Pahami Beragam Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya Berikut Ini

Pahami Beragam Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya Berikut Ini KPS Steel distributor besi jakarta

Jenis mata gerinda dan fungsinya memang cukup banyak, sebelum Anda menggunakannya harap pahami dulu semuanya. Walau hampir sama, tetapi masing-masing memiliki peran berbeda, jadi jangan asal memakai begitu saja.

Bagi yang belum paham, gerinda adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong sesuatu atau menggerus sebuah benda. Prinsip kerjanya mudah, alat ini diputar menggunakan mesin kemudian, terjadi pengikisan hingga penajaman.

Peralatan ini dapat digunakan menggunakan pisau atau dalam bahasa pertukangan disebut dengan mata. Kecepatan putarannya memakai sebuah mesin sehingga, mampu digunakan untuk memotong, berbagai benda dengan mudah.

Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Dalam konstruksi pembangunan peralatan ini sangat penting dan setiap pekerja wajib memilikinya. Tetapi, pilihannya cukup banyak seperti amplas dimana jenis ini juga dibagi lagi menjadi dua.

Ada flap dimana bahan pembuatannya berasal dari bahan kertas yang tahan terhadap air. Adalagi synthetic fiberglass, hingga sebuah kain dimana semuanya disatukan menggunakan material abrasif fungsinya untuk menghaluskan benda.

Perlu diketahui, Anda dapat melakukan setting sendiri berapa tingkat halusnya yang dapat diatur melalui nomor dibalik kertas tersebut. Semakin besar maka hasilnya menjadi seperti pasir sehingga digunakan untuk finishing.

Berikutnya ada fibre atau datar mempunyai peran hampir sama dengan flap. Hanya saja lebih sering digunakan untuk kayu atau logam. Daya cengkramnya cukup kuat sehingga cocok dipakai pada permukaan datar.

Selain jenis amplas, masih ada beberapa lagi. Berikut akan kami sampaikan di bawah ini beserta dengan fungsinya, dengan begini Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dan hasilnya terlihat maksimal.

1. Asah Spons

Jenis mata gerinda dan fungsinya berikutnya adalah asah spons biasanya sudah jadi satu dengan mesin. Paling sering dipakai untuk mengikis sesuatu yang memiliki permukaan benda kerja dimana, bentuknya cukup keras.

Peralatan ini biasa digunakan untuk beberapa material seperti stainless steel atau besi baja. Bagi yang sulit menentukannya, coba perhatikan pada bagian mata tersebut, disana sudah dijelaskan cukup lengkap.

2. Tembok Atau Diamond Turbo Wheel

Jenis mata gerinda dan fungsinya berikutnya adalah tembok atau disebut juga dengan Diamond Turbo Wheel. Perannya adalah menghasilkan permukaan yang cukup rata, hingga mampu mengikis bagian granit.

Selain itu, Anda juga mampu membuat pola sesuai dengan lekukan yang diinginkan. Melihat perannya, tidak heran bila tembok, granit sampai dengan semen dapat terkikis secara perlahan.

3. Cutting Wheel

Jenis mata gerinda dan fungsinya disebut juga dengan cutting wheel dimana, mempunyai bentuk yang berbeda dari lainnya. Terlihat datar, hanya saja memiliki ketebalan berbeda mulai dari 3 sampai 8 mm.

Perannya disini bisa dilihat dari namanya sendiri. Dipakai untuk memotong berbagai benda logam mulai dari stainles steel, mild steel serta beberapa logam lainnya. Untuk spesifikasinya sendiri bisa menyesuaikan.

4. Polishing Pad dan Woll Pales

Jenis mata gerinda dan fungsinya tidak jauh dari namanya yaitu mampu menghaluskan bagian kain poles pada tahap finishing. Bagi yang mempunyai mobil, menggunakan wolls pales ini sangat direkomendasikan.

Cara menggunakannya mudah saja, tambahkan cairan penghilang goresan atau wax sebelum melakukannya. Ratakan ke alat secara menyeluruh kemudian, usap ke seluruh bagian body kendaraan secara perlahan.

Baca Juga: Tips Membuat Bekisting Plat Lantai yang Kokoh

5. Pisau Potong Keramik

Jenis mata gerinda dan fungsinya berikutnya adalah pisau potong keramik. Pilihannya ada dua yaitu menggunakan air serta tidak. Artinya, untuk mendinginkan mesin agar tidak terlalu panas memakai air.

Selain itu, dalam pelaksanaannya membutuhkan udara agar hasil potongannya maksimal dan rapi sesuai yang diinginkan. Sementara, untuk yang kering tidak perlu sama sekali, jadi dari segi peralatan sudah sangat canggih.

6. Steel Wire Brush

Jenis mata gerinda dan fungsinya adalah steel wire brush. Bila dilihat dari bentuknya memang menggunakan sikat, dimana perannya sendiri mampu membersihkan berbagai macam logam kotor akibat karat.

Perlu diketahui bahwa peralatan ini mempunyai dua bentuk yaitu mangkuk atau disebut dengan cup wire brush. Bentuk lainnya adalah wheel wire atau rata. Selain membersihkan kotoran bisa juga mengupas kayu.

7. Gerinda Asah Woven

Ada lagi Gerinda asah woven dimana fungsinya untuk menghaluskan serta membuat benda tersebut menjadi kilap. Bila dilihat dari perannya memang tidak jauh berbeda dengan jenis spons.

Hanya saja, yang membedakan keduanya adalah material atau bahan pembentuknya. Asah Woven lebih mengarah ke logam, alumunium, stainless steel, hingga besi. Jangan sampai salah menggunakannya, karena ada juga non woven.

Untuk jenis tersebut hanya khusus digunakan pada proses finishing saja bukan untuk membuat mengkilap seperti woven. Jika dipaksakan bisa membuat bahan logam tersebut akan terkikis dengan sendirinya, sehingga kualitasnya menurun.

Baca Juga: Perbedaan Mata Bor Kayu dan Besi serta Mata Bor Beton

Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai produk besi yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :
Menu