Cara Membuat Pagar Besi Dorong Minimalis Secara Lengkap

pagar-besi-dorong-minimalis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Kebanyakan hunian terutama di wilayah perkotaan kini telah dilengkapi pagar besi. Pagar yang terbuat dari material besi umumnya lebih populer dibanding kayu. Maka tidak mengherankan jika peminatnya semakin tinggi. Sementara itu, ada berbagai model dan desain pagar yang dapat Anda pasang sebagai pelapis perlindungan rumah. Salah satunya yaitu model dorong karena lebih mudah dalam membuka dan menutupnya.

Berbeda dari pintu lipat yang sedikit lebih menyulitkan. Namun terkadang ada juga yang mengkombinasikan pintu dorong dengan lipat. Ternyata membuat pintu gerbang dari besi juga bisa dilakukan sendiri. Nah, kali ini kami akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat pagar dorong dari material besi. Dengan begitu, Anda dapat mempraktekkannya dan menghemat biaya pemasangan. Simak panduan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Inspirasi Pagar Besi Minimalis untuk Percantik Hunian Anda

Alat dan Bahan Pembuatan Pagar Besi Dorong

Sebelum membahas tentang panduan membuat pagar dorong tersebut, Anda harus mempersiapkan bahan atau materialnya terlebih dahulu. Setidaknya terdapat 4 bahan utama yang diperlukan dan wajib Anda siapkan.

1. Material Besi

Gunakan material besi paling sesuai berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda. Misalnya memilih jenis hollow galvalume, galvanis, ataupun gypsum. Sesuaikan juga dengan ukuran pagar yang akan dibuat. Untuk mendapatkan material ini, pastikan Anda memilih supplier besi dan baja terpercaya yang menyediakan material berkualitas. Selain itu, bisa juga menggunakan besi bekas masih layak. Namun memerlukan proses restorasi terlebih dulu.

2. Alat Las

Peralatan las berfungsi untuk menyambung komponen-komponen dengan rangka pagar sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Jika tidak memilikinya, Anda juga bisa membawanya ke tukang las.

3. Meteran

Meteran juga merupakan peralatan sangat penting karena berfungsi untuk mengukur panjang maupun tinggi pagar. Sehingga hasil pengukurannya akurat dan benar-benar presisi.

4. Cat Minyak

Cat minyak perlu diaplikasikan pada permukaan pintu gerbang saat proses finishing. Pilihlah jenis cat berkualitas serta warna elegan sehingga hasilnya tampak indah dan mengagumkan.

Panduan Membuat Pagar Besi Dorong

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, sekarang saatnya mulai membuat pintu gerbang dorong dari material besi. Berikut ini langkah-langkahnya dari awal sampai akhir.

1. Tentukan Modelnya

Sebelum memasuki proses pembuatan, tentukan terlebih dulu model atau desain yang diinginkan. Ini akan memudahkan proses pengukuran serta perhitungan jumlah materialnya.

2. Pengukuran

Langkah awal dalam proses pembuatan ini yaitu mengukur lebar serta tinggi pagar sesuai dengan ukuran yang ingin dibuat. Pertimbangkan ukuran pintu gerbang dengan ukuran hunian Anda agar tidak terlalu tinggi. Perlu diketahui pula, pintu yang berukuran tinggi akan membutuhkan material lebih banyak. Jadi, jangan lupa memperhitungkan budget yang tersedia. Pastikan area kerja Anda bersih dan tidak ada gangguan agar proses pembuatan berjalan lancar.

3. Pemotongan

Langkah berikutnya yaitu memotong besi sesuai ukuran yang sebelumnya telah dicatat. Perhatikan tiap-tiap elemen agar tidak ada yang terlewatkan. Kemudian susun potongannya sesuai dengan desain pagar yang hendak dibuat.

4. Pengelasan

Langkah berikutnya yaitu menyambung (mengelas) semua bagian atau rangka menggunakan las. Jika tidak memiliki las, Anda bisa membawanya ke bengkel pengelasan agar hasilnya lebih bagus namun tetap terjangkau.

5. Pengecatan

Setelah selesai menyambung atau mengelas, tahapan berikutnya yaitu mengecat pagar menggunakan cat minyak yang telah disiapkan. Untuk menghasilkan warna solid, lakukan pengecatan dua hingga tiga lapis.

6. Pemasangan Roda

Langkah selanjutnya memasang roda-roda pada bagian bawah pintu gerbang Anda. Kemudian pasang ke tempat yang telah disiapkan.Ingin membuat gerbang indah dan kokoh untuk hunian Anda? Dapatkan material besi dari perusahaan kami. Kami selalu menyediakan material besi dan baja terbaik sehingga Anda bisa mendapatkan pagar besi idaman.

Baca Juga: Cara Mencegah Karat dan Keropos Pada Pagar Besi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu