7 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow untuk Rumah Minimalis

ide-model-pintu-garasi-besi-hollow-distributor-besi-jakarta-kps-steel

Memilih model pintu garasi besi hollow menjadi pertimbangan penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membangun sebuah garasi. Karena pintu tersebut selain untuk melindungi kendaraan di dalamnya juga menjadi bagian estetika rumah. Biasanya seseorang hanya memikirkan tentang model atau bentuknya saja, tapi kini Anda juga harus mempertimbangkan berbagai jenis teknologi pintu garasinya, mulai dari otomatis atau manual. Prinsip dari desain minimalis adalah hemat tempat, hemat ruang, serta mengoptimalkan kinerja.

Baca Juga: Mengapa Sebaiknya Anda Memilih Pagar Besi?

Sehingga berbeda dengan model biasa yang cenderung memerlukan area luas untuk bisa membuat pintu garasinya. Bahkan sekarang juga terdapat beberapa model otomatis.

7 Inspirasi Model Pintu Garasi Besi Hollow untuk Hunian Ideal Anda

Pertimbangan pertama ketika memilih tentu adalah desain visualnya, visual menarik tentu menjadikan hunian tampak lebih estetik dan unik. Pertimbangan kedua adalah fungsinya, secara umum fungsinya sama yaitu pelindung, tetapi bagaimana cara melindunginya, inilah yang ada di desainnya.

1. Model Pintu Biasa

Seperti namanya model ini tidak jauh berbeda dari model tradisional, secara visual memiliki varian beragam. Mulai dari menggunakan kisi rapat seperti pagar atau mendekorasinya dengan berbagai ornamen, seperti menggunakan plat ukir. Anda disarankan menggunakan jenis ini apabila di bagian depan garasi masih ada pelataran cukup luas, sehingga ada ruang untuk membuka dan menutup pintunya. Apabila pelatarannya cenderung sempit, lebih baik menggunakan model lain saja.

2. Rolling Door

Ciri khas dari rolling door adalah pintunya terbuka secara vertikal ke atas, besi yang digunakan cenderung lebih tipis dan bisa terlipat secara otomatis, akhirnya ketika kunci pintunya dibuka, ia akan secara otomatis terbuka, sangat sederhana dan pengoperasiannya mudah. Kelemahan dari model ini adalah cenderung mengeluarkan bunyi berisik ketika dibuka atau ditutup, sehingga tidak nyaman digunakan apabila sering membuka atau menutup pintunya. Keunggulannya adalah perawatan dan penggunaannya cukup sederhana.

3. Pintu Lipat Harmonika

Seperti namanya model pintu garasi besi hollow ini cenderung seperti harmonika apabila terbuka, yaitu terdapat beberapa deret balok – balok pintunya di salah satu sisi. Model ini banyak digunakan pada perkantoran, mall, dan pertokoan, karena bentuknya unik dan hemat tempat. Kelemahannya adalah cenderung membutuhkan waktu lama dan harus berhati – hati untuk membuka pintunya. Karena harus memastikan bahwa setiap lipatannya terlipat secara sempurna, karena apabila tidak, bisa mengurangi umur pintunya.

4. Pintu Kisi Lipat ala Ruko

Secara prinsip mirip dengan model sebelumnya, namun bentuknya lebih kecil – kecil, sehingga mirip seperti huruf W bergandengan. Biasanya ini digunakan sebagai penutup ruko – ruko, karenanya nama populernya adalah kisi lipat ala ruko.

5. Pintu Geser Lipat L

Bentuknya seperti lipat harmonika, bedanya ini tidak perlu dilipat, tetapi langsung digeser. Tidak memerlukan space banyak karena ketiga digeser pintunya akan otomatis melipat mengikuti rel dan sejajar dengan tembok.

6. Geser Lipat ke Atas

Secara prinsip sama dengan tipe geser L, hanya saja, ini menggesernya ke bagian atas. Keunggulan menggunakan prinsip ini adalah bisa memaksimalkan ukuran garasi sempit dan mepet, tetapi tetap bisa mengamankan berbagai jenis kendaraan.

7. Sistem Otomatis

Model terakhir adalah sistem otomatis, artinya tidak lagi dibuka secara manual, tetapi menggunakan sensor atau remote dari smartphone Anda. Sistem ini sangat diperlukan untuk orang – orang yang punya rumah minimalis tetapi tinggal sendirian. Selain mempertimbangkan modelnya, pertimbangkan juga materialnya. Besi hollow berkualitas untuk material pintu garasi bisa Anda dapatkan di KPS Steel. Material yang berkualitas tentunya menunjang ketahanan dan estetika pagar rumah.

Baca Juga: Cara Mencegah Karat dan Keropos Pada Pagar Besi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu