bisa mendapatkan kelebihan tersebut jika menggunakan material besi jenis plat ini.

Bagi Anda yang membutuhkan material ini untuk pembuatan pagar rumah, percayakan saja pada KPS Steel. KPS Steel siap menerima pesanan material besi plat maupun besi jenis lainnya dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan pada Setiap Jenis Besi Plat

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu