Wajib Coba! 10 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Cara menghilangkan karat pada besi menjadi pembahasan utama yang menarik untuk disimak. Harus diakui korosi seperti ini membuat pandangan menjadi kurang menarik dan cenderung tidak bisa digunakan.

Keadaan tersebut terjadi karena adanya kotoran, air, hidrogen, arus listrik, bakteri sampai klorida sehingga menyebabkan karat. Untuk menghilangkannya ada beberapa cara seperti di bawah ini.

Rendam dengan Cairan Cuka

Cara menghilangkan karat pada besi ppertama adalah menggunakan cuka. Cairan ini mudah didapatkan dan biasa digunakan. Cara menggunakannya dengan merendam logam yang sudah terkena korosi ke dalam bahan tersebut.

Usahakan merendamnya selama 24 jam penuh, setelah itu gosok bagian tersebut memakai spons, kawat mencuci piring, atau sikat. Lebih disarankan memakai bahan alumunium foil karena, efektif dan memakan waktu singkat.

Bila masih terlihat coba ulangi lagi, rendam selama 24 jam dan lakukan pembersihan. Ulangi lagi hanya saja waktu perendaman lebih lama. Dengan begini korosi akan hilang dan besi bisa digunakan.

Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan karat pada besi berikutnya memakai baking soda. Larutkan dulu bahan ini ke dalam air sampai membentuk pasta mengental. Selanjutnya, oleskan adonan tersebut ke besi yang berkarat.

Tunggu dulu selama 1 jam atau lebih, pastikan semua tertutup sempurna. Lalu gosok memakai sikat kawat pada bagian tersebut, bila terlihat sudah bersih bilas menggunakan air lihat bagaimana hasilnya.

Pakai Perasan Lemon

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya adalah memakai perasan lemon. Buah satu ini mengandung asam, menurut penelitian kandungan tersebut mampu menghilangkan korosi pada besi, agar hasil maksimal jangan lupa garam.

Tingkat keasaman dari lemon bercampur dengan abrasivitas garam membantu menghilangkan bintik kecil karat. Langkah awal, balurkan dulu bagian korosi memakai garam hingga merata, lalu peras lemon diatasnya.

Tunggu kurang lebih 2 sampai 3 jam. Gosok bintik tersebut memakai kulit dari lemon, jika kesulitan boleh menggantinya dengan sikat kawat. Jika merasa sudah bersih bilas menggunakan air.

Bukan hanya langkah itu saja, Anda juga bisa membersihkannya memakai jus lemon. Untuk Caranya tidak jauh berbeda seperti langkah diatas. Hanya saja waktu perendaman cukup 30 menit saja.

Campuran Sabun Cuci Piring & Kentang

Cara menghilangkan karat pada besi berikutnya adalah sabun cuci piring hanya saja untuk logam yang polos. Agar hasil maksimal bisa menambahkan kentang, sayur ini mengandung asam oksalat.

Biasanya untuk membersihkan pisau atau loyang untuk membuat roti. Langkahnya tidak terlalu sulit, potong kentang jadi dua kemudian, tambahkan sabun cuci piring lalu gosokan ke bagian berkarat setelah selesai keringkan.

Gunakan Asam Sitrat

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya cobalah memakai asam sitrat, larutan ini dipercaya mampu membersihkan korosi. Menariknya bahan tersebut mudah ditemukan di berbagai toko, harganya juga terjangkau.

Agar efektif cobalah rendam dulu memakai air hangat setidaknya selama 1 jam. Biasanya korosinya akan melunak dan beberapa larut. Jika sudah seperti ini bisa menggosoknya memakai sikat sampai bersih.

Baca Juga: Kenali Ragam Penyebab Besi Cepat Karatan

Oli Bekas

Cara menghilangkan karat pada besi berikutnya adalah memanfaatkan oli bekas kendaraan. Jika Anda mengganti oli kendaraan, pastikan jangan langsung membuang oli bekasnya. Manfaatkan untuk membersihkan beberapa benda yang terkena korosi.

Untuk melakukannya memang sedikit unik, rendam benda tersebut ke dalam oli kemudian panaskan sampai mendidih. Suhu panas tersebut yang akan membantunya meluruhkan semua bintik karat tersebut, lalu bersihkan.

Menggunakan Cairan Stempet atau Gemuk

Bahan selanjutnya adalah stempet atau bahasa mudahnya adalah gemuk. Bentuknya seperti gel berwarna hitam. Teksturnya sedikit kental serta lengket, cara mudah memakainya adalah ambil benda yang sudah korosi.

Lumuri dengan gemuk sampai merata, diamkan beberapa menit. Lalu bersihkan sambil disikat perlahan sampai bersih. Kemudian, bilas memakai air bersih, bila memang belum sempurna ulangi lagi tetapi tunggu kering sempurna dulu.

Cairan Pembersih Keramik

Menurut penelitian dan pengalaman ternyata pembersih keramik bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi korosi. Caranya mudah, siram pada bagian besi yang karat, tunggu dulu 1 jam.

Sikat sampai bersih, pembersih tersebut bisa digunakan untuk semua jenis benda kecuali blok mesin pada sepeda motor. Hasilnya tidak akan baik, oleh karena itu perhatikan dulu sebelum memakainya.

Oleskan Pasta Gigi

Bahan berikutnya adalah pasta gigi, tidak perlu yang mahal, semua merk dan jenis dapat digunakan. Metode ini tergolong paling terjangkau karena, bahannya mudah didapatkan. Hanya saja tidak bisa instan.

Jadi, jangan hanya satu kali saja. Lebih baik satu sampai tiga kali agar hasilnya maksimal, bersihkan memakai sikat kawat atau spons. Maksimal 3 kali setelah itu diamkan dan lanjutkan besok.

Gunakan Minuman Bersoda

Langkah terakhir bisa memakai minuman bersoda, minuman ini mudah ditemui di supermarket dan toko. Biasanya beberapa orang lebih memilih memakai coca cola karena, kandungan didalamnya cukup efektif.

Caranya cukup mudah basahi benda yang sudah mengalami korosi dengan minuman ini. Tunggu beberapa saat terlebih dulu lalu sikat hingga bersih memakai alumunium foil. Setelah itu bilas hingga bersih.

Asam yang terdapat dalam soda tersebut bisa merontokkan karat. Setidaknya, itulah berbagai cara menghilangkan karat pada besi. Anda dapat memilihnya sendiri sesuai kebutuhan dan kemudahan mengakses barang-barangnya.

Baca Juga: ini Dia, Dampak Besi Karatan

Jika Anda tertarik untuk membeli beragam jenis besi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi, KPS Steel sebagai distributor besi Jakarta menyediakan beragam jenis besi berkualitas. Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya.

Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu