Mengenal Ragam Ukuran Plat Besi dan Jenis-jenisnya

Mengenal Ragam Ukuran Plat Besi dan Jenis-jenisnya KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Bukan hanya kualitas, tapi ukuran plat besi juga sangat memengaruhi dalam pembangunan bangunan, baik rumah maupun properti. Seperti halnya bahan bangunan lainnya yang memiliki berbagai ukuran, jenis, dan berat, plat besi juga demikian.

Pemakaian plat besi atau iron plate saat ini cukup tinggi karena memiliki ketahanan, kestabilan sehingga tidak mudah goyah. Penggunaannya bukan hanya pada bangunan dengan jumlah lantai lebih dari satu, tapi juga pada hunian satu lantai.

Jika Anda saat ini tengah merencanakan pembangunan properti dan berencana menggunakan iron plate, maka harus tahu apa saja ukuran yang tersedia serta pemanfaatannya untuk apa.

Apa itu Plat Besi?

Sebelum mengenal lebih dekat tentang ukuran plat besi, sebaiknya ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan iron plate ini. Seperti namanya, iron plate merupakan jenis besi yang berbentuk lembaran.

Material bangunan ini khusus dirancang agar konstruksi semakin kokoh dan kuat, terutama di permukaan tidak rata. Oleh sebab itu, penggunaannya paling banyak dipakai pada lahan dengan tinggi tidak merata.

Kemampuan iron plate untuk menahan atau menopang beban di atasnya menjadikan material ini banyak dipilih saat membangun bangunan berlantai dua atau lebih. Terutama dipergunakan untuk menahan tiang agar tidak terperosok ke dalam tanah.

Dalam penggunaannya, terdapat variasi ukuran plat besi yang disesuaikan dengan pemanfaatannya. Anda bisa membeli sesuai lebar, panjang, ketebalan, juga beratnya. Jadi, paling penting ketahui dahulu apa yang dibutuhkan sebelum membeli.

Baca Juga: Simak Fungsi dan Harga Besi Plat Eser Terupdate

Ukuran-ukuran Plat Besi

Saat ini, iron plat sangat mudah ditemukan di pasaran, terutama di toko bangunan. Sebab penggunaannya juga semakin meningkat. Bahkan sudah terdapat berbagai ukuran yang bisa dipilih, seperti:

1. Ukuran Plat Besi Galvanis

Untuk Galvanis terdapat ukuran 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 1 mm, 1,2 mm, 1,5 mm, dan 2 mm.

2. Plat Bordes

Ukuran plat besi bordes adalah 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 2 mm, 2,1 mm, 2,3 mm, dan 3 mm.

3. Ukuran Black Iron Plate

Banyak pilihan ketebalan bisa Anda pilih mulai dari 1 mm hingga 12 mm, ukurannya adalah 122×244 cm.

Jenis-jenis Plat Besi

Dalam penggunaannya sebagai material konstruksi, iron plate terdiri atas beberapa jenis. Masing-masing jenis ini punya fungsi tersendiri, untuk lebih jelasnya simak yang berikut ini:

1. Base Plate/Black Iron Plate

Jenis dan ukuran plat besi ini adalah 4×8 feet atau setara 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 1,2 hingga 200 mm. Pemanfaatannya adalah sebagai bahan baku, yakni menyambung profil konstruksi, bahan pembuatan tangki atau stamping.

Selain itu, juga banyak dimanfaatkan sebagai penguat atau dudukan material lainnya. Jika ingin membeli lembaran iron plate setidaknya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp300 ribu untuk ketebalan paling tipis.

2. Plat Besi Kembang

Disebut juga sebagai plat lantai atau berlian, karena permukaannya memiliki tekstur. Untuk ukurannya 1,2×2,4 m dengan tingkat ketebalan sangat bervariasi, juga bisa disesuaikan pesanan pembeli.

Kegunaannya untuk dijadikan bahan lantai atau anak tangga karena permukaan berteksturnya memiliki kemampuan anti slip.

3. Strip Iron Plate

Ketebalan untuk strip iron plat mulai dari 3 hingga 12 mm, dengan panjang 6 m dan lebar bervariasi dari 19 hingga 200 mm. Setiap menambah ketebalan, maka harga yang dikenakan per lembar juga akan meningkat.

Paling umum jenis ini dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan pagar, baik pagar depan maupun untuk pagar balkon rumah. Karena mudah dibentuk menjadi ornamen.

4. Plat Besi Kapal

Ukuran plat besi jenis ini memiliki panjang 60 cm dengan dua macam lebar, yaitu 18 cm dan 15 cm. Sesuai dengan namanya, pemanfaatan iron plate ini adalah sebagai bahan baku pada konstruksi kapal.

5. Bordes

Jenis ini serupa dengan black iron plate dan banyak digunakan sebagai material konstruksi. Namun, paling banyak dipakai untuk pembuatan tangga atau peralihan sebuah bangunan.

Teksturnya yang kasar dan tidak licin membuat bordes juga banyak dimanfaatkan untuk lantai atau jalan penghubung. Pemanfaatannya banyak pada bangunan hunian. Selain itu, harganya juga masih bisa dikatakan bersahabat, yakni mulai dari Rp200 ribu.

6. Galvanis

Jika ingin menggunakan besi kokoh dan kuang, Anda harus membeli jenis Galvanis. Galvanis termasuk kelas mewah dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi.

Galvanis memiliki kualitas yang sangat baik sehingga harganya cukup mahal. Satu lembar Galvanis dijual mulai dari Rp400 ribu dan akan meningkat tergantung ketebalannya.

7. Galvanis

Jenis terakhir adalah galvanil atau galvaneal yang banyak digunakan dalam dunia otomotif. Warnanya sangat khas yaitu abu-abu matte dan menjadi salah satu kelebihannya. Proses pembuatannya sama dengan galvanis, tapi lapisan sengnya lebih keras dan rapuh sehingga harga jualnya lebih murah. Harga yang ditawarkan per lembar mulai dari Rp300 ribu.

Jika Anda tertarik untuk membeli plat besi, KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menyediakan ragam plat besi yang dapat Anda beli untuk memenuhi kebutuhan perbesian Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi lengkap mengenai ragam jenis besi.

Baca Juga: Tabel Berat Besi Plat Eser dan Harganya

Sebagai distributor besi Jakarta terpercaya, Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu