Macam-Macam Bijih Besi dan Kegunaannya

macam-macam-bijih-besi-dan-kegunaannya-KPS-Steel-distributor-besi-jakarta

Macam-Macam Bijih Besi

Sebelum membahas tentang macam-macam bijih besi sebaiknya Anda pahami pengertiannya dulu. Bijih besi adalah sebuah cebakan atau bahan mentah yang biasanya digunakan untuk membuat besi gubal. Terdiri dari oksigen dan atom besi yang berikatan bersama dalam molekul bisa berbentuk magnetit, hematit, goethit dan lainnya. Secara umum dimanfaatkan untuk pembuatan baja dan sejenisnya sebagai bahan dasar.

Baca Juga: Cara Mengelas Besi Tebal yang Perlu Diperhatikan untuk Pemula

Tahukah Anda ada macam-macam bijih besi yang sering dimanfaatkan dan memiliki banyak kegunaan. Berikut 5 macam bijih besi yang sebaiknya Anda ketahui, simak selengkapnya.

5 Macam Bijih Besi yang Sering Dimanfaatkan

Banyak orang hanya mengetahui produk jadi berupa besi atau baja dengan berbagai ukuran serta jenis. Padahal ada yang namanya bijih besi sebagai bahan baku pembuatan dengan karakteristik berbeda-beda.

1. Hematite (Fe2O3)

Hematite termasuk ke dalam salah satu macam-macam bijih besi dan merupakan iron oxide paling umum. Anda bisa menemukan hematite dalam berbagai bentuk dan rupa untuk penggunaan berbeda-beda. Dalam bentuk padat warnanya tidak terlalu merah namun akan berubah ketika sudah menjadi bubuk. Karakteristik umumnya sebagai bijih utama untuk peleburan besi, dan saat ini paling umum ditemukann

2. Magnetite (Fe3 O4)

Magnetit memiliki sifat yang langka yaitu magnetis dan hanya ada dua bahan alami dapat dimagnetisasi sebagai magnet permanen. Memiliki karakteristik unik sebagai bijih “terkaya” karena mengandung banyak besi daripada hematit. Magnetit sangat mudah ditemukan bahkan dalam jumlah besar sehingga tidak sulit mencari bahan bakunya. Dapat meleleh di suhu 1535 derajat dan kepadatannya sekitar 5,2 g/cm3.

3. Pyrities (FeS2)

Pyrities adalah bijih besi yang memiliki karakteristik warna kuning sampai coklat, termasuk ke dalam besi sulfat. Kandungan besinya sekitar 45 – 47% dimana banyak ditemukan di negara India, AS, Rusia dan Kanada.

4. Limonite (2Fe2O3.3H2O)

Macam-macam bijih besi lainnya yaitu Limonite yang sering disebut dengan Hydratited-Haematite. Dilihat dari warnanya kuning sampai hitam dimana kandungan Fe sekitar 60% dan mudah ditemukan di India, Jerman, AS.

5. Siderites (FeCO3)

Terakhir adalah bijih besi Siderites yang memiliki kandungan besi di dalamnya sekitar 40 – 48%. Karakteristik beratnya sekitar 3,7 – 3,9 dan dari segi warna dari kuning sampai coklat.

Kegunaan dan Manfaat Bijih Besi Secara Umum

Setelah mengetahui apa saja macam-macam bijih besi yang ada di alam ini sebaiknya ketahui juga kegunaannya. Mengingat ada banyak sekali manfaat dari pengolahan bijih besi meskipun karakteristik bijih besinya berbeda. Secara umum sering dimanfaatkan untuk membuat baja yang mana baja ini menjadi logam dengan banyak kegunaan. Seperti dimanfaatkan untuk pembuatan rel kereta api, penguat beton, bahan bangunan dan banyak lainnya.

Selain untuk berbagai kebutuhan konstruksi masih banyak manfaat lainnya seperti bubuk besi untuk jenis baja. Bahkan dimanfaatkan untuk magnet, pembuatan suku cadang mobil serta katalis. Besi radioaktif dimanfaatkan dalam proses pengobatan tertentu yang sangat membantu dalam dunia kesehatan. Seperti dimanfaatkan sebagai elemen pelacak dalam penelitian biokimia, metalurgi serta masih banyak lainnya.

Besi biru sering dimanfaatkan untuk  bahan pembuatan cat, tinta cetak, plastik, pewarnaan kertas. Bahkan dimanfaatkan untuk bahan kosmetik, pupuk, pelapis enamel panggang pada kendaraan serta peralatan dan pelapis industri. Jika Anda membutuhkan berbagai macam besi baja maka bisa mempercayakan kepada KPS Steel. Anda akan mendapatkan berbagai macam besi dengan berbagai ukuran dan pastinya kualitas terjamin SNI.

Baca Juga: Kenali Komponen Besi Cor Pada Proyek Pedestrian

Sebagai distributor terpercaya Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan besi baja dalam satu toko. Beragam macam besi yang Anda butuhkan juga tersedia, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu