Cara Dempul Pagar Besi dengan Mudah dan Rapi

Cara Dempul Pagar Besi dengan Mudah dan Rapi KPS Steel distributor besi jakarta

Cara dempul pagar besi memang tidak mudah karena, setiap pekerja harus detail agar hasil akhirnya bagus dan sempurna. Perlu diketahui teknik ini cukup rumit dan Anda harus berani kotor.

Perlu diketahui mendempul pagar besi merupakan salah satu cara untuk memperbaiki pagar besi yang rusak dan berkarat. Dempul besi adalah sebuah bahan yang digunakan dalam menutup lubang pada logam besi.

Media yang dipakai adalah cat air sehingga, pada akhirnya nanti bidang kerja terasa halus, rata, dan tidak penyok. Sebagai finishing, langkah ini berfungsi sebagai penutup warna asli sehingga terlihat baru.

Cara Dempul Pagar Besi

Dalam prosesnya, melakukan teknik ini ada beberapa langkah penting seperti, pengamplasan, dempul filter, amplas kasar. Selanjutnya, setelah kering lakukan tahap akhir dengan amplas halus hingga secara keseluruhan merata.

Agar lebih mudah bagaimana melakukan aktivitas ini, coba perhatikan berbagai langkah di bawah ini. Kami akan jelaskan mulai dari bagaimana mempersiapkan bahan sampai pada tahap akhir.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Cara dempul pagar besi pertama adalah mempersiapkan dulu apa saja alat serta bahannya mulai dari dempul itu sendiri, perhatikan merk beli yang benar terpercaya. Sedikit mahal tidak masalah asalkan bagus.

Dalam paket pembelian tersebut biasanya sudah jadi satu paket dengan pengeras dan alat perata dari plastik. Tetapi, ada juga yang keduanya dijual secara terpisah. Berikutnya siapkan juga kain, tatakan rata.

Jangan lupa tambahkan masker serta sarung tangan, agar kotoran dan partikel kecilnya tidak masuk ke dalam tubuh, terakhir ada amplas. Setelah semuanya sudah tersedia. Begini cara dempul pagar besi.

2. Campuran Dempul dan Pengeras

Perlu diketahui bahan ini nantinya akan segera mengeras setelah dicampur kira-kira butuh waktu kurang lebih 25 menit. Maka dari itu, usahakan semua persiapan selesai agar tidak terlalu lama menunggu.

Saat pencampurannya, usahakan untuk mematuhi aturan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. Jangan berlebihan nanti hasilnya kurang bagus. Bila ragu, baca saja petunjuk penggunaannya, agar pencampurannya tepat dan sesuai.

Pada saat mencampur gunakan alat khusus dan jangan terlalu banyak dalam mencampurnya karena, akan terbuang percuma. Aduk secara perlahan hingga semua sudah tercampur rata. Setelah itu, lakukan tahap pengerjaan.

Baca Juga: 7 Inspirasi Model Pagar Besi Unik untuk Hunian Anda

3. Mulai Pengerjaan

Cara dempul pagar besi pertama adalah ratakan menggunakan bodykit, pakai saja tipis dimulai dari bagian yang kurang rata. Perlu diketahui, untuk proses ini sendiri memang cukup sulit, perlu kesabaran.

Jika, masih belum bisa rata terus lakukan percobaan, karena aktivitas ini memang membutuhkan pengalaman. Setelah sukses, cobalah untuk mengeringkan terlebih dulu, kurang lebih selama 1 jam lamanya.

Cara dempul pagar besi berikutnya adalah membentuknya, catatan penting yang perlu diketahui adalah jangan melakukan langkah ini kalau proses awal tadi belum kering. Karena Anda akan mengulanginya dari awal.

Bahkan Anda harus mengulanginya dari awal lagi, hal itu membuat pekerja harus bekerja ekstra dua kali bukan? Cara mengetahui sudah kering atau belum cukup mudah, coba saja sentuh.

Agar lebih cepat tempatkan di bawah sinar matahari atau letakkan di belakang AC. Cara dempul pagar besi berikutnya adalah menggunakan amplas kasar untuk membentuk dempul sampai benar-benar halus.

Proses ini membutuhkan waktu cukup lama tidak heran bila terasa melelahkan. Poin intinya harus sangat halus dan merata, gunakan kain untuk lap agar tahu apakah sudah selesai atau belum.

4. Tahap Finishing

Cara dempul pagar besi adalah menggunakan amplas halus agar sata disentuh tidak terasa kasar. Pada awalnya nanti akan muncul garis halus pada permukaan. Lanjutkan saja, dan jangan menyerah untuk melakukannya.

Proses ini terus dilakukan sampai besi terlihat halus. Harus diakui pekerjaan seperti ini memang berat karena, pada tahap akhir jangan sampai kasar. Secara penampilan nantinya kurang begitu bagus.

Pada dasarnya, proses dempul ini membutuhkan kesabaran yang tinggi. Jangan pernah menyerah karena, melakukan aktivitas ini tidak mudah tetapi kalau diremehkan pasti hasilnya kurang bagus. Jadi, perhatikan langkahnya dengan benar.

Harus diakui aktivitas ini cukup melelahkan, maka tips terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk terbaik. Bukan hanya hasil saja, tetapi mampu memudahkan dalam proses pengerjaan dari awal sampai akhir.

Secara keseluruhan proses ini memakan waktu kurang lebih 5 sampai 6 jam lamanya. Jangan lupa saat membelinya menggunakan merk terbaik. Bukan hanya itu saja, toko juga menjadi pengaruh terbesar.

Bingung dimana membeli produk dempul berkualitas dan terbaik? Langsung saja hubungi KPS Steel yang mempunyai berbagai merk nomor satu dan bagus pilihannya cukupnya banyak jadi, bisa dipilih sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Pagar Besi Dorong Minimalis Secara Lengkap

Harus diakui keberhasilan dalam melakukan aktivitas ini tergantung dari bahan. Serta mengetahui berbagai teknik hingga bagaimana cara dempul pagar besi. Jika Anda membutuhkan material besi untuk pembuatan pagar, KPS Steel menyediakan beragam jenis besi. Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai produk besi yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu