Mengenal Beragam Jenis Klem Beserta Fungsinya

Mengenal Beragam Jenis Klem Beserta Fungsinya KPS Steel distributor besi jakarta

Jenis klem cukup banyak dengan berbagai macam fungsi masing-masing. Sebagai pekerja atau orang yang bergelut dibidang kayu, peralatan satu ini menjadi kewajiban. Maka dari itu, harus paham secara keseluruhan.

Bila dilihat dari pengertiannya klem adalah sebuah penjepit dimana peran utamanya adalah mempertahankan objek agar tidak bergerak sama sekali. Jadi, memudahkan Anda untuk proses pengeleman sampai pengukuran, sehingga hasilnya bagus.

Jenis Jenis Klem dan Fungsinya

Sebelum memanfaatkannya, Anda harus tahu dulu apa saja jenisnya beserta fungsinya. Seperti, spring klem atau disebut juga sebagai penjepit, dimana para pengrajin kayu sering menggunakannya bahkan jadi alat pembantu utama.

Penjepit ini dapat bekerja dengan baik karena adanya per yang terdapat di dalam. Bagi para pekerja proyek ringan, peralatan ini sangat direkomendasikan, sebagai salah satu penahan terbaik.

Kekuatannya memang tidak diragukan lagi, apalagi para pekerja dapat menyesuaikan lebar hingga panjangnya. Bukan hanya ini saja, masih ada beberapa jenis lainnya yang akan dibahas di bawah ini:

1. C-Clamp

Jenis klem ini sesuai dengan namanya berbentuk seperti huruf C. Dimana pengencangnya memakai drat atau ulir dan dapat disesuaikan panjang hingga lebarnya. Untuk kebutuhan perkayuan sangat efektif.

Untuk ukurannya sendiri beragam, mulai dari 2 inchi sampai 10 inchi, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhannya. C- Clamp memberikan kepastian bagi para pekerja bahwa, benda tersebut tidak akan berubah.

Jenis klem ini sebenarnya cukup awet, hanya saja sistem penyimpanannya harus benar, karena ulirnya bisa saja berkarat. Sehingga, untuk mengaturnya sedikit sulit, cara memakainya juga mudah.

Buka dulu ulir ini kemudian masukkan kayu tersebut. Tutup rapat hingga material tersebut tidak bisa bergerak sama sekali. Dengan begini, para pekerja bisa menghitung atau memberikan tanda sesuai keinginan.

2. F-Clamp

Jenis klem berikutnya masih sesuai dengan namanya yaitu berbentuk seperti huruf F. Untuk ukurannya sendiri beragam mulai dari 20 sampai 150 cm. Hampir sama dengan bentuk C, pengencangnya memakai ulir.

Perbedaan diantara keduanya bukan hanya pada bentuknya saja, melainkan ada satu fasilitas yang disebut dengan Quick Realese Clamp. Jadi, bila dilihat dan diperhatikan lebih dalam lagi pasti ada yang berbeda.

Jenis klem ini mempunyai satu buah tuas serta tombol yang berfungsi untuk melepaskan hingga menyesuaikan ketebalan atau panjang kayu. Harus diakui bahwa sistem pengaturannya cukup bersahabat.

3. Clamp Sudut

Selanjutnya ada clamp sudut, fungsinya untuk menjepit sebuah benda seperti kaca dan kayu. Peralatan ini biasa digunakan untuk para pengrajin membuat sudut kotak yang mencapai 90 derajat.

Bagi para pengrajin kayu, calm sudut menjadi poin penting apalagi untuk beberapa produk DIY. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai peralatan pembuatan rak atau pigura. Peralatan berfungsi menyambungkan kedua kayu.

Tidak heran bila para pengrajin akan lebih mudah membentuk sesuatu. Mempunyai dimensi 212 x 355 mm dengan panjang pembukaan mencapai 70 mm. Sistem pengencangnya masih menggunakan ulir.

Baca Juga: Tips Membuat Bekisting Plat Lantai yang Kokoh

4. Penjepit Bar atau Meja

Jenis klem berikutnya biasa disebut dengan bar atau meja, dimana fungsinya sendiri untuk merekatkan satu hingga dua kayu yang memiliki panjang tertentu. Bila dilihat dari bentuknya seperti sebuah pipa.

Cara menggunakannya cukup mudah, gunakan ke kayu dan hingga panjangnya sama, kemudian potong sesuai dengan kebutuhan proyek. Bagi para pengrajin, peralatan ini memiliki peranan penting, tidak heran mereka selalu punya.

5. Ragum

Jenis klem berikutnya dinamakan ragum. Fungsinya untuk menjepit sebuah benda yang nantinya akan dikikir atau dipahat. Caranya cukup memutar tangkainya saja, nanti mulut alat ini akan membuka sesuai kebutuhan.

Kemudian, letakkan kayu dan putar kembali tangkai agar bisa terjepit dengan sempurna. Perlu diketahui bahwa, bagian mulut ini harus dijaga. Jangan sampai terkikir atau terpahat, bisa rusak karena sangat sensitif.

Menariknya Anda dapat menggunakannya di berbagai meja atau rak. Dapat juga disesuaikan berdasarkan ketebalan dari benda atau bahan kerja serta gambar perencanaannya. Bagaimana cukup mudah bukan memakainya?

6. Quick Grip

Jenis terakhir ada Quick Grip dengan kapasitas bisa mencapai 30 cm atau 12 inchi. Peralatan ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan pertukangan seperti pengelasan sampai pembuatan DIY.

Harus diakui peralatan ini sangat mudah digunakan, biasanya memakai operasi satu tangan saja. Quick grip memberikan daya japit sehingga benda kerja tidak akan bergerak atau berubah arah sedikit saja.

Untuk bahan pembuatannya usahakan jangan menggunakan yang murah. Walau dari segi harga memang terjangkau, tetapi sistem perawatannya cukup sulit. Lebih baik berkualitas namun ketahanannya cukup tinggi.

Membutuhkan peralatan klem? Tetapi bingung mau membelinya dimana? Langsung saja hubungi KPS Steel yang siap memberikan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau dibandingkan lainnya, selain itu semua jenisnya lengkap.

Baca Juga: Cara Dempul Pagar Besi dengan Mudah dan Rapi

Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai produk besi yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :
Menu