Macam-Macam Jenis Besi Plat Dan Kegunaannya

Produk besi plat memegang peran penting dalam bidang konstruksi maupun industri lain karena tingkat ketahanan dan kekuatannya yang sangat tinggi.

Tidak mengherankan karena banyak ragam besi plat diproduksi dan masing-masing memiliki karakteristik yang sesuai untuk diaplikasikan pada berbagai sektor. Besi plat banyak digunakan pada aplikasi konstruksi yang banyak membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Selain untuk kebutuhan konstruksi, besi plat juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk kendaraan seperti mobil, truk, kapal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Yuk, Kenali Besi Profil Sebagai Material Struktural!

Mari kenali masing-masing jenis dan kegunaannya lewat ulasan berikut!

Plat Hitam (Base Plate)

Dimensi plat hitam seukuran tripleks, yaitu 122×244 (cm) atau 4×8 (feet) dengan variasi ketebalan dari 1,2 mm hingga 200 mm. Pada struktur baja profil, plat hitam banyak difungsikan sebagai penguat. Aplikasi lainnya untuk dudukan material profil, bahan baku pembuatan tangki, dan sebagainya.

Plat Kapal

Sesuai dengan namanya, plat kapal terutama digunakan dalam pembuatan berbagai instalasi kapal. Selain itu digunakan juga sebagai material konstruksi dan fabrikasi juga pembuatan tangki dan sejenisnya. Kekhasan plat kapal adalah ukuran yang relatif panjang dan lebar. Dengan ukuran panjang 6.000 mm terdapat dua ukuran lebar, yaitu 1.500 mm dan 1.800 mm. Jika dibandingkan produk lain plat kapal memiliki ketahanan lebih, terutama terhadap korosi.

Plat Strip (Strip Plate)

Plat strip memiliki bentuk seperti papan kayu dengan panjang standar 6 meter dan lebar bervariasi dari 19 mm hingga 200 mm. Sementara variasi ketebalan plat antara 3 mm s/d 12 mm. Plat strip dapat digunakan sebagai material pagar, teralis pintu/jendela, dan berbagai konstruksi pengaman lain. Kelebihan plat ini terutama mudah ditekuk dengan las.

Plat Kembang

Salah satu produk besi plat dinamai ‘plat kembang’ karena permukaannya bertekstur. Plat ini juga disebut plat berlian atau plat lantai. Ukuran standar plat kembang adalah 1,2 meter × 2,4 meter; sedangkan untuk ketebalannya terdapat beberapa variasi. Plat kembang sangat tepat diaplikasikan untuk elemen lantai dan/atau anak tangga pada bangunan maupun sarana transportasi—bus, kereta, mobil damkar. Teksturnya yang kasar mengantisipasi licin sehingga potensi terpeleset relatif kecil. Jadi, sangat mendukung keamanan dan kenyamanan.

Plat Bordes

Bordes adalah area datar pada tangga untuk mengistirahatkan kaki, yang dibuat pada tangga dengan jumlah anak tangga lebih dari 12. Tepatlah bila plat bordes diaplikasikan pada area peralihan ini baik pada tangga di ruang luar maupun interior. Tekstur permukaannya, seperti plat kembang, dapat mengurangi risiko terpeleset terutama jika area ini basah. Plat dengan spesifikasi ukuran sama seperti plat kembang ini juga digunakan untuk lantai mobil bak terbuka atau truk; lantai bangunan pabrik; bagian dari peralatan olahraga.

Baca Juga: Mengenal Besi Kanal Untuk Kebutuhan Konstruksi

Dengan mengenali besi konstruksi yang satu ini dan masing-masing manfaatnya, tentunya Anda dapat menentukan jenis besi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami di KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menyediakan berbagai jenis besi dengan berbagai ukuran.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu