Ini Dia Penyebab Besi Cepat Karatan, Waspadalah!

ini-dia-penyebab-besi-cepat-karatan-waspadalah-kps-steel-jakarta-indonesia

Penyebab besi cepat karatan.

Besi yang tidak dirawat dan dijaga dengan baik tentu akan mudah mengalami korosi atau karatan. Jika sudah begini, maka manfaatnya pun akan berkurang, bahkan bisa berakibat fatal. Misal, sebagai penyangga bangunan, maka bangunan jadi rentan roboh. Begitu pula dalam peralatan masak, bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Jangan Salah, Begini Tips Memilih Besi Murah Kualitas Terbaik

Selain merawat dengan baik, hindari juga penyebab besi cepat karatan yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Terpapar Udara dan Air

Penyebab besi cepat berkarat adalah karena proses korosi. Korosi yakni suatu reaksi redoks antara besi dan senyawa yang lain yang terjadi di suatu lingkungan, baik udara mau pun air. Reaksi inilah yang kemudian menghasilkan senyawa oksida dan berperan dalam proses korosi.

Reaksi kimia yang terjadi pada air, oksigen, dan besi inilah yang membentuk oksida besi dan menimbulkan pengaratan. Karena itulah, besi yang terpapar udara dan air menjadi cepat sekali berkarat.

2. Tidak Dilapisi Atau Dilindungi

Penyebab selanjutnya kenapa besi mudah sekali berkarat adalah karena dibiarkan telanjang. Besi yang tidak dilapisi akan lebih mudah karatan karena terpapar langsung dengan udara dan air.

Pelapisan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Melakukan pengecatan.
  • Melapisi dengan logam lain seperti menggunakan timah, emas, nikel, dan sebagainya.
  • Melapisi bagian luarnya dengan pelumas seperti oli dan vaseline.
  • Mencampur besi dengan logam lain yang aktif seperti magnesium

3. Tidak Disimpan dengan Benar

Besi atau peralatan dari besi akan cepat berkarat jika penyimpanannya tidak dilakukan di tempat yang  benar. Hindarkan besi dari paparan langsung sinar matahari atau pun oksigen.

Sebaliknya, simpan besi di tempat yang temperatur suhunya rendah seperti di ruangan ber-AC atau di gudang yang minim ventilasi. Bisa juga dengan mengatur ruangan tempat penyimpanan besi dengan gas CO2 supaya besi tidak karatan.

4. Kualitas Besi yang Tidak Baik

Penyebab besi cepat berkarat sebenarnya ada sejak awal Anda memutuskan untuk membeli besi tersebut. Kualitas antara besi yang SNI dan tidak tentu akan berbeda.

Jika keduanya dibandingkan, besi yang belum SNI tentunya akan lebih mudah berkarat. Beda dengan jenis atau merk besi yang benar-benar bagus. Meski harganya mungkin akan lebih mahal, tapi kualitasnya benar-benar unggulan. Dalam kurun tahun yang sama, kadar berkaratnya kedua jenis besi ini pasti akan berbeda.

Tips Mencegah Besi Berkarat

Karena besi mudah karatan jika tidak dirawat dengan benar, Anda bisa mencoba tips di bawah ini untuk mencegah proses oksidasi yang bisa menyebabkan karat tersebut:

  • Melapisinya dengan cat besi anti karat atau oli.
  • Simpan di tempat yang benar, tidak terpapar udara, matahari, dan air.
  • Saat proses produksi hendaknya dicampur dengan logam aktif.
  • Memanfaatkan proses elektro kimia, yakni melapisi besi dengan timah seperti pada kaleng-kaleng makanan.

Baca Juga: Besi yang Sering Kita Gunakan Sehari-Hari

Nah, itu dia beberapa penyebab besi cepat karatan dan bagaimana cara pencegahannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu