Kenali Komponen Besi Cor Pada Proyek Pedestrian

Komponen-Besi-Cor-Proyek-Pedestrian-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Komponen Besi Cor Pada Proyek Pedestrian

Besi cor di dalam pembuatan jalan umum menjadi bahan konstruksi yang dibutuhkan. Proyek pedestrian atau proyek trotoar adalah jalur yang digunakan khusus untuk pejalan kaki. Area pedestrian ini sengaja dibangun untuk melindungi hak pejalan kaki dari kendaraan yang melintas di jalanan utama. Tentu saja adanya jalur untuk pejalan kaki ini, pengguna kendaraan bermotor tidak akan terganggu dengan pejalan kaki yang melintas.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Grating Besi Cor Pada Gedung

Ketika proyek pedestrian ini dimulai, saluran drainase juga ikut dibangun. Drainase berguna sebagai penyalur air di jalan ke drainase utama. Oleh sebab itu saluran ini mempunyai peran yang sangat vital.

Berbagai Material Besi Cor di Proyek Pedestrian

Material besi cor berasal dari bahan konstruksi yang kuat terhadap cuaca serta beban berat. Selain itu perawatannya juga sangat mudah. Dengan berbagai karakteristik tersebut, komponen ini pas untuk jalan raya, terutama di area khusus pejalan kaki. Berikut komponen cor besi yang biasanya ada di dalam proyek pedestrian, antara lain:

1.  Grill saluran

Komponen pertama adalah grill saluran. Grill saluran ini biasanya dipasang di tepi jalan, dan menjadi pembatas jalan dengan trotoar. Bentuk dari grill tangkapan air ini mirip dengan grill manhole, dan terdiri dari cover serta frame. Bedanya, grill tangkapan air ini mempunyai bagian cover yang berlubang dan berguna mengalirkan air dari permukaan jalan menuju drainase.

2.  Grill manhole

Grill manhole menjadi salah satu bagian drainase besi. Komponen ini dijadikan untuk menutupi lubang yang berada di saluran drainase pedestrian, sehingga orang yang melintas tidak akan jatuh. Pada proyek pedestrian, jenis komponen yang sering dipergunakan ialah Manhole  dengan cover kotak. Jenis ini ini dipilih karena sesuai dengan kondisi trotoar dengan keramik yang berbentuk kotak.

3.  Grill untuk pohon

Ada juga komponen grill khusus pohon. Biasanya, jalur pejalan kaki terdapat pohon yang digunakan untuk menyerap polusi serta peneduh yang ada di kawasan pejalan kaki. Grill pohon ini nantinya akan digunakan sebagai area untuk menutup penanaman pohon berupa tanah. Grill khusus pohon dibagi menjadi 2 bilah dan disatukan ketika pemasangan pedestrian.

4.  Pagar pengaman pohon

Besi cor juga dapat digunakan sebagai pagar pohon. Penggunaan pagar pengaman pohon ini dilakukan dengan pemasangan di atas grill pohon. Pagar besi ini memiliki bentuk tabung yang berlubang, selain itu pagar ini dipasang dengan bentuk melingkari pohon agar bisa melindungi pohon.

5.  Tiang penghalang

Cor besi yang berbentuk tiang penghalang ini berguna mencegah pengendara kendaraan naik hingga ke trotoar. Biasanya, kendaraan naik ke atas trotoar, sehingga akan mengganggu pedestrian. Untuk mengatasinya, tiang penghalang bisa menjadi solusi.

7.  Papan untuk nama jalan

Bagian besi proyek pedestrian ini digunakan untuk memberi informasi sehingga masyarakat tidak kesulitan ketika ingin mencari alamat. Biasanya, papan ini di pasang di persimpangan. Komponen di atas menjadi paket proyek pedestrian. Jika sekarang ini Anda sedang mencari distributor besi untuk mendukung proyek pedestrian, KPS Steel menjadi pilihan yang tepat. Kami memiliki komponen besi cor yang berkualitas dengan harga bersahabat.

Baca Juga: Karakter dan Kegunaan Besi Cor Kelabu di Industri Otomotif

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu