Perbedaan Mata Bor Kayu dan Besi serta Mata Bor Beton

Perbedaan Mata Bor Kayu dan Besi serta Mata Bor Beton KPS Steel distributor besi jakarta

Perbedaan mata bor kayu dan besi pada dasarnya ada pada ujungnya dimana masing-masing memiliki bentuk yang tampak berbeda. Bentuk tersebut bukan hanya sebagai penanda saja, melainkan punya fungsi lain.

Perlu diketahui kekuatan benda kerja satu dengan lainnya berbeda. Maka dari itu, harus ada bentuk lain agar bisa digunakan. Kalau semua sama hasilnya akan akan berbeda karena, berpengaruh terhadap tekanannya.

Perbedaan Mata Bor Kayu dan Besi Serta Beton

Bagi para pekerja sangat penting mengetahui bagaimana perbedaan diantara kayu, besi, serta beton. Agar saat dibutuhkan tidak salah menggunakannya, jadi secara hasil bisa lebih bagus dan sesuai kebutuhan.

Kesalahan dalam menggunakan mata bor sendiri juga bisa berakibat fatal. Salah satunya mempengaruhi keselamatan para pekerja itu sendiri. Maka dari itu, kami akan jelaskan bagaimana perbedaannya satu per satu.

1. Mata Bor Kayu

Perbedaan mata bor kayu dan besi terlihat dari alurnya. Bentuk yang seperti ini sangat penting sebagai pendorong sehingga, alat ini dapat bergerak maju ke depan sehingga memberikan lubang.

Menggunakan jenis ini membuat mata awet hingga tahan lama karena, para pekerja tidak perlu mendorongnya lebih kuat. Kayu tersebut sudah bisa berlubang dengan sendirinya hal ini disebabkan pada keliling alur.

Perbedaan mata bor kayu dan besi pada alur ini terasa lebih tajam. Maklum saja, benda kayu sendiri memiliki kepadatan cukup tebal dibandingkan besi atau beton. Proses pengirisannya pasti sangat sulit.

Maka dari itu, membutuhkan sebuah alat yang tajam, selain itu bila dilihat lebih lagi pada bagian ujung mata terlihat sangat tajam. Bahkan terlihat sangat runcing, tingkat ketajamannya cukup sehingga lubang akan terbentuk.

Perbedaan mata bor kayu dan besi yang terlihat pada alurnya ini bukan tanpa alasan dibentuk runcing. Saat melakukan penelitian, kondisi tersebut memang harus seperti itu agar mata bor bisa lurus.

Jadi, saat proses melubangi dimulai hasilnya jauh lebih presisi, simetris dan sesuai dengan kebutuhan serta fungsinya. Untuk jenis materialnya cukup keras serta tebal, alat ini sudah bisa dilakukan tanpa takut patah.

2. Mata Bor Besi

Perbedaan mata bor kayu dan besi ini dapat dilihat dari bentuknya yaitu tirus dan lancip. Sementara itu, bila dilihat kembali dan disandingkan dengan tipe kayu. Kelilingnya terlihat tidak sama.

Coba saja dipegang, tingkat ketajamannya sedikit berkurang dibandingkan kayu. Perlu diketahui bahwa, alat ini sendiri paling sering digunakan terutama pada para pekerja yang ingin membangun sebuah rumah.

Perbedaan mata bor kayu dan besi juga dapat dilihat dari cara memakainya. Untuk jenis ini bisa memakai tangan atau mesin bor duduk, bisa secara vertikal atau horizontal.

Walau pada kayu juga bisa digunakan tetapi perlu perhatikan dulu aturannya. Lihat kelilingnya, sedikit lebih tumpul maka dari itu gunakan pada kayu dengan tingkat ketebalan kecil setidak dibawah 1 cm.

Inilah perbedaan mata bor kayu dan besi yang harus digarisbawahi. Kalau dipaksakan nantinya mata bor akan segera rusak. Jenis ini bisa Anda pakai melubangi logam sampai plastik.

Bila dilihat dari segi harga juga, jauh lebih terjangkau besi dibandingkan kayu. Tetapi, Anda sendiri harus jeli dalam melihatnya, karena keduanya hampir mirip. Pastikan pemakaiannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dengan begini, hasil pengerjaan jauh lebih bagus dan ketahanannya bisa bertahan hingga beberapa puluh tahun kedepan. Pemaksaan peralatan membuatnya segera rusak bahkan, tingkat keselamatannya rendah.

Baca Juga: Tips Memilih Mata Bor yang Bagus, Simak Selengkapnya!

3. Mata Bor Beton

Perbedaan mata bor kayu dan besi pada beton dapat dilihat dari bagian ujungnya juga. Jenis ini biasa digunakan untuk benda dengan tingkat ketebalan tinggi dan sangat keras contohnya adalah batu.

Kalau dibandingkan, maka tingkat kerasnya lebih tinggi dibandingkan kayu. Maka dari itu, Anda perlu peralatan ini untuk memudahkan memberikan lubang secara presisi. Ciri khasnya ada pada ujungnya.

Terlihat lebih besar dan sedikit tumpul dibandingkan dengan keduanya. Biasanya alat ini dimanfaatkan untuk hammer drill serta bor impact. Mulai sekarang sudah paham bukan bagaimana perbedaan diantara ketiganya?

Jadi, saat mencobanya Anda perlu tahu perbedaan tersebut atau jika mash ragu bisa bertanya ke toko saja. Perlu diperhatikan juga tempat membelinya, jangan sembarangan agar tidak diberi produk berkualitas rendah.

Lalu, dimana harus membeli mata bor asli dan berkualitas tetapi dengan harga terjangkau? Ada satu tempat yaitu KPS Steel. Coba saja langsung hubungi kami, customer service siap membantu untuk pemesanan.

Untuk harganya sendiri sudah disesuaikan dengan kualitas yang akan Anda terima. Mungkin, beberapa orang mengira cukup mahal, tetapi kalau dilihat dari bagaimana cara kerja dan hasil yang didapatkan rasanya seimbang.

Baca Juga: Mengenal Beragam Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Jika Anda membutuhkan mata bor untuk memnuhi kebutuhankonstruksi Anda, KPS Steel menyediakan mata bor nachi. Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai produk besi yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :
Menu