Ini Dia Dampak yang Dihasilkan pada Besi Karatan

dampak pada besi karatan

Besi dapat mengalami proses korosi, atau berkarat jika tidak dirawat dengan baik atau memang dari kualitas besi yang kurang baik.

Pernahkah Anda melihat besi karatan atau berkarat? Dalam kondisi tertentu material besi memang akan berubah warna dan juga berkarat. Proses berkarat ini akrab pula disapa dengan proses korosi, yakni terbentuknya kerak di permukaan material besi yang umumnya tampak coklat kehitaman dan beraroma tembaga yang tajam.

Baca Juga: Manfaat Besi di Kehidupan Sehari-Hari

Meskipun menjadi proses alami, ternyata karat pada besi menimbulkan berbagai dampak. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

Apa yang Menyebabkan Besi Karatan?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang dampak, ada baiknya memahami dulu apa saja yang menjadi penyebab besi bisa berkarat. Rupanya penyebabnya ada beberapa, dan berikut detailnya:

  • Terpapar oleh udara dan juga air terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama, sehingga memunculkan reaksi korosi. Yakni reaksi redoks yang muncul antara material besi dengan senyawa di sekitarnya.
  • Besi tidak diberi lapisan pelindung.
  • Material besi tidak disimpan dengan baik dan benar.
  • Kualitas besi yang memang rendah sehingga mudah sekali berkarat.

Berbagai Dampak yang Ditimbulkan

Apabila menjumpai material besi karatan maka akan memunculkan berbagai dampak yang kurang menguntungkan, seperti:

1. Perangkat Menjadi Rusak

Material besi yang berkarat akan membuatnya rapuh dan lapuk seperti batu, sehingga bentuknya perlahan rusak atau tidak sempurna. Sehingga perlengkapan atau perangkat yang dibuat dari besi ini akan rusak. Perlu segera ditangani jika kerusakan akibat karat ini belum parah.

Apabila sudah terlanjur parah sehingga tidak bisa diselamatkan maka mau tidak mau harus membeli perangkat baru. Inilah alasan lebih banyak orang yang mencari perangkat dari besi yang tahan karat. Misalnya saja dari bahan stainless, meskipun harus membayar lebih karena harganya lebih mahal dibanding besi biasa.

2. Menyebabkan Cedera dan Kecelakaan

Besi juga sering digunakan untuk membuat konstruksi, misalnya rangka pada atap rumah dan anak tangga. Jika mendapati besi karatan di area-area ini maka akan memicu cedera dan kecelakaan. Misalnya saja anak tangga dari besi sebagian besar sudah berkarat sehingga menipis dan keropos.

Apabila menaiki anak tangga yang sudah rapuh ini dilakukan ada kemungkinan akan roboh dan Anda jatuh ke bawah. Tidak hanya mengalami kecelakaan namun juga mengalami cedera yang bisa jadi cukup parah. Oleh sebab itu material besi perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah berkarat.

3. Mencemari Kualitas Air

Jika Anda menggunakan pipa dari material besi atau mungkin kran air dari besi kemudian berkarat. Maka ada kemungkinan karat yang terbentuk di permukaan besi ini akan larut ke dalam air yang melintasi pipa dan kran tadi. Sehingga mencemari air dan tidak lagi sehat untuk digunakan.

Meskipun material besi bisa dengan mudah berkarat ketika melakukan kontak dengan air dan udara. Namun untuk pipa air maupun kran biasanya perlu mencari yang anti karat. Opsional lainnya adalah dengan melapisi pipa maupun kran besi tersebut supaya tidak mudah berkarat, bisa dengan cat maupun dengan pelapis jenis lainnya.

4. Mengalami Kerugian Finansial

Dampak berikutnya dari besi karatan tentu saja mengarah pada kondisi finansial, yang dipastikan mengalami kerugian. Dikatakan demikian karena besi yang sudah berkarat pada berbagai perlengkapan, perangkat, maupun kerangka konstruksi akan menyebabkan kerusakan.

Anda pun perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut maupun untuk membeli perangkat yang baru. Sehingga bisa dipastikan proses korosi atau karat pada besi akan menyebabkan kerugian finansial. Bagaimana mencegahnya? Tentu saja dengan merawat besi tersebut dengan baik, misalnya disimpan dengan aman agar tidak terjadi kontak dengan air maupun udara.

Material besi memang mudah berkarat, dan proses besi karatan ini akan memicu berbagai dampak. Yakni seperti yang dijelaskan di atas, jadi usahakan untuk teliti dalam merawat segala peralatan dari besi agar aman dari karat.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

Untuk mendapatkan besi dengan kualitas tinggi sehingga terhindar dari kemungkinan terjadinya karat, KPS Steel selaku distributor menyediakan besi-besi berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu