Pelajari Macam Macam Mesin Las untuk Pengelasan

macam macam mesin las KPS Steel distributor besi jakarta

Tahukah Anda bahwa terdapat macam macam mesin las yang biasa dipakai dalam menyambungkan logam? Mesin las sendiri sudah berkembang hingga memunculkan jenis las listrik, karbit, laser dan lain sebagainya.

Perkakas pengelasan sendiri umumnya dipakai dalam pekerjaan konstruksi, kendaraan, dan pekerjaan yang berhubungan dengan logam besi. Pemilihan jenisnya dapat disesuaikan dengan keperluan penggunaan.

Sebab, setiap perkakas mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri. Misalnya saja ingin memakai alat murah maka bisa memilih jenis karbit. Misalnya lagi jika hendak bekerja dengan cepat dapat memakai jenis laser.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas macam-macam mesin las beserta fungsinya masing-masing. Simak penjelasan berikut selengkapnya!

Macam Macam Mesin Las

Apa yang dimaksud dengan las? Pengelasan (welding) adalah salah satu teknik penyambungan logam atau besi dengan metode pencairan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah yang menghasilkan sambungan yang kontinyu.

Untuk melakukan pengelasan, dibutuhkan mesin las. Berikut 8 macam mesin las yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengelasan.

1. Mesin Las Arus Bolak Balik (Mesin AC)

Las listrik adalah salah satu dari macam macam mesin las yang penggunaannya cukup populer. Perkakas tersebut memerlukan arus bolak balik atau arus AC yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, PLN atau generator AC.

Arus tersebut kemudian dipakai sebagai sumber tenaga dalam aktivitas pengelasan. Masalahnya ialah tegangan listrik yang dikeluarkan oleh sumber pembangkit listrik tidak sesuai dengan tegangan untuk pengelasan.

Tegangan tersebut bisa terlalu tinggi atau rendah. Sehingga diperlukan alat bernama transformator atau trafo untuk menyesuaikan tegangan tersebut. Umumnya trafo yang dipakai merupakan jenis step-down untuk menurunkan tegangan.

2. Mesin Las Arus Searah (Mesin DC)

Tahukah Anda bahwa arus listrik yang dipakai untuk mendapatkan nyala busur listrik ialah arus searah? Arus searah pada mesin las arus searah dapat berasal dari dinamo motor listrik searah. Dinamo sendiri mampu menggerakkan motor listrik, motor bensin sampai motor diesel.

Mesin arus yang memakai motor listrik membutuhkan alat penyearah arus. Penyearah arus tersebut berguna dalam mengubah arus bolak balik (AC) ke bentuk arus searah (DC).

3. Mesin Las Ganda (Mesin AC-DC)

Satu dari macam macam mesin las ini dapat melayani pengelasan dengan arus searah (DC) juga arus bolak-balik. Perkakas ini dilengkapi dengan transformator satu frasa dan alat perata.

Arus bolak-balik diperoleh melalui regulator arus dari terminal lilitan sekunder transformator. Sementara arus searah didapatkan dari alat perata arus. Anda dapat memilih hendak memakai arus mana untuk melakukan pengelasan.

Apabila Anda memerlukan alat yang mampu menangani pengelasan dengan memakai arus AC atau DC, cukup mengandalkan tipe ganda ini. Tidak perlu membeli dua alat AC dan DC.

4. Mesin Las Listrik MMA

Alat ini termasuk dalam macam macam mesin las yang populer dan cukup banyak dipakai. Sebab, biasanya keperluan pengelasan tidak terlalu berat. Sehingga alat ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Alat ini mempunyai berbagai ukuran ampere berdasarkan tipenya. Anda dapat memilih ukuran ampere sesuai keperluan. Ukurannya sendiri umumnya tertulis pada produk. Jadi tidak akan kesulitan untuk memilih ukuran ampere.

Baca Juga: Ragam Teknik Pengelasan dalam Menyambung Besi dan Logam

5. Mesin Las Listrik TIG

Mari menyimak macam macam mesin las lainnya, yakni mesin las listrik TIG (Tungsten Inert Gas) yang memakai tambahan gas argon dalam aktivitas pengelasan. Alat ini umum dipakai pada logam ringan misalnya saja baja ringan, magnesium, alumunium, dan lain sebagainya.

Tambahan gas argon pada trafo alat ini disambungkan antara tabung dan perkakas pengelasan memakai selang khusus. Anda tidak akan dapat mengoperasikannya apabila tidak ada gas argon di dalamnya.

Keunggulan lain dari alat ini ialah menghasilkan las dengan kualitas tinggi. Kemudian gerak nya lebih rendah sehingga Anda dapat mengamati pengendalian logam secara mudah tatkala melakukan penyatuan.

6. Mesin Las Listrik MIG

Alat ini dipakai dalam pengelasan metal atau logam dengan memakai gas nyala yang dikeluarkan oleh busur nyala listrik. Gas yang dipakai ialah karbondioksida. Jadi, berbeda dengan alat sebelumnya yang memakai gas argon.

Alat ini sangat cocok diterapkan logam atau plat besi yang tipis. Misalnya dengan ukuran ketebalan 1 mm, bahkan juga mampu mengelas plat besi dengan ukuran tebal.

Apabila Anda tidak dapat melakukan pengelasan baja atau logam memakai macam macam mesin las sebelumnya, maka dapat mencoba alat ini. Alat ini juga umum dijumpai dalam pembuatan badan kapal maupun konstruksi berat lainnya.

7. Las Karbit

Las karbit mempunyai cara kerja cukup sederhana. Prosesnya melibatkan dua campuran gas, yaitu gas asetilen dan oksigen. Nyala api yang dikeluarkan menjadi sumber panas dalam melelehkan logam.

Biasanya alat ini dipakai dalam pengelasan objek kecil atau tipis dengan ketebalan paling besar 2 mm. Untuk menjalankannya alat ini hanya memerlukan tabung gas, regulator, selang dan brander.

8. Las Laser

Informasi mengenai macam macam mesin las yang terakhir ialah jenis laser yang mempunyai stabilitas busur tinggi dan memakai sistem teknologi pemadaman terbaru. Alat ini mengandalkan energi cahaya dalam proses pengelasan. Energi cahaya sendiri mampu mengeluarkan energi panas untuk melelehkan logam.

Anda tidak harus melakukan pengelasan dengan menyentuh objek secara langsung ketika memakai alat ini. Meskipun begitu, hasilnya akan tetap bagus, kuat dan bersih.

Namun, Anda memerlukan pengalaman dan keterampilan untuk hendak mengoperasikan alat ini. Nah, itulah macam macam mesin las yang dapat Anda gunakan dalam melakukan pengelasan.

Hasil pengelasan bisa tampak bagus dan rapi apabila materialnya juga berkualitas tinggi. Material berkualitas tinggi seperti besi kanal, besi profil, besi AS, plat, dan lain sebagainya dapat diperoleh melalui KPS Steel.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Paku Keling atau Paku Rivet dalam Konstruksi Bangunan

Anda dapat membeli produknya melalui website kami dengan menghubungi nomor whatsApp yang tertera. Kunjungi laman produk kami untuk informasi selengkapnya. Bila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dunia perbesian, konstruksi, dan inspirasi hunian, kunjungi blog KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu