Tabel Berat Besi Plat Eser dan Variannya

Pekerja konstruksi biasanya menggunakan tabel berat besi plat eser untuk menyesuaikan kebutuhan konstruksi. Material ini sendiri hadir dalam bentuk lembaran dengan ukuran panjang x lebar x tebal. Umumnya, standard dari besi eser adalah 4 ft x 8 ft dan sering dipakai oleh berbagai kontraktor. Namun, biasanya yang membedakan dari plat eser adalah ketebalan, bukan ukurannya.

Jika diperhatikan, banyak konstruksi tidak bisa dilepaskan dari besi eser. Faktanya, kegunaannya jauh lebih luas dari yang dibayangkan. Jadi, Anda juga harus memahami detail informasi dari besi ini.

Baca Juga: Simak Fungsi dan Harga Plat Eser Paling Update di Pasaran

Fungsi Plat Eser yang Perlu Diketahui

Kebanyakan orang mengetahui bahwa fungsi dari lembaran besi adalah untuk sambungan. Namun, pada beberapa jenis yang berbeda bisa dipakai untuk membuat tangki air. Bahkan kebutuhan konstruksi lain juga bisa diaplikasikan. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai sambukan konstruksi. Beberapa konstruksi memang tidak akan lepas dari sambungan. Sedangkan lembaran plat ini sangat cocok dipakai sebagai sambungan yang lebih kokoh.

Fungsi lain adalah sebagai material pembuatan tangki air. Dengan ketebalan yang cukup, maka tidak masalah membuat sebuah tangki air besar. Anda mungkin juga pernah menjumpai stamping terbuat dari lembaran eser. Sebenarnya, pengaplikasiannya sangat beragam. Anda mungkin sudah sering melihatnya meskipun tidak menyadari bahwa itu adalah lembaran eser. Itulah kenapa dalam konstruksi, material ini sangat penting.

Berbagai Macam Varian Plat Eser

Jika diperhatikan, spesifikasi dari lembaran besi ini cukup beragam. Anda mungkin sudah pernah melihat dari kategori JIS G3131 SPHC, ASTM A36, hingga JIS G3101 SS400. Ketiganya merupakan yang paling sering dijumpai di pasaran saat ini. Selain itu, perlu dipahami bahwa ada beberapa ukuran dari lembaran eser. Semakin besar ukurannya maka harganya juga semakin tinggi.

  1. Tebal 1 mm ukuran 122 x 244 cm
  2. Tebal 1,2 mm ukuran 122 x 244 cm
  3. Tebal 2 mm ukuran 122 x 244 cm
  4. Tebal 2,3 mm ukuran 122 x 244 cm
  5. Tebal 2,5 mm ukuran 122 x 244 cm
  6. Tebal 3 mm ukuran 122 x 244 cm
  7. Tebal 4 mm ukuran 122 x 244 cm
  8. Tebal 5 mm ukuran 122 x 244 cm
  9. Tebal 6 mm ukuran 122 x 244 cm
  10. Tebal 8 mm ukuran 122 x 244 cm
  11. Tebal 10 mm ukuran 122 x 244 cm
  12. Tebal 12 mm ukuran 122 x 244 cm

Ketebalan 12 mm memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, karena lebih tebal maka bisa dipakai untuk konstruksi khusus. Salah satunya adalah bisa dipakai sebagai tangki.

Tabel Berat Besi Plat Eser

Setiap ketebalan memiliki berat yang berbeda-beda. Memang tidak ada manfaat khusus mengetahui berapa berat dari setiap lembaran ini. Namun, setidaknya akan lebih memudahkan saat membawa dari toko ke tempat konstruksi. Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa tabel berat besi plat eser sangat dipengaruhi oleh ketebalan. Selain itu, besi eser juga dijual dalam ukuran sama, yaitu 122 x 244 cm.

  1. Tebal 1,2 mm = 28 kg
  2. Tebal 1,5 mm = 33 kg
  3. Tebal 18 mm = 420 kg

Ini adalah gambaran dari beberapa lembaran besi eser. Bisa dilihat bahwa beratnya cukup tinggi meskipun hanya setebal 1,2 mm. perlu diketahui, ukuran berat tersebut adalah untuk setiap lembar eser. Maka, sudah pasti jika penggunaan eser dalam jumlah besar akan cukup sulit dibawa menuju tempat konstruksi. Selain itu, dalam membuat konstruksi juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Kegunaan dan Jenis-Jenis Plat Besi yang Perlu Diketahui

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi plat di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu