Ketahui Perbedaan pada Setiap Jenis Besi Plat

gali lebih dalam perbedaan pada setiap jenis besi plat

Bidang konstruksi yang semakin maju membuat setiap orang berlomba-lomba untuk membuat bangunan yang kuat dan tahan lama.

Tentunya untuk merealisasikan hal itu, perlu berbagai bahan yang kuat dan kokoh. Salah satu contohnya yang sering digunakan adalah bahan baku besi. Yang akan dibahas kali ini adalah bahan material besi plat.

Setiap pembangunan jika diperhatikan, biasanya menggunakan bahan baku besi sebagai bahan dasar pondasi, kerangka, hingga bagian-bagian penting pada bangunan. Namun kini, besi sudah mengalami modifikasi dan memiliki beragam jenis, tergantung tingkat ketahanan dan kekuatannya. Salah satu jenis besi yang diminati banyak orang saat ini adalah besi plat.

Baca Juga: Teknik dan Cara Mengelas Besi yang Perlu Diketahui

Beragam Jenis Besi Plat dan Perbedaannya

Besi plat merupakan salah satu bahan baku untuk suatu bangunan ataupun digunakan pada bidang industri lainnya, seperti pembuatan kapal, mobil, dan lainnya. Tingkat kekuatan serta ketahanan terhadap korosi yang unggul, membuat jenis besi ini sangat dicari oleh banyak orang.

Namun, dalam pengaplikasiannya, besi ini mempunyai beberapa jenis, dan setiap jenisnya mempunyai keunggulan yang berbeda. Agar Anda bisa memilih sesuai kebutuhan bangunan Anda, berikut ulasan perbedaannya:

1. Plat Kapal (Ship Plate)

Dengan ukuran yang besar, yakni panjang 6000 mm dan lebar 1500 hingga 1800 mm, membuat plat besi ini sangat cocok untuk pembuatan konstruksi kapal serta berbagai benda-benda berukuran besar lainnya seperti tangki dan sebagainya.

Dikarenakan didesain khusus untuk kapal serta memiliki kandungan seperti fosfor, mangan, silikon dan karbon, jenis plat ini sangat tahan terhadap kerusakan yang diakibatkan korosi serta pengaruh kikisan garam dari air laut.

2. Plat Hitam (Base Plate)

Seperti namanya, besi plat hitam memiliki warna hitam dengan desain yang lebih tipis seperti triplek dibandingkan plat kapal. Biasanya, fungsi utama dari plat hitam yakni sebagai penguat ataupun bahan baku dalam proses pembuatan tangki, drum, hingga sebagai dudukan material profil.

3. Plat Kembang

Jenis plat besi selanjutnya yang biasa digunakan untuk lantai ataupun anak tangga bangunan pada umumnya, yakni plat kembang. Dinamakan plat kembang, karena permukaannya yang bertekstur.

Dengan panjang 1 sampai 2 meter, ketebalan yang bisa disesuaikan, serta permukaannya yang kasar, jenis plat besi ini sangat cocok diterapkan pada bagian bangunan yang membutuhkan pengamanan yang tinggi, karena mampu meengurangi kemungkinan terpeleset akibat licin. Terkadang, plat ini sering disebut dengan plat berlian atau plat lantai.

4. Plat Strip (Strip Plate)

Hampir sama seperti plat hitam,besi plat jenis strip ini berbentuk seperti papan kayu dengan ukuran yang lebih bervasiasi. Plat besi ini sangat mudah ditemui, serta sangat banyak peminatnya di Indonesia. Dikarenakan bentuknya yang lebih fleksibel dibandingkan berbagai jenis plat lainnya, plat strip sering digunakan untuk pembuatan pagar serta produk pengamanan seperti teralis pada pintu ataupun jendela.

5. Plat Bordes

Jika Anda menaiki tangga yang jumlah anak tangganya lebih dari 12, akan ada tempat datar untuk mengistirahatkan kaki. Biasanya tempat tersebut meenggunakan plat besi jenis bordes. Plat jenis ini, baik bentuk ataupun permukaannya hampir mirip dengan plat kembang, hanya saja lebih tebal dan lebar.

Fungsi dari plat inipun lebih kepada pengamanan pada area yang licin agar menghindari resiko terpeleset. Untuk itu, selain diaplikasikan pada tangga, plat bordes juga digunakan untuk lantai pabrik, gudang, bagian atas tower, hingga tempat istirahat pada bagian kontraktor.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Besi atau Baja

Itulah beberapa ulasan detail mengenai beberapa jenis besi plat untuk bangunan. Hal terpenting adalah pastikan Anda memilih setiap jenis besi konstruksi ini sesuai dengan keperluan bangunan Anda. Untuk menemukan bahan besi plat terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi plat berkualitas.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu